0 888 1 6262 52

Jika Anda berencana untuk memanfaatkan pemasaran digital untuk restoran, Anda harus tetap update tentang praktik dan strategi terbaik. Siapkan secangkir kopi dan cemilan sembari membaca “Resep Sukses Digital Marketing Restoran” yang perlu diketahui oleh para entrepreneur kuliner.

Tenaga ahli kami telah bekerja dengan banyak pemilik dan manajer restoran sebagai klien. Dan kami telah mengembangkan strategi yang solid dari waktu ke waktu untuk strategi digital marketing restoran.

Jadi apa resep untuk sukses ketika datang ke pemasaran digital untuk restoran? Kebanyakan koki tidak suka membagikan resep mereka, tetapi yang ini terlalu bagus untuk tidak dibagikan.

Manajemen Media Sosial untuk Promo Restoran

Jenis konten apa yang harus saya posting dalam rangka digital marketing restoran?

Dalam mengerjakan strategi pemasaran restoran, kami menemukan praktik terbaik untuk memposting konten dalam rangka promo restoran.

  • 1/3 pos tentang brand (awareness dan interest)
  • 1/3 berbagi pos (interest dan decision)
  • 1/3 pos untuk menjual (conversion)

Apa sebenarnya yang dibutuhkan untuk digital marketing restoran berdasar 3 hal tersebut di atas?

Posting merek adalah konten yang memiliki tujuan utama keterlibatan. Posting ini dapat berupa apa saja mulai dari kutipan motivasi hingga kontes dan hadiah hingga ulasan dan testimonial.

Posting merek biasanya mengajukan pertanyaan atau berupaya berinteraksi dengan audiens dalam beberapa cara. Mereka relevan dengan bisnis Anda dan umumnya termasuk ajakan untuk bertindak. Seperti “beri tag teman,” “beri komentar dan beri tahu kami di bawah,” atau panggilan lain untuk keterlibatan.

Dengan digital marketing restoran, hadiah, kontes, dan pos interaktif lainnya adalah salah satu cara terbaik untuk dengan cepat meningkatkan keterlibatan dan pengikut di halaman media sosial Anda melalui posting merek.

Berbagi posting biasanya blog, artikel, atau potongan konten eksternal yang memberikan nilai kepada audiens Anda. Jika Anda memiliki blog makanan di situs web restoran Anda, sebaiknya tautkan blog Anda sendiri di seluruh posting Anda.

Ini akan meningkatkan lalu lintas ke situs Anda dan membantu meningkatkan peringkat Anda di Google dalam jangka panjang. Penyebaran artikel blog dapat membantu Anda membangun hubungan dengan audiens dan membangun kepercayaan mereka. Ini merupakan tujuan akhir dari strategi pemasaran digital yang sukses untuk restoran.

Cara yang fantastis untuk menciptakan bisnis yang berulang dan pelanggan setia adalah memposting ulang konten dari pelanggan Anda. Cara marketing restoran ini juga dapat mendorong pertumbuhan brand menjadi lebih luas.

Memposting ulang foto yang diambil pelanggan Anda dari makanan atau suasana di restoran Anda juga sangat baik untuk dilakukan. Dan Anda dapat berikan tag pada postingan tersebut.

Sangat penting untuk memasukkan nama pengguna Instagram bisnis Anda dan tagar unik yang dapat digunakan untuk menandai foto. Saat Anda siap untuk mengirim ulang beberapa konten, cari tagar unik di Instagram, dan Anda akan menemukan gambar apa pun yang diambil di sekitar restoran Anda oleh pelanggan.

92% orang memercayai rekomendasi dari orang lain atas konten bermerek.

Orang-orang mempercayai teman sebayanya. Itu fakta. Jadi manfaatkan konten yang dikirim pelanggan untuk mempromosikan brand restoran Anda.

Konten buatan pengguna biasanya merupakan indikator brand yang dapat dipercaya atau dapat diandalkan. Jika pelanggan mempromosikan restoran Anda, ini sama dengan mereka memberi ulasan yang bagus untuk restoran Anda. Ini merupakan salah satu cara marketing restoran melalui kekuatan review dari para pelanggan restoran.

Cara terbaik untuk mendatangkan pelanggan baru dan menarik orang untuk mengunjungi restoran Anda adalah dengan berbagi ulasan positif dari pelanggan sebelumnya. Ini juga membuat posting berbagi yang indah dan dapat membangun kredibilitas.

Di Facebook, 88% orang mempercayai apa yang dikatakan teman, dan bahkan orang asing, tentang bisnis. 70% pembelian di bisnis lokal dapat dilacak kembali ke media sosial.

Ketika Anda menerima ulasan bintang 5 di Google, Facebook, atau tempat online lainnya, pastikan untuk membagikan ulasan itu di halaman media sosial Anda!

Berbagi ulasan positif menciptakan kepercayaan dengan calon pelanggan baru. Berbagi ulasan yang menyebutkan item menu tertentu bahkan dapat menyebabkan seseorang baru datang ke restoran Anda hanya untuk mencoba item menu ini yang orang lain bicarakan.

Postingan untuk menjual merupakan “hard-selling” ke audiens Anda, yakni mempromosikan restoran Anda. Posting ini mengarahkan orang ke situs web Anda, atau mengarahkan mereka untuk menghubungi Anda melalui telepon.

Strategi marketing restoran seperti ini, biasanya menggambarkan beberapa item menu yang Anda tawarkan dan termasuk ajakan untuk bertindak seperti:

  • “kunjungi situs kami untuk melihat menu lengkap kami,”
  • “klik di sini untuk memesan meja Anda sekarang,” atau
  • “hubungi kami hari ini untuk reservasi tempat untuk acara.”

Ini merupakan kesempatan yang bagus untuk menginformasikan menu baru atau menu spesial di restoran Anda. Tentunya ini harus dilakukan dengan fotografi produk yang baik. Cara marketing restoran ini sudah menjadi sebuah hal yang normal sekarang ini.

Bagaimana cara membuat estetika di halaman media sosial saya untuk mendatangkan pelanggan baru?

Cara terbaik untuk meningkatkan pengunjung restoran

Biasanya memang melalui fotografi produk yang indah. Dan ini sebetulnya hanya salah satu cara, banyak yang terjebak di sini. Sebetulnya, kami (team digital marketing Kiosmaya dan Jakarta Urban Hosting) menemukan bahwa postingan menu dengan foto yang lebih berkesan “natural” apa adanya lebih mendatangkan kepecayaan.

Saat membuat strategi pemasaran digital untuk restoran, idealnya memang harus memprioritaskan fotografi berkualitas tinggi untuk menu restoran. Memiliki fotografi makanan yang menarik dan berkualitas tinggi adalah suatu keharusan.

Ingatlah bahwa 93% orang menganggap gambar sebagai salah satu faktor terpenting dalam keputusan pembelian! Jadi, jika Anda ingin mendapatkan pelanggan baru, Anda sebaiknya memiliki foto makanan yang menakjubkan.

Orang-orang berharap media sosial agar restoran diperbarui setiap hari. Mereka ingin sesuatu yang baru dimakan setiap hari. Jadi mereka juga suka melihat visual baru dari Anda setiap hari.

Karena ini semua tentang representasi ide kreatif marketing restoran dan bagaimana Anda melibatkan audiens Anda, kami telah menyediakan beberapa teknik dasar untuk diterapkan saat mengambil foto yang mencolok dari makanan Anda:

  • Gunakan pencahayaan alami
  • Cari kontras yang kuat
  • Berikan ruang putih
  • Menggabungkan latar belakang
  • Memiliki satu tempat menarik di foto
  • Pengaturan kamera (bahkan ketika menggunakan smartphone).
contoh foto makanan restoran

“Selain itu, virtual experience semakin menjadi pertimbangan seseorang dalam mengambil keputusan untuk bertindak. Video merupakan media komunikasi terbaik untuk memberikan virtual experience tersebut.” 

Bagaimana cara membangun dan terlibat dengan audiens di media sosial?

Restoran Anda harus memposting konten yang menarik untuk membangun hubungan jangka panjang dengan audiens Anda.

Posting yang menyertakan ajakan untuk bertindak, seperti memberi tahu audiens untuk memberi tag pada teman atau menanyakan kepada audiens pertanyaan terbuka sangat bagus untuk meningkatkan keterlibatan.

Orang suka berinteraksi dengan brand dan bisnis favorit mereka. Jadi pastikan untuk memposting berbagai pertanyaan, tips, trik, dan kuis yang positif.

Melibatkan konten paling sering adalah posting merek. Tetapi yang lebih penting, konten yang paling menarik terdiri dari posting seperti hadiah, kontes, dan posting di mana audiens berinteraksi dan berpartisipasi.

Ketika membangun hubungan yang langgeng dengan pelanggan Anda, berikan nilai kepada mereka. Ini memberikan insentif kepada orang untuk mengikuti Anda dan tetap tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Saat pengikut Anda di media sosial tumbuh, begitu juga pesanan di restoran Anda.

Tips praktik terbaik untuk marketing restoran di era digital ini dapat sudah banyak digunakan oleh restoran di Indonesia.

Serangkaian aturan khas yang kami sarankan kepada klien kami untuk digunakan adalah:
  • Ikuti kami di Instagram, Twitter, dan Facebook. (Ini adalah cara hebat lainnya untuk mempromosikan silang akun media sosial Anda yang lain.)
  • “Sukai” posting ini. (Ini meningkatkan keterlibatan.)
  • Tandai tiga teman di bagian komentar pada posting ini. (Ini juga meningkatkan keterlibatan & menciptakan peluang bagi teman-teman untuk mengikuti halaman Anda.)

Coba jalankan hadiah gratis selama satu bulan, dan lihat seberapa besar keterlibatan dan pengikut media sosial Anda meningkat.

Cara yang fantastis untuk lebih membangun audiens dan keterlibatan Anda di Facebook dan Instagram adalah untuk meningkatkan posting. Meningkatkan posting meningkatkan jangkauan dan kesadaran merek. Yang memungkinkan partisipasi lebih besar dengan konten menarik Anda.

Pos terbaik untuk ditingkatkan adalah hadiah dan kontes, sehingga Anda dapat meningkatkan visibilitas dan partisipasi dari pos-pos ini, yang pada gilirannya meningkatkan keterlibatan dan pertumbuhan pengikut Anda.

Postingan untuk promosi penjualan restoran juga dapat ditingkatkan karena Anda mengarahkan audiens Anda untuk menelepon Anda untuk membuat reservasi, mengunjungi situs web untuk melihat menu lengkap, atau memesan acara secara online.

Meningkatkan posting ini akan meningkatkan tindakan tersebut, yang pada akhirnya mendorong lebih banyak pengunjung ke restoran Anda. 

Beriklan di Media Sosial

Perbedaan utama antara manajemen media sosial dan iklan di media sosial adalah bahwa manajemen media sosial dan strateginya untuk pemasaran digital restoran terutama berhubungan dengan pertumbuhan organik.

Organik artinya Anda tidak membayar sendiri dan memasukkan ke dalam anggaran pemasaran Anda alias gratis.

Namun, dengan iklan media sosial dan strategi pemasaran digital lainnya untuk restoran, Anda harus menyisihkan anggaran yang ditentukan untuk menjalankan iklan di Facebook, Instagram, atau platform lain.

Berbagai jenis tujuan kampanye iklan pada mulanya sangat besar. Namun, dengan memperluas pengetahuan Anda di bawah ini, Anda dapat mulai menggunakan iklan seperti para ahli pemasaran digital.

Tingkatkan kesadaran merek dan pengikut dengan beriklan.

Menjalankan halaman Facebook dan Instagram seperti kampanye iklan adalah langkah pertama dalam menghasilkan kesadaran dan jangkauan restoran Anda melalui iklan berbayar. Ini sesuai dengan konsep inbound marketing yang merupakan “pakem” dari strategi digital marketing.

Dengan beriklan, Anda bisa meningkatkan brand logo restoran, halaman bisnis Facebook, dan situs web Anda di depan ribuan pelanggan potensial dengan pesan singkat yang mendorong mereka untuk “menyukai” halaman Anda.

Dimensi grafis iklan memiliki dimensi khusus grafis. Ukuran 1.200 piksel dan tinggi 444 piksel. Format lansekap pendek ini tidak biasa, tetapi dapat memungkinkan fotografi makanan berkualitas tinggi yang kami sebutkan sebelumnya di atas.

Pastikan pesannya singkat dan manis.

Tingkatkan jangkauan dan keterlibatan.

Praktik terbaik adalah selalu meningkatkan merek atau postingan dalam rangka penjualan. Ini akan membantu meningkatkan keterlibatan dan pengikut Anda, membuat Anda mendapatkan yang terbaik.

Meningkatkan jangkauan posting memang membutuhkan anggaran iklan yang terukur.

Jika Anda menjalankan kontes atau memberikan dan ingin menjangkau sebanyak mungkin orang, kami sarankan mengalokasikan anggaran yang lebih besar dan menjalankan kampanye untuk periode waktu yang lebih lama.

Kami mungkin meningkatkan jenis posting ini selama satu bulan dengan anggaran sekitar 1 juta hingga 2 juta rupiah.

Untuk promosi yang lebih singkat, kami sarankan untuk meningkatkan selama 5-7 hari dengan anggaran iklan sekitar Rp. 150.000 hingga Rp. 300.000.

Tingkatkan pemesanan online, pemesanan acara, dan lalu lintas situs web dengan kampanye lalu lintas
  • Apakah Anda mengalami kesulitan mengisi kursi setiap minggu?
  • Apakah restoran Anda tersedia untuk acara pribadi?
  • Apakah Anda ingin lebih banyak orang mengunjungi situs web Anda untuk melihat menu dan spesial mingguan Anda?

Jika Anda menjawab “ya” untuk semua ini, Anda harus memasukkan iklan lalu lintas web ke dalam pemasaran digital Anda untuk strategi marketing restoran Anda.

Menjalankan iklan lalu lintas web di Facebook dan Instagram dapat mengarahkan orang-orang ke situs web Anda dengan seruan yang kuat untuk “Kunjungi situs web kami untuk melihat menu lengkap dan spesial mingguan kami” atau “Kunjungi situs web kami untuk reservasi tempat

Kami merekomendasikan anggaran minimum sekitar Rp. 2 juta per bulan untuk menjalankan iklan traffic. Ini karena kami telah melihat hal tersebut sebagai dasar untuk kampanye traffic yang sukses.

Dalam menganggarkan digital marketing restoran, sesuai praktik terbaik berdasar survey bisnis di seluruh dunia adalah sekitar 10% dari total target omset. Jadi, jika Anda mempunyai target omset Rp. 200 juta per bulan, maka anggaran digital marketing restoran adalah sekitar Rp. 20 juta per bulan.

Tentu Rp. 20 juta per bulan tersebut tidak hanya untuk iklan, namun ada untuk manajemen sosial media, fotografer, kreatif, dan content marketing.

Berikut beberapa pertimbangan anggaran beriklan di media sosial untuk promosi bisnis restoran Anda :

  • Rp. 2 juta / bulan = bagus
  • Rp. 5 juta / bulan = lebih baik
  • Rp. 7.5 juta / bulan adalah yang terbaik.

Strategi tersebut telah bekerja dengan sangat baik untuk beberapa klien kami.

Tingkatkan reservasi dan panggilan telepon, tampilan menu, dan kesadaran merek secara keseluruhan dengan jangkauan atau kampanye kesadaran merek.

Jenis lain dari promosi berbayar untuk meningkatkan jangkauan brand restoran Anda.

Seperti yang mudah diasumsikan, kampanye jangkauan hanya menampilkan iklan Anda ke jumlah maksimum orang.

Sekitar 61% orang perlu melihat sesuatu 2 hingga 3 kali di media sosial sebelum mereka memilih untuk melakukan pembelian atau mengunjungi restoran. Oleh karena itu, dalam melakukan marketing restoran di saluran digital, program re-marketing juga harus dilakukan. Biasanya, kami melakukan ini pada bulan ke 3 dan ke 4.

Jangkauan iklan terbaik untuk ajakan bertindak seperti:
  • “Dapatkan Arahan” ke lokasi Anda
  • “Hubungi Sekarang” untuk menghubungi restoran Anda, untuk pertanyaan atau pemesanan
  • “Lihat Menu” untuk melihat makanan dan minuman apa yang ditawarkan restoran Anda

Iklan kesadaran merek sangat mirip. Tetapi mereka mengambil satu langkah lebih jauh dengan maksud dengan menjangkau orang-orang yang lebih cenderung memperhatikan iklan Anda sehingga meningkatkan kesadaran untuk merek Anda.

Di mana jangkauan iklan semata-mata tentang angka tertinggi dan fokus pada kuantitas. Iklan kesadaran merek mengasah prospek berkualitas yang benar-benar tertarik untuk mengunjungi restoran Anda.

Gunakan penargetan ulang untuk mengikat semua upaya periklanan Anda

Saat Anda pertama kali meluncurkan kampanye iklan Facebook apa pun, Pengelola Iklan Facebook akan meminta Anda memasang piksel pelacakan Facebook ke situs web Anda. Ini penting untuk melacak pengunjung situs web Anda dan akhirnya menargetkan ulang mereka.

Penargetan Ulang mengirim iklan ke orang-orang yang mungkin telah mengunjungi situs web Anda dan dilacak dengan piksel pelacakan itu. Jadi Facebook dapat mengambil data itu dan membangun pemirsa khusus untuk menampilkan iklan penargetan ulang Anda.

Hal seperti ini juga berlaku di Google Ads, dengan re-targeting ke audiens sebelumnya.

Facebook juga dapat membuat pemirsa khusus orang-orang yang terlibat dengan posting, iklan, atau halaman bisnis Anda secara umum. Ini termasuk orang-orang yang menyukai, berkomentar, atau membagikan posting, iklan, atau halaman Anda.

Tujuan penargetan ulang adalah untuk menunjukkan kepada pengunjung baru ini iklan baru dan segar yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Meskipun mereka sekarang akrab dengan merek Anda, penargetan ulang membantu untuk mengubahnya menjadi pelanggan.

Blogging Untuk Pengaruhi Pengambilan Keputusan

Bagian penting lainnya dari pemasaran digital untuk restoran adalah blogging. Ketika berbicara tentang blogging, praktik terbaik adalah membuat blog mingguan atau bulanan di situs web Anda yang memberikan nilai bagi audiens Anda.

Untuk situs web restoran Anda, topik blog dapat mencakup:

  • berbagai macam resep sehat
  • hidangan unggulan dari menu Anda
  • tips dan trik di dapur
  • pembaruan tentang kejadian terkini di restoran Anda

Audiens Anda akan tertarik pada salah satu dari topik tersebut. Dan luangkan waktu Anda untuk menulis blog-blog tersebut secara konsisten.

Ketika orang-orang meluangkan waktu untuk membaca blog Anda, mereka menghabiskan lebih banyak waktu daripada biasanya di situs web Anda. Ini memberi tahu mesin pencari bahwa situs web Anda relevan dan bermanfaat. Ini dapat meningkatkan peringkat restoran Anda dalam hasil pencarian

Konten blog di website Anda merupakan “senjata pamungkas” dalam hal cara marketing restoran di mesin pencari.

Baca juga mengenai: Tips Memasarkan Bisnis Kuliner dengan Konten Berkualitas

Pemasaran Melalui Email

Terakhir, tetapi tentu tidak kalah pentingnya, pemasaran melalui email juga memainkan peran penting dalam strategi digital marketing restoran. Mengirim pelanggan email mingguan seperti kontes, hadiah, menu spesial, diskon, acara mendatang, dan pembaruan eksklusif dapat sangat menguntungkan restoran Anda.

Memiliki program loyalitas atau penghargaan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pendapatan restoran Anda dan penjualan berulang. Salah satu cara untuk memasukkan pelanggan ke dalam program loyalitas Anda adalah dengan mendapatkan email pelanggan dengan memberi mereka insentif dengan penawaran khusus.

Anda dapat dengan mudah melakukan ini melalui pop-up situs web atau kampanye media sosial Anda. Program loyalitas mendorong pelanggan untuk terus datang kembali ke restoran Anda.

Setelah membuat daftar email, Anda dapat mulai membuat kampanye pemasaran email untuk menginformasikan:

  • Spesial terkini – apakah ini berubah setiap hari atau setiap minggu, beri tahu pelanggan Anda tentang promosi restoran yang berbeda di setiap email yang Anda kirim, sehingga Anda dapat menarik perhatian mereka dan menarik mereka kembali datang ke restoran Anda.
  • Acara mendatang – jika Anda berencana melakukan menu khusus atau acara terbuka untuk liburan atau ulang tahun restoran Anda, beri tahu pelanggan paling setia Anda terlebih dahulu.
  • Pembaruan penting – jika Anda berencana meluncurkan item menu musiman atau memiliki tamu khusus di restoran, beri tahu pelanggan yang mendaftar untuk daftar email Anda terlebih dahulu.
  • Diskon dan hadiah eksklusif – beri tahu pelanggan setia ini betapa Anda menghargainya dengan menawarkan diskon di sana-sini, seperti diskon 10% untuk tagihan Anda berikutnya atau hidangan penutup / hidangan pembuka gratis dengan pembelian hidangan pembuka berikutnya.
  • Posting blog terbaru – kirimi pelanggan email potongan posting blog terbaru Anda yang memberikan nilai kepada mereka, seperti resep, tips & trik di dapur, dan banyak lagi.

Mempromosikan restoran Anda melalui pemasaran email adalah cara terbaik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan mempertahankan bisnis mereka selama bertahun-tahun yang akan datang. 

Kesimpulan

Meskipun membangun strategi digital marketing restoran yang efektif mungkin tampak menakutkan pada awalnya. Namun Anda akan berterimakasih setelah restoran mulai ramai dengan menjalankan strategi pemasaran restoran tersebut melalui saluran digital sekurangnya selama 4 bulan.

Dengan menerapkan ide-ide di atas, Anda dapat mengembangkan daftar email Anda dan menarik pelanggan Anda kembali setiap minggu, jika Anda menyusun kampanye dengan tepat.

Jika Anda tidak punya waktu untuk menerapkan taktik yang kami sebutkan di atas, silahkan hubungi kami.

Hubungi Kami

6 + 7 =

Pin It on Pinterest

Share This