0 888 1 6262 52
Ada beberapa kesalahpahaman umum tentang digital marketing pada dunia nyata. Hal ini mungkin sering kita temui di dunia nyata. Apalagi mengenai konsep inbound marketing, yang merupakan salah satu teknik dari sebuah strategi digital marketing.

Banyak yang menganggap digital marketing adalah promosi online, dan lebih parahnya lagi mereka tidak melakukan analisa target dan otomatis tidak memiliki strategi digital marketing yang terstruktur. Akibatnya, program digital marketing tidak berjalan sesuai harapan atau anggaran kampanye menjadi tidak efisien.

Konsep Inbound Marketing

Selama bertahun-tahun sekarang “inbound marketing” telah menjadi kata yang sering dipakai. Namun yang mengejutkan, banyak bisnis masih tidak mengerti apa itu inbound marketing, mengapa hal itu lebih baik untuk perusahaan dan pelanggan, mengapa hal itu adalah cara alami pemasaran, dan bagaimana cara melakukannya.

Konsep inbound marketing sebetulnya merupakan teknik untuk menarik perhatian pemirsa yang ditargetkan melalui sebuah konten berkualitas dengan tampilan yang menarik, agar pemirsa tersebut dapat menjadi pelanggan atau pembeli potensial.

Bahkan mereka yang melakukannya sering melakukannya tanpa strategi nyata. Yang lebih buruk, ada sejumlah kesalahpahaman di luar sana yang jelas salah. Inilah 10 mitos terbesar tentang konsep pemasaran inbound:

1. Konsep Inbound marketing hanya sekedar pilihan

Inbound Marketing bukanlah sebuah candaan. Taktik yang kita gunakan dapat berubah selama bertahun-tahun dengan platform digital yang berbeda-beda yang hadir di dunia online. Tetapi prinsip dasar dalam membangun hubungan antara pelanggan dan merek dan untuk melibatkan pelanggan tanpa mengganggu kehidupan mereka akan tetap berlaku.

2. Terlalu banyak persaingan di industri saya

Ada banyak kompetisi di setiap industri. Sangat sedikit perusahaan yang memiliki kemampuan mendominasi pasar dan tidak perlu khawatir dengan pemasaran atau periklanan.

Bahkan di pasar yang sangat kompetitif, selalu ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk menonjol. Jika tim pemasaran Anda tidak dapat menemukan ide, rekrutlah seorang konsultan pemasaran digital. Konsultan digital marketing memiliki pengalaman di banyak industri dan dapat menggabungkan gagasan dari satu industri ke industri lainnya.

3. Inbound marketing tidak cocok untuk bidang bisnis saya

Anda mungkin berpikir model bisnis Anda tidak sesuai untuk pemasaran inbound, atau industri Anda terlalu membosankan untuk secara aktif menarik pelanggan tanpa iklan. Tetapi hal itu tidak benar, untuk industri apa pun.

Pada praktiknya, seluruh jenis bisnis perlu menerapkan inbound marketing. Terutama bagi para praktisi pemasaran, mereka harus segera melakukan hal ini untuk mencapai tujuan bisnis.

Sebagai alternatif, Anda mungkin berpikir bahwa industri Anda kurang terwakili di media sosial. Tetapi teman-teman Anda di Facebook, dan teman-teman mereka, sebenarnya dapat bekerja di industri Anda.

Jaringan media sosial tidak terbatas pada industri tertentu. Bahkan pengacara, yang terkenal absen dari media sosial karena masalah kerahasiaan, dapat memperoleh prospek dan meningkatkan citra mereka dengan strategi pemasaran inbound yang koheren.

Bahkan industri yang teratur dengan peraturan dan kepatuhan seperti Akuntan Publik, mereka dapat mengatasi pembatasan marketing dengan strategi inbound marketing yang kreatif.

4. Siapapun bisa melakukan inbound marketing

Perusahaan yang memulai dengan konsep pemasaran inbound sering bergantung pada karyawan yang ada untuk menyelesaikan-nya. Seberapa sering kita melihat situasi di mana perancang web, sekretaris, atau bahkan manajer teknis telah bertanggung jawab atas media sosial.

Tekik inbound marketing membutuhkan keahlian khusus, kualitas jurnalistik, dan setidaknya pemahaman tentang pemasaran digital secara luas, dari SEO hingga iklan digital.

Terlebih lagi, konsep inbound marketing bukan tentang usaha individual dan terpisah, melainkan tentang strategi yang terstruktur dan menyeluruh.

Jika Anda memulai dengan pemasaran inbound, sewalah seorang ahli digital marketing. Bakat baru bisa menyegarkan kembali tim pemasaran Anda dengan berbagai cara.

Seseorang dengan konsep strategi inbound marketing yang jelas, akan memiliki keterampilan yang berharga untuk mengajarkan tim pemasaran Anda yang sudah ada. Strategi pemasaran konten yang baik juga dapat membantu meningkatkan kohesi di dalam perusahaan Anda.

5. Hasil pemasaran inbound bersifat instan

Pemasaran inbound bukanlah periklanan. Anda tidak hanya memulai kampanye dan melihat hasilnya secara langsung. Pemasaran inbound adalah komitmen jangka panjang, di mana semua komponen dibangun untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Butuh berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk akhirnya melihat sebuah hasil.

Bahkan untuk bisnis retail sekalipun, pemasaran digital tidak dapat dilakukan hanya dalam jangka pendek. Anda perlu memahami tahapan dalam konsep inbound marketing untuk mendapatkan hasil yang layak dari pemasaran digital.

Berikut tahapan dalam pemasaran digital yang juga merupakan dasar dari strategi inbound marketing:

  • Awarenes
  • Interest
  • Decision
  • Conversion

Kita dapat ambil contoh pada bisnis luxury fashion yang menargetkan segmen pasar tertentu untuk menjual pakaian hasil rancangan para fashion designer. Keberadaan brand dan website harus di tingkatkan untuk awalnya, dan setelah itu dapat dilakukan program re-marketing untuk mendorong pengambilan keputusan terhadap orang-orang yang terindikasi sudah tertarik pada penawaran.

Digital marketing dilakukan dengan cara tersebut, inbound marketing juga melibatkan website lainnya untuk memberikan dorongan pengambilan keputusan. Ini didasari oleh karakteristik pembeli online yang sering melakukan perbandingan harga dan produk. Mereka akan lebih yakin dalam mengambil keputusan setelah mendapatkan referensi dari situs lain.

6. Pemasaran inbound membutuhkan departemennya sendiri

Silo atau pembatas, selalu berdampak buruk bagi perusahaan. Konsep pemasaran inbound harus melibatkan sebanyak mungkin orang di perusahaan. Misal, di perusahaan high tech, mesin, atau B2B, pemasaran inbound selalu berarti mendapatkan staf teknis di tim. Inilah alasan mengapa ruang kerja digital sangat dibutuhkan untuk operasional bisnis saat ini, agar seluruh departemen dapat berkolaborasi.

Semua orang di perusahaan dapat berkontribusi dalam pemasaran inbound, mulai dari akuntansi hingga penjualan. Pakar di bidang tertentu dapat memberikan ceramah publik, profil pribadi dari karyawan jangka panjang yang setia dapat memperbaiki citra perusahaan Anda. Konsep pemasaran inbound selalu melibatkan perubahan budaya perusahaan secara keseluruhan. Baru setelah itu Anda bisa membangun sebuah aset yang akan memberikan keuntungan jangka panjang.

7. Setelah Anda melakukan pemasaran inbound, Anda tidak memerlukan yang lain

Beberapa perusahaan begitu terperangkap dalam dunia pemasaran inbound, mereka membuang semua bentuk pemasaran tradisional ke laut. Tapi bagi banyak perusahaan, masuk akal untuk terus melakukan apa yang telah Anda lakukan selama beberapa dekade.

Mesin dan medis hanyalah dua contoh di mana pameran dagang masih memberikan nilai, terutama di Asia. Untuk bisnis lokal khususnya, radio masih efektif, dan industri tertentu akan terus mengandalkan iklan televisi untuk tahun-tahun yang akan datang. Untuk memahami jenis pemasaran outbound yang harus disimpan dalam campuran Anda, bicaralah dengan konsultan periklanan.

Bahkan untuk anda yang benar-benar hanya membutuhkan pemasaran online untuk bisnisnya, periklanan di Google dan sosial media sangat perlu dilakukan. Ini hanya jika anda memang benar-benar serius dalam melakukan pemasaran online.

8. Anda tidak dapat mengukur keefektifan pemasaran inbound

Sebenarnya, anda bisa saja. Pemasaran inbound secara keseluruhan tidak cukup pada tahap di mana perangkat lunak pintar dapat mengukur, dan AI memprediksi efek dari upaya pemasaran individu, tetapi ada banyak alat berbeda yang dapat Anda gunakan untuk mengukur apakah yang Anda lakukan mengarah ke hasil yang nyata.

Efektivitas dari pemasaran digital dapat dilihat dari konversi atau hasil penjualan, berapa PO (purchase order) yang didapat. Akan tetapi hal tersebut merupakan konversi akhir dimana harus melibatkan tim penjualan. Cara mengukur efektivitas pemasaran digital akan berbeda pada tiap tahap dalam konsep inbound marketing.

  • Awareness. Berapa banyak impresi dari keyword yang ditargetkan atau berapa banyak orang yang melihat iklan.
  • Interest. Berapa persentase Click Trough Rate (CTR) dan berapa banyak sesi misal diatas 5 menit. Lamanya sesi dan penentuan akan masuk ke tahapan inbound yang mana dapat anda tentukan sendiri merujuk pada ketepatan.
  • Decision. Berapa banyak orang yang datang dari website referral, dan berapa banyak orang yang menghabiskan waktu di website anda misal lebih dari 10 menit.
  • Konversi. Berapa banyak order atau prospek yang masuk.

Dalam memahami konsep inbound marketing, Anda perlu memahami proses terjadinya konversi dari aktivitas pemasaran digital.

9. Pemasaran inbound lebih murah

Pemasaran outbound biasanya lebih mahal, tetapi jumlah yang disajikan oleh agensi pemasaran sangat dipengaruhi oleh anggaran iklan.

Inbound belum tentu lebih murah. Misalnya, jika berbicara di depan umum di banyak lokasi berbeda merupakan bagian dari strategi inbound Anda, biaya perjalanan dan hotel harus dimasukkan dalam perhitungan. Juga, pemasaran inbound mungkin tampak lebih murahan karena Anda mempekerjakan orang yang tidak berpengalaman dalam konsep inbound marketing.

Jika Anda membiarkan tim Anda melakukan inbound marketing, Anda mungkin membayar lebih sedikit, tetapi posting blog Anda mungkin tidak memiliki kualitas konten yang bisa didapat melalui jasa konten marketing profesional.

Membuat konten yang berkualitas, bisa berarti harus produksi video, dan meskipun harga untuk syuting telah turun banyak akhir-akhir ini, konten video berkualitas baik tetap membutuhkan biaya.

10. Kita hanya membutuhkan situs web baru

Terlalu banyak perusahaan yang masih menggunakan situs web yang dirancang 10-15 tahun yang lalu. Sementara itu, dunia telah beralih menggunakan web 2.0 atau WebDevOps. Sebagian besar orang berpindah dari desktop ke seluler. Jadi, mungkin membangun website baru mungkin benar-benar diperlukan, namun tidak dapat begitu saja menjamin kesuksesan.

Tapi ada banyak komponen lainnya untuk membuat kehadiran website yang baru adar dapat menjadi sukses. SEO yang baik, misalnya, adalah proses yang sedang berlangsung dan seringkali membutuhkan bantuan jasa SEO yang berpengalaman.

Lalu ada masalah SEO lawan aktivitas media sosial, mana yang harus anda fokuskan?

Algoritma Google tidak menyukai situs web statis yang tidak menawarkan nilai bagi pengunjung, jadi strategi konten marketing dalam pembuatan konten asli sangat penting untuk diterapkan pada situs web baru tersebut. Konten marketing merupakan tulang punggung dari konsep inbound marketing.

Cara orang dalam mengambil keputusan membeli atau tidak membeli di dunia online terjadi dalam 4 tahapan. Tahapan tersebut menjadi dasar dalam penerapan konsep inbound marketing.

Akhirnya, pemasaran adalah tentang perjalanan pelanggan. Anda perlu memahami dengan tepat dari mana pelanggan Anda berasal dan apa yang mereka harapkan. Ini merupakan alasan kuat mengapa Anda perlu keluar dari kesalahpahaman mengenai konsep inbound marketing.

Kami dapat membantu bisnis Anda untuk menerapkan konsep inbound marketing, mulai dari revamp website, SEO, pembuatan luxury content, periklanan, produksi video, monitoring dan analisis. Silahkan hubungi kami untuk mendiskusikan permasalahan pemasaran digital Anda.

Feel Free to Consult

Pin It on Pinterest

Share This