0 888 1 6262 52

SEO dan Periklanan Google adalah komponen utama dari Search Engine Marketing (SEM). Sebuah jasa SEO dapat mengantarkan pengunjung dan konversi ke website anda. Disamping itu, penghematan dalam biaya iklan adwords dapat tercapai dengan menggunakan jasa SEO.

Baik SEO maupun Iklan Google Adwords, ini  merupakan salah satu yang paling banyak dipakai bisnis sekarang ini untuk menjalankan kampanye pemasaran digital.

Mereka memiliki perbedaan dan persamaan dan ada beberapa situasi yang harus Anda gunakan bersama-sama atau secara terpisah bergantung pada tujuan bisnis dan pemasaran Anda.

Apa itu SEO?

Search Engine Optimization atau SEO harus dilakukan agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di halaman hasil mesin pencari Google, Yahoo, Bing dan mesin pencari utama lainnya. Untuk mencapai itu, Anda perlu memastikan bahwa situs web Anda ramah mesin telusur (SEO Friendly).

Situs web yang ramah mesin pencari dapat ‘dibaca’ dengan mudah oleh mesin pencari dan digunakan dengan mudah oleh pengguna.

Anda dapat membaca trend dan tips SEO untuk memahami apa yang paling penting yang perlu Anda terapkan ke situs web Anda. Hal ini perlu dilakukan agar dengan gagasan umum bahwa memiliki situs web yang cepat dan fungsional dengan konten unik dapat menawarkan pengalaman yang baik kepada pengguna akhir (pengunjung web atau calon pelanggan).

Apa itu Google AdWords?

Jika Anda baru mengenal pemasaran digital, Anda mungkin pernah mendengar orang berbicara tentang PPC, Adwords, dan istilah seperti BPK, tawaran, dan kampanye tanpa mengetahui apa artinya. Jangan khawatir, tujuan dari posting ini adalah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Mari kita mulai.

Google Adwords adalah platform periklanan yang dimiliki oleh Google. Pengiklan dapat menggunakan platform ini untuk memposisikan iklan mereka di Halaman Hasil Pencarian Google, Produk Google (YouTube, Gmail, dan sebagainya) dan ke ribuan situs web lain yang berpartisipasi dalam program AdWords sebagai penerbit (Google Adsense).

Sebagai pengiklan, Anda dapat memilih untuk membayar ketika seseorang mengklik iklan Anda (Biaya Per Klik atau BPK) atau ketika orang melihat iklan Anda (CPM atau Biaya per Ribuan Tayangan).

Seluruh sistem Adwords berfungsi seperti lelang besar tempat pengiklan bersaing untuk tempat iklan yang tersedia.

Jasa SEO versus Biaya Iklan Google Adwords

Setelah Anda memiliki gagasan umum tentang apa itu adwords dan SEO, mari kita lihat perbandingannya:

  • Adwords berlaku untuk situs web Google dan situs-situs yang menggunakan Google Adsense. Sementara prinsip-prinsip SEO berlaku untuk semua mesin pencari.
  • Anda harus membayar setiap pengunjung ke website anda dalam menggunakan iklan Adwords, sementara lalu lintas dari aktivitas SEO itu gratis.
  • Iklan AdWords muncul di bagian atas dan bawah Hasil Pencarian Google dan dalam kondisi tertentu Anda bisa mendapatkan salah satu posisi iklan tersebut. Beda dengan SEO, Anda harus bekerja jauh lebih keras untuk mendapatkan salah satu posisi teratas dalam hasil pencarian organik.
  • Adwords lebih cepat daripada SEO karena Anda dapat membuat kampanye iklan hampir seketika dan mulai mendapatkan lalu lintas bertarget. Sementara dengan SEO Anda memerlukan lebih banyak waktu (terutama untuk situs web baru) untuk mendapatkan peringkat dan lalu lintas yang baik.
  • Dengan AdWords lebih mudah untuk menghitung ROI sementara dengan SEO lebih sulit karena ada lebih banyak faktor yang berperan dan bukan hanya belanja iklan dan pendapatan.
  • Ketika Anda menghentikan kampanye adwords, lalu lintas Anda juga berhenti tetapi setelah Anda mulai mendapatkan lalu lintas organik dengan SEO, ini akan terus berlanjut dalam jangka panjang.
  • Dengan Adwords Anda dapat menargetkan banyak kata kunci pada saat yang sama sementara dengan SEO Anda perlu fokus pada beberapa kata kunci untuk hasil terbaik.

Disamping itu, perlu kami jelaskan disini bahwa tidak semua iklan Adwords yang dibuat dapat disetujui oleh google. Ada beberapa persyaratan dalam menjalankan kampanye adwords. Namun, jika website anda sudah teroptimasi dengan baik, maka potensi iklan anda lolos persetujuan jauh lebih tinggi.

Manakah yang terbaik untuk Pemasaran Digital Anda?

Tujuan dari penyedia jasa SEO dalam kampanye pemasaran digital adalah untuk membantu pelanggan mendapatkan lalu lintas dari Mesin Pencari melalui optimasi website. Optimasi ini dilakukan dengan 200 faktor berdasar praktik terbaik yang ada.

Ini masih merupakan tujuan utama dari jasa SEO kami. Tetap iselama bertahun-tahun dan dari pengalaman kami bekerja dengan klien di berbagai bidang, kami menyadari bahwa pemilik bisnis terkadang membutuhkan hasil yang lebih cepat. Dan sinilah AdWords ikut bermain. Seiring dengan perkembangan, ternyata kami menemui lagi bahwa bisnis tidak bisa hanya bergantung dengan Adwords atau SEO saja. Menggabungkan keduanya memberikan keuntungan tersendiri bagi bisnis client.

Keuntungan terbesar dari Adwords diatas SEO adalah dapat menghasilkan hasil lebih cepat.

Anda harus membayar untuk setiap kunjungan yang Anda dapatkan dari adwords. Tetapi jika kampanye Anda sukses, Anda dapat membenarkan investasi dalam PPC untuk memenuhi tujuan bisnis Anda.

Adwords sangat ideal untuk perusahaan baru yang ingin mendapatkan lalu lintas bertarget dengan cepat untuk tujuan melakukan penjualan, menemukan pelanggan baru, atau bahkan untuk menguji produk, prosedur, efektivitas situs web, dan komponen apa pun lainnya dalam proses penjualan atau pemasaran.

Statement diatas adalah benar, jika Anda menggunakan AdWords dengan bijaksana dan hati-hati.

Sangat mudah untuk mulai membelanjakan uang di AdWords dan jika Anda tidak memiliki alat pemantauan dan kontrol yang tepat, Anda akan berakhir dengan membuat kerugian, bukan keuntungan. Kerugian ini dapat berjumlah hingga milyaran rupiah untuk skala perusahaan besar di Indonesia.

Yang selalu saya beri tahu klien saya tentang AdWords adalah bahwa jika Anda tidak menggunakannya dengan benar, itu akan seperti bermain di Kasino. Artinya, Anda membelanjakan uang dengan metode untung-untungan saja.

Jadi, meskipun sistemnya mudah digunakan (sehingga Anda menghabiskan lebih banyak), jika Anda tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk menjalankan Kampanye AdWords, simpan uang Anda atau hubungi kami untuk dapat melakukannya untuk bisnis Anda.

Ini adalah pendekatan terbaik agar Anda tidak kehilangan uang tetapi mendapat manfaat dari penggunaan Adwords.

Sekarang, bagaimana dengan SEO?

Meskipun adalah ide yang baik untuk memulai dengan AdWords karena lebih cepat, Anda juga harus mulai bekerja dengan SEO, pemasaran konten, dan media sosial untuk hasil terbaik. 3 alat ini adalah semua yang Anda butuhkan untuk kesuksesan pemasaran online jangka panjang.

Pemasaran konten akan membantu Anda membuat konten yang tepat. Penyedia jasa SEO dapat membantu Anda mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik. Disamping itu, jasa SEO kami selalu menyebarkan konten yang sudah di optimasi pada saluran media sosial untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Dengan SEO, website perusahaan Anda akan sering muncul di hasil pencarian google halaman pertama. Hal tersebut sama saja dengan anda bayar iklan adwords. Bedanya, Anda dapat mulai mengalihkan belanja iklan di saluran digital lainnya jika sudah banyak kata kunci yang berhasil menempatkan website anda di halaman pertama hasil pencarian google.

Perlu kita ingat, saluran pemasaran digital tidak bisa terpaku hanya pada Google, baik Adwords maupun SEO. Masih banyak saluran pemasaran digital lainnya seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, e-Mail marketing dan sebagainya.

Oleh karena itu, jasa SEO memungkinkan untuk menurunkan biaya Iklan Adwords secara jangka panjang. Dengan demikian, anggaran iklan dapat mulai anda alihkan di saluran digital lainnya dan bisnis anda semakin dikenal luas oleh banyak orang.

Tentunya, persaingan bisnis sekarang ini juga telah bergerak di seputar digital marketing. Upaya ini memerlukan strategi, teknik, dan konsistensi tinggi untuk dapat memenangkan “pertempuran” dan semakin “membumikan” brand atau bisnis Anda.

Haruskah bisnis Anda menggunakan AdWords dan SEO pada saat yang bersamaan?

Beberapa orang berpendapat bahwa ketika Anda mendapatkan lalu lintas SEO, Anda tidak perlu menggunakan adwords tetapi ini adalah pendekatan yang salah. Sebaliknya, sebagian pemula berpendapat bahwa jika sudah pakai adwords tidak perlu lagi menghubugi layanan jasa SEO.

Bahkan jika Anda memiliki peringkat yang baik, Anda masih dapat menggunakan AdWords dan mendapatkan lebih banyak eksposur untuk kata kunci yang sama yang Anda dapatkan dengan lalu lintas SEO.

Anda dapat mengukur kinerja kampanye AdWords Anda dan jika mereka menguntungkan, Anda bahkan dapat meningkatkan anggaran Anda untuk ROI yang lebih tinggi. Silahkan baca tentang cara mengukur ROI Digital Marketing yang sangat penting untuk diketahui oleh pemilik usaha dan pimpinan perusahaan.

Berdasar pengalaman kami dalam melakukan jasa SEO untuk mendapatkan konversi, SEO dan Adwords harus dijalankan bersama. Setelah website teroptimasi, untuk “menghangatkan” perfroma di mesin pencari kami juga mengiklankan halaman website tersebut baik via Adwords ataupun iklan di sosial media.

Ini kami lakukan dalam memberikan jasa SEO, dengan pertimbangan bahwa:

Seluruh mesin pencari mempertimbangkan popularitas. Artinya penampakan halaman web, jumlah klik, dan asal pengunjung turut diperhitungkan dalam indeksasi mesin pencari.

Sekarang ini sebetulnya sudah cukup cepat untuk menempatkan website di hasil pencarian halaman pertama google, sepanjang optimasi dilakukan sesuai praktik terbaik. Akan tetapi diluar sana banyak pihak lain yang melakukan hal yang sama. Disinilah peran iklan adwords dapat memperkuat posisi halaman website kita di hasil pencarian halaman pertama google.

Google selalu memperhatikan kualitas content. Selain faktor teknis, mesin pencari google juga melihat popularitas untuk menentukan kualitas.

Dan perlu di ingat, dalam hal SEO, kita memerlukan minimal ratusan keyword untuk berada di halaman pertama google agar lebih efektif. Sedangkan dengan adwords, kita perlu membayar setiap keyword tersebut agar ada yang mengunjungi website kita. Dan ini artinya, Adwords untuk keperluan jangka pendek, sedangkan SEO untuk keperluan jangka panjang.

Jadi, mana yang paling baik digunakan untuk pemasaran, Jasa SEO, atau AdWords?

Jawabannya mudah, keduanya. Gunakan AdWords untuk mulai mendapatkan lalu lintas dan bekerja paralel pada SEO Anda, rencana pemasaran konten dan kampanye media sosial sehingga Anda mendapatkan lalu lintas dan kunjungan organik dari jejaring sosial.

Kesimpulan

Adwords dan SEO bukan pesaing tetapi mereka adalah dua alat canggih yang tersedia di gudang pemasaran digital Anda.

Anda dapat menggunakan adwords ketika Anda ingin traffic cepat tetapi Anda perlu SEO untuk sukses online jangka panjang dan berkelanjutan. Terkadang, anda harus mendominasi hasil pencarian di halaman pertama google jika anda menemukan kata kunci yang potensial untuk menguji efektivitas kata kunci tersebut.

Jasa SEO dan Manajemen Iklan Adwords

Kami memberikan solusi Search Engine Marketing lengkap dan terintegrasi, sesuai praktik terbaik dan pengalaman terbukti dalam mengantarkan client mendapatkan ROI yang memuaskan.

Pin It on Pinterest

Share This