0 888 1 6262 52

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang menggiurkan. Bisnis kuliner memang salah satu bisnis yang menjanjikan. Namun, di era digital sekarang ini para pelaku usaha harus dapat mengatasi persaingan dari segala arah, salah satu dari sisi online. Berikut kami jelaskan sedikit mengenai cara memasarkan bisnis kuliner online dengan konten berkualitas untuk mengatasi persaingan maupun untuk menambah akselerasi bisnis.

Untuk anda yang memiliki restoran, persaingan tetap berada pada digital. Anda harus mulai pertimbangkan beberapa hal agar dapat membawa pemirsa online berkunjung ke restoran anda.

Memasarkan Bisnis Kuliner Online

Baik bisnis kuliner anda memiliki tempat untuk makan, maupun murni hanya berjualan online, konten di website akan sangat berpengaruh. Oleh karena itu, saat membuat rencana pemasaran bisnis kuliner online ada beberapa hal yang perlu dilakukan:

Miliki Website

Tampilkan menu, fasilitas restoran, lokasi, reservasi untuk acara, dan blog seperti news dan event di restoran anda. Khusus untuk bisnis kuliner online murni, anda dapat tampilkan menu, cara order, dan blog. Juga tidak ketinggalan, ceritakan sekilas sejarah bisnis atau tentang bisnis anda.

Optimasi website anda agar mudah di index oleh mesin pencari seperti Google search engine. Semakin populer website anda, maka semakin populer brand bisnis kuliner anda secara online. Untuk hal ini, anda dapat membuat konten atau blog. Ya, SEO sekarang ini adalah tentang konten berkualitas, bukan hanya sekedar membuat backlink atau menyusun kata kunci.

Daftarkan Bisnis Kuliner Anda di Bisnis Lokal Google

Dengan mendaftarkan bisnis kuliner anda di google, anda telah memudahkan para calon pelanggan untuk menemui anda di internet. Ulasan dari pelanggan akan sangat berharga, karena dapat meningkatkan keyakinan calon pelanggan untuk mengunjungi restoran anda.

Foto Berkualitas

Dalam memasarkan bisnis kuliner online, tujuan utamanya adalah menghadirkan seluruh informasi bisnis makanan anda. Oleh karena itu, menampilkan menu dan suasana restoran merupakan hal yang penting. Semakin berkualitas foto menu, maka akan semakin dapat membuat orang tertarik untuk mencoba menu kuliner anda.

Para pebisnis kuliner dapat menggunakan jasa fotografi profesional untuk menghasilkan foto menu yang berkualitas. Kemudian anda dapat sebarkan (deploy) foto menu makanan dan minuman anda di website dan di sosmed.

Kehadiran di Sosial Media

Bisnis makanan juga harus hadir di sosial media, sebab ada ratusan juta pengguna sosial media aktif di Indonesia yang perlu dijangkau. Tentunya biaya akan sangat mahal jika harus menjangkau ratusan juta pemirsa, anda dapat targetkan iklan di sosial media berdasar wilayah dan segmen lainnya. Buatlah konten sosial media yang menarik dan informatif setiap hari. Kemudian iklankan postingan konten tersebut.

Adapun konten sosial media dapat berupa grafis, foto menu, dan video. Namun bisnis kuliner online harus memilih saluran sosial media yang tepat, misal Facebook dan Instagram. Dan seluruh aktivitas di sosial media harus memiliki link untuk kembali ke website anda.

Video

Tentu dengan menampilkan menu restoran tidak selalu dapat memuaskan keingintahuan para calon pengunjung. Bisnis restoran dapat memberikan daya tarik pada produk makanan, misal dengan acara pencicipan. Anda juga dapat menampilkan suasana restoran anda.

Untuk anda yang hanya berjualan online, video dapat digunakan untuk menjelaskan bagaimana anda memproduksi kuliner tersebut. Video selain untuk mendapatkan daya tarik, juga dapat berfungsi untuk memberikan rasa aman pada calon pelanggan.

Iklan Online

Saat ini,hampir seluruh bisnis menempatkan iklan mereka pada saluran digital. Baik melalui sosmed seperti FB, Instagram, dan Twitter, juga melalui jaringan Google.

Dalam beriklan, selain anggaran, analisa kata kunci dan target segmen, bisnis kuliner online juga harus perhatikan konsep inbound. Sebab, ada perilaku pengguna internet yang harus dipahami, bahwa mereka tidak serta merta akan langsung membeli produk anda.

Dalam beriklan, kami selalu menerapkan konsep inbound tersebut. Mulai dari sosialisasi bisnis client, memberikan daya tarik, mempengaruhi pengambilan keputusan dan akhirnya mengajak untuk melakukan tindakan.

Untuk tahapan tersebut, kami menggunakan Iklan Facebook untuk sosialisasi bisnis yang secara bersamaan juga menempatkan iklan di google search. Sebab, setelah pengguna sosmed mengetahui bisnis anda, maka mereka akan segera mencari informasi melalui google untuk memperoleh keyakinan.

Kemudian, kami tempatkan iklan di Instagram dan Google Display untuk mendapatkan ketertarikan dan mengajak para pemirsa untuk mengambil tindakan.

Bahkan, jika bisnis kuliner anda belum memiliki website, kami dapat membantu anda membuatkan halaman website secara gratis dengan menggunakan jasa iklan google kami.

 

Enam point di atas merupakan kebutuhan wajib untuk memasarkan bisnis kuliner online. Konten yang berkualitas, cara penyajian dan penyebaran konten merupakan kunci efektivitas pemasaran online.

 

Beberapa Studi Kasus Pemasaran Bisnis Kuliner Online

Mari kita lihat dua studi kasus tentang pengusaha makanan yang meluncurkan dan menumbuhkan merek mereka di pasar makanan dan minuman. Studi kasus ini menggambarkan bahwa peluncuran produk baru untuk merek makanan lokal dan kecil dapat berhasil melalui program pemasaran konten yang hebat.

Studi Kasus: Toko Kue Meningkatkan Pengikut Facebook Menggunakan Konten Visual

Kampanye pemasaran digital ini dimulai pada tahun 2011. Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan sebuah produk kue dengan meningkatkan interaksi dan aktivitas di semua platform media sosial. Cara pemasaran bisnis kue ini cukup sederhana, yakni dengan terlibat pada percakapan, transaksi, penawaran, dan menginformasikan produk kue terbaru.

Untuk memasarkan melalui sosmed, para pebisnis harus mengetahui karakteristik dari tiap-tiap platform sosmed agar kegiatan pemasaran digital dapat berjalan efektif.

Di Facebook Mereka membagikan gambar-gambar mempesona dari makanan manisan yang penuh warna. Dan kegiatan tersebut segera mendapat perhatian para netizen.

Twitter dapat digunakan untuk berbicara dengan pelanggan. Sangat efektif saat digunakan untuk komunikasi dua ara dalam nada yang sangat santai dengan pelanggan. Twitter juga dapat digunakan untuk berbagi konten. Hal ini dapat meningkatkan minat seseorang sehingga mereka beralih dari rasa ingin tahu dan kemudian menjadi pelanggan setia.

FourSquare untuk informasi lokasi acara, Yelp agar pelanggan mengirim ulasan.

Hasil: Three Tarts mendapatkan ratusan penggemar / pengikut / pelanggan baru dalam waktu kurang dari 36 jam ditayangkan langsung di sneakpeeq.

9 Faktor Dalam Merencanakan Pemasaran Konten untuk Bisnis Kuliner Online Anda

Ada 2 konten yang dibutuhkan dalam memasarkan bisnis kuliner online, yakni: Konten Website dan Konten Sosmed. Hanya konten yang berkualitas yang dapat memberikan efektivitas dalam bisnis kuliner online anda.

Berikut 9 faktor dalam merencanakan pemasaran konten:

  1. Kenali pelanggan Anda.
  2. Memahami apa yang memenuhi kebutuhan produk Anda untuk pembeli Anda.
  3. Ketahui di mana dan bagaimana pelanggan Anda mencari informasi di web tentang masalah ini.
  4. Kembangkan rencana untuk membuat / mendistribusikan atau membagikan konten di seluruh Web sosial yang sesuai dengan pembeli Anda.
  5. Kalender fokus bulanan Anda dan distribusi konten mingguan.
  6. Buat konten untuk mengatasi setiap masalah / kebutuhan pembeli yang terkait dengan produk Anda dengan cara yang membantu dan memudahkan mereka.
  7. Bagikan konten.
  8. Monitor diseluruh saluran digital dan tanggapi pelanggan dengan baik dan sopan.
  9. Tweak taktik tersebut dan lanjutkan.

Pengalaman JakartaUrbanHosting dalam Pemasaran Online Bisnis Kuliner

Kami pernah melakukan pemasaran digital untuk sebuah katering di Tangerang Selatan. Mulai dari website, posting di sosmed dan periklanan kami kerjakan sepenuh hati. Hasilnya, dalam beberapa bulan bisnis katering tersebut telah mendapatkan 200 pelanggan katering yang rutin diantar setiap hari.

Kemudian, sebuah gedung nikah di Cirebon yang juga memiliki unit bisnis sewa tenda dan katering. Setelah beberapa bulan kami buatkan websitenya dan optimasi, bisnis tersebut telah full booking hingga 6 bulan kedepan!.

Saat ini kami sedang mengerjakan beberapa client restoran. Salah satunya adalah Omah Simbok Resto di Karang Anyar, Jawa Tengah. Restoran ini menyajikan kuliner khas Jawa Tengah dengan lokasi restoran yang memiliki pemandangan yang indah.

Restoran tersebut sudah ramai dikunjungi tiap akhir pekan. Maka, tantangannya adalah bagaimana meramaikan restoran untuk hari kerja. Kami telah membuat website untuk restoran tersebut dengan menampilkan menu, lokasi, fasilitas dan suasana restoran, baik melalui foto maupun video.

Kami akan update perkembangan selanjutnya di artikel ini, semoga dapat berhasil seperti client kami sebelumnya. Semoga sedikit tulisan mengenai pemasaran online bisnis kuliner ini dapat bermanfaat bagi para pebisnis kuliner di seluruh Indonesia.

Mitra Pemasaran Digital Terpercaya

Bagi anda para pemilik usaha kuliner, kami dapat membantu anda dalam pemasaran online bisnis kuliner anda. Silahkan kirim WhatsApp untuk pertanyaan dan informasi lebih lanjut.

Pin It on Pinterest

Share This