Saat ini, semakin banyak bisnis yang hadir di Instagram. Mulai dari bisnis kecil hingga besar, baik bisnis B2C maupun B2B, mereka kerap muncul di timeline. Dalam kesempatan ini, kami bermaksud untuk menjelaskan kenapa bisnis jaman now harus hadir di Instagram.

Indonesia merupakan negara ke-4 tertinggi dalam jumlah pengguna Instagram. Per Januari 2020, Statista menginformasikan bahwa Indonesia memiliki 63 juta pengguna Instagram.

jumlah pengguna instagram januari 2020

Dengan lebih dari 25 juta akun bisnis Instagram dan lebih dari $ 7 miliar dihabiskan untuk iklan Instagram tahun lalu, jelas bahwa brand berinvestasi di saluran ini.

Namun, masih banyak pemikiran usang yang bertahan bahwa mereka tidak perlu hadir di Instagram. Hal ini dapat menurunkan daya saing bisnis di era digital sekarang ini.

Bisnis Jaman Now Harus Hadir di Instagram

Baik perusahaan B2C yang populer atau perusahaan B2B yang lebih eksklusif, memiliki beberapa alasan untuk hadir di Instagram.

Jangan jatuh ke dalam perangkap pemikiran sesat bahwa bisnis Anda tidak memiliki sesuatu yang menarik secara visual untuk disebar melalui Instagram..

Dengan sedikit kreativitas dan perencanaan strategis, Anda akan menemukan banyak yang dapat Anda posting di Instagram.

Berikut beberapa alasan kenapa bisnis jaman now harus menggunakan Instagram, apa pun industrinya. 

Pelanggan akan mencari Anda di Instagram.

Mereka mungkin mencari Anda secara khusus berdasarkan nama, atau dengan tagar yang berkaitan dengan bisnis dan lokasi Anda.

Jika mereka tidak menemukan Anda maka ini dapat menjadi pengalaman yang kurang bagus ya.

Bahkan jika Anda tidak berencana untuk menjadi sangat aktif di Instagram, praktik terbaik adalah setidaknya Anda membuat akun instagram dengan memiliki nama bisnis, informasi kontak, dan beberapa posting saja.

Dalam hal apa pun, Anda tidak ingin pencarian tersebut kosong – atau, lebih buruk lagi, mengarahkan pelanggan ke pesaing bisnis Anda. 

Sinyal Kepercayaan

Memiliki akun Instagram – terutama akun Instagram terverifikasi – adalah satu lagi sinyal bahwa bisnis Anda memiliki reputasi, nyata, dan transparan.

Jika Anda menjalankan bisnis online secara eksklusif, memiliki akun sosial di mana pelanggan Anda dapat mengetahui bisnis Anda adalah valid. Tentu ini dapat meningkatkan kepercayaan banyak pihak, tidak hanya pelanggan. 

Pelanggan Anda Dapat Menandai Anda

Katakanlah Anda menawarkan layanan yang luar biasa kepada klien, atau pelanggan tidak percaya dengan produk yang baru saja mereka beli dari Anda.

Sangat mungkin mereka membawa cerita mereka ke Instagram, dan ulasan mereka yang cemerlang adalah “social value” bagi bisni Anda.

Anda dapat mengetahui komentar baik dan buruk dari pelanggan Anda secara lebih cepat.

Tapi inilah masalahnya – jika Anda tidak memiliki akun Instagram, pelanggan tidak akan pernah bisa menandai Anda dan ini merupakan peluang besar yang terlewatkan.

Anda Dapat Memberi Tag dan Menjual Produk Anda

Jika Anda menjual produk, kemampuan untuk berbagi foto dan video Instagram yang terhubung langsung ke produk-produk merupakan potensi besar.

Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda perlu membuat katalog produk dari halaman Facebook Anda (dari situlah Instagram menarik info produk).

Mungkin ini akan kita bahas secara khusus dalam artikel lainnya ya.. 

Mengarahkan Pemirsa ke Situs Web Anda

Bukan hanya produk yang dapat Anda tampilkan dari akun Instagram Anda. Seperti infografis, posting blog, dan konten lain yang Anda poskan di situs web Anda juga dapat dibagikan.

Instagram adalah satu saluran sosial yang dapat mengarahkan pemirsa ke situs Anda. Ini merupakan salah dari strategi digital marketing yang efektif untuk bisnis.

Anda dapat beralih berbagi ke Facebook atau Twitter langsung dari Instagram, atau menggunakan dasbor sosial yang memungkinkan Anda memposting pesan yang sama ke saluran sosial yang berbeda dengan beberapa klik.

Manajemen Reputasi Online

Dalam hal manajemen reputasi online dan optimisasi mesin pencari untuk nama bisnis atau merek Anda, memiliki akun Instagram adalah hal yang harus dilakukan.

Reputasi online Anda sangat penting untuk bisnis Anda. Karena itu, Anda harus waspada dengan apa yang muncul ketika pelanggan mencari bisnis atau nama merek Anda.

Selain situs web Anda, saluran sosial Anda biasanya muncul di halaman pertama hasil mesin pencari.

Merupakan praktik terbaik untuk membuat akun bisnis di semua jejaring sosial (termasuk Instagram) dengan nama bisnis / merek Anda, bahkan jika Anda tidak berencana sering menggunakannya.

Idenya di sini adalah untuk mengontrol halaman hasil mesin pencari sebanyak yang Anda bisa dengan membuat profil dan konten yang mengarah kembali ke merek Anda.

Dengan begitu, jika Anda mendapatkan publisitas buruk secara online, situs web dan akun sosial Anda memiliki peluang untuk menempati posisi di atas konten negatif tentang bisnis Anda.

Pesaing Anda Berada di Instagram

Jika Anda tidak memiliki akun Instagram dan pesaing Anda melakukannya, Anda mebiarkan mereka “menari-nari”. Bisnis jaman now memang lebih ketat persaingannya, Anda terlambat sedikit .. potensi bisnis dapat pergi ke pesaing.

Jika Anda bingung dengan jenis konten apa yang akan dikirim ke Instagram, lihat apa yang dilakukan pesaing Anda.

Ini akan memberi Anda banyak inspirasi untuk apa yang dapat Anda lakukan juga!

 Jaringan

Instagram juga merupakan alat jaringan yang bermanfaat.

Anda dapat menyukai, mengomentari, dan mengirim pesan ke bisnis atau individu yang berpikiran sama dan membentuk hubungan dengan mereka sepanjang waktu dengan interaksi yang bermakna.

Dengan begitu, jika Anda ingin menjangkau mereka di dunia nyata atau bertemu mereka di sebuah acara, Anda telah meletakkan dasar di Instagram.

Membuka Lowongan Kerja

Kapan pun orang mempertimbangkan untuk bekerja dengan atau untuk perusahaan baru, mereka ingin tahu seperti apa sebenarnya itu.

Memberi mereka sekilas momen di belakang layar melalui Instagram adalah cara yang bagus untuk memamerkan budaya perusahaan Anda.

Sarana Komunikasi Digital

Bagi para profesional di bidang komunikasi, Instagram dapat bermanfaat untuk memperluas penyampaian informasi secara tertarget.

Misal, Anda merupakan perusahan IPO yang baru mulai. Anda dapat menggunakan Instaram untuk menjangkau para investor yang sedang asik di kutub utara untuk melihat informasi update bisnis Anda.

Instagram adalah tempat yang menarik. Walaupun Anda berada di bisnis vertikal, baik pengguna maupun investor Anda kemungkinan juga sering mengakses instagram di ponsel mereka.

Kami dapat membantu Anda

Jika Anda ingin hadir di Instagram secara efektif, Anda harus menggunakan perencanaan dan strategi sesuai praktik terbaik. Bisnis tidak dapat hanya sekedar posting tanpa memahami tujuan dan teknik yang tepat.

Meskipun begitu, walau sekedar hadir dengan sedikit postingan dan informasi bisnis di Instagram, setidaknya Anda sudah menempatkan bisnis Anda di depan para pesaing. Apalagi jika Anda dapat terus konsisten hadir di Instagram.

JakartaUrbanHosting tidak hanya menyediakan infrastruktur hosting yang andal. JakartaUrbanHosting juga menyediakan jasa instagram marketing yang dapat menghemat waktu dan tenaga Anda, sehingga Anda dapat lebih fokus pada kegiatan yang lebih berkontibusi pada bisnis.

Kami dapat membuat set rencana posting baik caption maupun grafis yang menarik, dan memperluas distribusi jangkauan pemirsa secara tertarget untuk postingan Instagram bisnis Anda.

Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut, Terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas.. semoga bisnis Anda semakin berkembang setelah hadir di Instagram secara konsisten bersama JakartaUrbanHosting. 

Bagaimana Cara Atasi Ulasan Negatif Online untuk Bisnis ?

Bagaimana Cara Atasi Ulasan Negatif Online untuk Bisnis ?

Poor experience secara online akan menghasilkan negative review yang menyebar seperti virus dan dapat menggerogoti jumlah kunjungan ke restoran, ini terutama di google review. Bahwa saat ini sangat penting bagi bisnis apapun, terutama seperti restoran dan hotel...

Tips Cara Memulai Kampanye Pemasaran Konten untuk Brand

Tips Cara Memulai Kampanye Pemasaran Konten untuk Brand

Setelah sosial media mulai dirasakan terlalu jenuh dan kurang membawa dampak penjualan, banyak perusahaan mulai melirik untuk hadir kembali di mesin pencari google. Ya, dapat kita lihat bahwa 2020 akan menjadi pertarungan kampanye pemasaran konten, terutama untuk...

Memasarkan Bisnis Kuliner Online Dengan Konten Berkualitas

Memasarkan Bisnis Kuliner Online Dengan Konten Berkualitas

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang menggiurkan. Bisnis kuliner memang salah satu bisnis yang menjanjikan. Namun, di era digital sekarang ini para pelaku usaha harus dapat mengatasi persaingan dari segala arah, salah satu dari sisi online. Berikut kami...

Pin It on Pinterest

Share This