0 888 1 6262 52
Mari kita hadapi kenyataan, mengembangkan strategi SEO saat ini tidaklah mudah. Dengan antarmuka pencarian yang terus berkembang, update algoritma Penguin real-time, dan juga Panda sekarang diperkenalkan sebagai bagian dari algoritma.  Intinya – Google berubah dengan cepat. Sistem kecerdasan buatan mengguncang segalanya. Disini kami akan membahas beberapa kemungkinan tren SEO yang sangat penting untuk diperhatikan oleh para praktisi.

Pentingnya Untuk Terus Mengikuti Tren SEO

Bisnis yang tidak up-to-date dengan SEO hampir bisa kehilangan peringkat di pencarian Google dalam sekejap. Ini jika mereka gagal untuk tetap berada di puncak tren SEO terbaru. Banyak uang sia-sia karena Anda kehilangan visibilitas, dan banyak potensi yang belum tergali jika Anda belum memiliki peringkat di tempat pertama.

Untuk memastikan Anda meraih dan mempertahankan peringkat Google yang tinggi, beberapa kemungkinan tren SEO yang menonjol sangat perlu diperhatikan.

Tautan balik masih merupakan 1 dari 2 besar faktor peringkat Google. Itu banyak dibahas di tempat lain. Namun disini hal tersebut belum dimasukkan sebagai tren baru. Bangunan link modern harus selalu menjadi prioritas!

Kunci untuk memudahkan dan mendapatkan peringkat di pencarian Google adalah dengan menciptakan konten percakapan yang dipikirkan dan dipetik dengan kata kunci semantik dan berhubungan. Pengalaman pengguna yang luar biasa harus menjadi prioritas utama.

Tren SEO Terpenting di Tahun 2018

Digital marketing merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari transformasi digital secara keseluruhan. Demikian para peneliti ternama seperti Forrester, algoritma mesin pencari merupakan salah satu tren yang perlu diperhatikan di tahun 2018 dalam area transformasi digital.

Berdasar beberapa laporan penelitian, semakin banyak pengunjung ke website anda maka akan semakin banyak hasil atau konversi yang di dapat. Namun, ini tidak bisa dengan cara “mengakali” mesin pencari lagi, cara tersebut sudah punah dan lama di tinggalkan.

Optimasi website untuk kemudahan mesin pencari memiliki kurang lebih 200 faktor. Disinilah mengapa SEO merupakan suatu bidang yang memerlukan konsistensi untuk terus update terhadap perkembangan. Pada tabel periodik SEO disebelah anda dapat temukan 200 faktor kesuksesan SEO.

200 faktor SEO
Tren SEO di tahun 2018 masih berdasar pada 200 faktor tersebut, namun tren SEO yang akan kami bahas disini adalah yang paling menonjol dan patut untuk kita antisipasi. Berikut tren SEO yang patut di antisipasi di tahun 2018, selamat menyimak.

 Kecerdasan Buatan Dengan Cepat Mengubah Lansekap SEO

RankBrain adalah nama Google untuk algoritme kecerdasan buatan mesin inovatif yang digunakan untuk membantu memproses hasil pencarian. Ini telah secara resmi dinobatkan sebagai faktor peringkat ketiga yang paling penting di Google.

Apa itu Algoritma Rank Brain Google ? 

RankBrain adalah algoritma yang mempelajari sistem kecerdasan buatan, yang penggunaannya telah dikonfirmasi oleh Google pada tanggal 26 Oktober 2015. Ini membantu Google untuk memproses hasil pencarian dan memberikan hasil pencarian yang lebih relevan bagi pengguna.

Dalam sebuah wawancara tahun 2015, Google berkomentar bahwa RankBrain adalah faktor terpenting ketiga dalam algoritma peringkat bersama dengan tautan dan konten. Pada tahun 2015, “RankBrain digunakan kurang dari 15% kueri.

Algoritma ini menggunakan pembelajaran mesin yang dapat mengajar dirinya sendiri dan memperbaiki tanpa masukan manusia. Ya, ini merupakan AI (Artificial Intelligent) seperti yang kita kenal.

Ingatlah untuk:

  • Meneliti topik sebelum membuat konten secara menyeluruh agar dapat memenuhi ‘poin rasa sakit’ (titik masalah utama) pada target segment Anda.
  • Terapkan strategi kata kunci semantik.
  • Menghasilkan konten yang berkualitas / bermanfaat.
  • Bagikan konten di semua media sosial dan blog.
  • Pastikan situs web Anda mudah dinavigasi dan dapat diakses dengan cepat, terutama di negara yang menjadi target anda.

Accelerated Mobile Pages (AMP) sangat diperlukan

Pengguna mobile internet di Indonesia semakin mendominasi, AMP dapat mempercepat Google dalam menambang isi konten di website Anda.

Menurut penelitian, hingga 60 persen pencarian Google sekarang datang via ponsel. Kita tidak lagi mampu mengabaikan pengguna ponsel.

Accelerated Mobile Pages cepat memuat dan meminta satu set kriteria teknis yang harus diikuti oleh situs web untuk meningkatkan kecepatan. Memang, AMP belum merupakan faktor peringkat … tapi masuk akal untuk diimplementasikan, karena berbagai alasan.

Google telah mengungkapkan bahwa kecepatan dan kegunaan seluler adalah metrik pengindeksan utama dan ini hanya akan semakin umum karena lebih banyak orang menggunakan perangkat seluler untuk penelusuran.

Tidak hanya itu; penelitian menunjukkan situs yang lambat akan memiliki tingkat pentalan (bounce rate) yang tinggi. Hingga 40 persen pengunjung akan pergi jika sebuah situs tidak dimuat setelah 10 detik. Namun, menurut sebuah survey, hanya 23 persen yang menerapkan AMP!

Mengembangkan AMP adalah kesempatan besar untuk maju dari persaingan Anda.

  • Kirimkan dokumen briefing ini ke tim pengembang Anda hari ini.
  • Validasi AMP di Google Search Console (Tampilan Penelusuran> Halaman Seluler yang Dipercepat).
  • Aktifkan pelacakan AMP di Google Analytics.

Ambillah keuntungan dan menjadi pengadopsi awal salah satu tren SEO google ini.

Rich Snippets Meningkatkan SERP (Popularitas di hasil pencarian)

Google memiliki 10 hasil pencarian di setiap halaman. Grafik Pengetahuan dan Cuplikan Kaya (Rich Snippet) telah mengisi SERP dengan konten menarik yang mencakup citra, ulasan bintang, poin peluru dan elemen gaya akordeon (untuk beberapa nama) yang dapat diklik dan diperluas.

Jenis hasil ini dapat dicapai dengan menerapkan markup data terstruktur di situs Anda. Data Terstruktur sering disebut sebagai Schema atau Microdata, walaupun Cuplikan Kaya dan Skema sebenarnya memiliki arti yang berbeda.

Jumlah hasil pencarian yang menunjukkan cuplikan kaya telah berlipat ganda dalam dua tahun terakhir, dan sepertinya tidak akan melambat dalam waktu dekat. Oleh karena itu, Rich Snippet tetap berpeluang memimpin tren SEO di tahun 2018.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan peningkatan CTR (Click Trough Rate) yang solid setelah menerapkan Skema untuk Cuplikan Kaya.

CTR adalah perbandingan antara jumlah keterlihatan dengan jumlah click. Semakin besar CTR akan menunjukkan konten anda semakin berkualitas dan menarik minat orang di hasil pencarian.

Tidak hanya itu, saat Anda menerapkan Data Terstruktur, Anda membantu Google memahami makna dan konteks konten Anda yang lebih dalam sehingga lebih baik mengakomodasi kueri penelusuran yang relevan. Anda dapat menerapkan Skema tersebut pada Google Webmaster Tools.

Tandai situs Anda sebanyak mungkin dan tetap perhatikan perkembangannya, termasuk definisi baru. Anda dapat secara teknis menggambarkan beragam atribut ke Google.

Algoritma Pencarian Suara Menciptakan Peluang

Perangkat lunak pengenalan suara seperti Siri, Cortana, Google Voice, dan Amazon Echo menjadi lebih canggih. Lebih banyak dari kita akan mulai menggunakan pencarian suara untuk mencari informasi. Pencarian suara akan menjadi tren SEO terbaru di tahun 2018.

Tingkat kesalahan pengenalan ucapan mengalami penurunan dari 25 persen menjadi 8 persen. Penggunaan penelusuran suara meningkat tujuh kali lipat sejak 2010.

Tak perlu diragukan lagi: Pencarian suara terus meningkat, terutama di kalangan milenium.

Dipasangkan dengan RankBrain, sisi yang paling menarik dari tren SEO ini adalah Google akan mulai menampilkan hasil berdasarkan pada maksud pengguna daripada nilai nominal kata-kata yang masuk ke bilah penelusuran. Itu berarti optimasi kata kunci akan menjadi lebih banyak percakapan pada tahun 2018.

Bagaimana Anda bisa memanfaatkan tren SEO ini?
  • Prioritaskan kata kunci ekor panjang (karena orang cenderung berbicara dengan pertanyaan pencarian yang panjang daripada tipe satu).
  • Gunakan Structured Data untuk memberikan konteks tambahan.
  • Buat FAQ yang menjawab siapa, apa, kapan, di mana, dan mengapa pertanyaan.
  • Terapkan video sebagai bagian dari strategi SEO Anda.
  • Ajukan pertanyaan percakapan yang menggunakan penelusuran terkait Google dan saran dalam fitur autosuggest-nya.
  • Dengarkan media sosial dan benar-benar meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda untuk mempelajari apa yang mereka cari secara aktif.

HTTPS Harus Dipertimbangkan (dan Dikerahkan Secara Sistematis)

Kepercayaan merupakan hal penting dalam dunia online. Orang suka merasa aman saat mengunjungi situs yang banyak indikasi visual mendorong perasaan keamanan. Salah satu indikasi visual yang baik yang umumnya dianggap aman untuk dikunjungi adalah gembok hijau di URL bar.

Google mengenali ini dan memberikan prioritas pada situs web yang menerapkan SSL atau enkripsi TLS yang lebih baru (alias situs HTTPS).

Peramban web terpopuler di dunia (Google Chrome) akan mulai melabeli situs non-HTTP yang mentransmisikan kata sandi dan / atau meminta rincian kartu kredit sebagai “Tidak Aman”.

Tanda-tanda dari Google semuanya ada dan jangan sampai diabaikan. Seiring fokus konstan pada kepercayaan meningkat, HTTPS diharapkan menjadi semakin penting.

Ingat:

  • Teliti secara menyeluruh pengalihan keseluruhan situs Anda dari HTTP ke HTTPS – ini bisa menjadi proses yang sangat kompleks dengan banyak jebakan.
  • Terapkan pelacakan UTM Google untuk kampanye pemasaran dan data rujukan masuk yang akurat.
  • Pertahankan data rujukan keluar menggunakan meta referrer tag di HTML situs Anda.

Artikel Berkualitas Akan Lebih Berperan

Baru-baru ini, posting blog telah menjadi tren untuk mencapai lebih banyak hasil pencarian organik. Ditemukan bahwa mayoritas artikel yang bertengger di 10 besar hasil pencarian Google adalah yang memiliki 2.000 kata atau lebih.

Tapi meski konten dalam bentuk panjang terus berkinerja baik, ada pertimbangan yang perlu diperhatikan:

Orang menginginkan lebih banyak nilai per kata dan indeks seluler Google yang baru secara alami lebih menyukai laman yang dapat memuat dengan cepat.

Rentang perhatian kita menjadi lebih pendek dan Google bergeser untuk mengakomodasi. Banyak orang bosan membaca artikel berisi 2.000 kata. Di era informasi, kita ingin artikel terorganisasi dengan baik dan langsung ke intinya. Namun, masih ada ruang untuk konten panjang – jika benar-benar memiliki manfaat.

Kita akan mulai melihat konten bentuk yang lebih pendek dengan lebih banyak “kerapatan”; artinya lebih banyak informasi dengan kata-kata yang lebih sedikit.

Untuk memanfaatkan tren SEO ini, kita bisa membuat konten lebih pada dan rapih. Seperti pada artikel in, yang terdiri lebih dari 2000 kata, degan tabbed content kita bisa membuat halaman ini menjadi lebih ringkas. Selain itu, Anda juga bisa bereksperimen dengan memuat infografis dan podcast (konten berbentuk audio), sehingga dapat lebih memberikan peningkatan pengalaman pengguna, terutama pengguna ponsel seluler yang sering bermacet ria di jalan raya.

Selalu pertimbangkan kecenderungan Google untuk menentukan peringkat halaman yang cepat. Jangan takut untuk memangkas posting 3.000 kata menjadi 2.000 atau kurang dan menghapus gambar atau elemen mewah – selama itu mengurangi kualitas konten anda.

Personal Branding Diperlukan Sekarang Lebih dari Sebelumnya

Personal branding menyoroti orang sungguhan sebagai wajah perusahaan Anda. Jika Anda ingin mengalahkan algoritma Google – personal branding adalah cara melakukannya.

Berapa banyak orang di industri Anda yang memiliki nama Anda? Dan jika Anda membuatnya besar, siapa yang akan muncul dalam pencarian Google?. Kira-kira seperti itulah gambaran personal branding dalam wilayah SEO.

Apa yang menjadi sebab adalah, orang ingin berbisnis dengan orang, bukan korporasi! Semuanya akan kembali pada tingkat kepercayaan.

Personal branding sangat kuat dan berperan penting dalam mengamankan posting tamu, menyebutkan merek, tautan, webinar, podcast, kemitraan, dan, tentu saja, pelanggan. Saya bisa 100 persen mengonfirmasikannya dari pengalaman.

Selain itu, platform media sosial seperti Facebook terus menyempurnakan algoritma mereka untuk menyukai tulisan profil di atas posting halaman, yang berarti lebih sedikit visibilitas untuk pembaruan sosial yang berasal dari akun merek.

Solusinya?

Pilihlah CEO Anda (atau beberapa karyawan yang bersedia menjadi wajah perusahaan Anda untuk terus mendorong diri mereka dengan keras melalui pos blog, media sosial, dan di saluran digital yang lain.

Orang-orang ini harus membangun banyak hubungan industrial dan mendedikasikan waktunya untuk menciptakan kehadiran yang kuat di mana mereka dipandang sebagai pemimpin pemikiran. Begitu mereka menjadi semakin dikenal dan dicari – begitu pula merek Anda.

Ini adalah no-brainer – personal branding harus menjadi salah satu strategi SEO teratas Anda untuk tahun 2018.

Manfaatkan Kekuatan Bing untuk Konversi

Untuk waktu yang lama, merek telah mengabaikan Bing (dan mesin pencari lainnya) karena Google memegang sebagian besar lalu lintas pencarian.

Nah, saat ini berubah – Bing sekarang menyumbang 21 persen dari semua lalu lintas mesin pencari. Dan yang menarik, 25 persen dari semua lalu lintas pencarian Bing didorong oleh suara. Bahkan Yahoo! naik peringkat dengan pangsa 12 persen dari lalu lintas pencarian.

Ini cukup sederhana, berita seru untuk semua. Cengkeraman Google yang ketat pada industri pencarian berarti kegagalan bagi banyak bisnis yang tidak dapat mempertahankan peringkat SEO website perusahaan mereka.

Bing jauh lebih mudah untuk dioptimalkan, sehingga dapat menjadi alternative untuk Anda yang menemui kesulitan di Google. Sama seperti Google dimasa lampau yang lebih condong ke analisis metrik tradisional, termasuk:

  • Teks jangkar inbound
  • Rasio klik-tayang (RKT)
  • Keterlibatan pengunjung
  • Kata kunci dalam domain
  • Kepadatan konten dan kata kunci
  • Struktur dan kode situs

Selain itu, Bing lebih “jujur” tentang pengaruh pembagian media sosial untuk peringkat daripada Google – karena itu mulailah mendapatkan penyebaran sosial tersebut dalam hubungannya dengan merek pribadi Anda!

Masih butuh alasan lain untuk fokus pada Bing?

Para ahli telah menemukan bahwa situs web yang dioptimalkan dengan baik memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi saat dikunjungi melalui Bing atau Yahoo!. daripada di Google

Mulailah hari ini, buatlah sebuah akun di Bing Webmaster Tools yang juga mengakomodasi data Yahoo!. Anda tidak dapat mengabaikan gabungan keseluruhan volume pencarian.

Gabungkan Semuanya!

Baik Anda sebagai pakar pengoptimalan mesin pencari atau yang bertanggung jawab atas keseluruhan strategi digital, mengetahui tren SEO teratas untuk tahun 2018 sangat penting untuk peningkatan dan pemeliharaan peringkat Google bagi merek Anda di saat ini dan di masa mendatang.

Seperti yang disebutkan di awal, semuanya bermuara pada pembuatan konten berkualitas yang berisi kata kunci semantik dan berhubungan dengan penyajian percakapan yang tidak terlalu formal. Ya, gunakan ‘bahasa’ Anda sendiri, apalagi jika target Anda adalah generasi millenials dan gen Z.

Situs web Anda juga harus memberikan pengalaman pengguna yang sama luar biasa. Perkaya konten anda dengan layout yang dapat memperingkas panjang halaman, memuat grafis, video dan tentunya sebuah tombol Call to Action.

Catatan: Hindari penempatan pop-up secara sembarangan. Hal ini akan berdampak negatif pada peringkat Google di tahun 2018.

Dengarkan pemirsa Anda untuk menemukan poin rasa sakit dan pertanyaan yang mungkin mereka hadapi. Kemudian, fokuslah untuk memberikan jawaban yang membantu melalui konten di website Anda. Dan kemudian, sebarkan kembali jawaban atas permasalahan mereka melalui seluruh saluran sosial media Anda.

Pada akhirnya, seperti biasa, yang paling penting adalah memberikan nilai bagi pengunjung Anda. Nilai menghasilkan perhatian, kepercayaan, penyebaran sosial, tautan balik, dan akhirnya peringkat teratas Google.

Ingatlah:
  • Tautan balik, konten, dan RankBrain adalah tiga sinyal peringkat teratas Google.
  • Sebarluaskan konten Anda, dengan memanfaatkan personal branding Anda.
  • Pastikan situs Anda secara teknis sehat dalam hal Structured Data, AMP, dan SSL / TLS.
  • Jangan menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang – optimalkan untuk Bing dan Yahoo!.

Salah satu tujuan utama RankBrain adalah menyaring apa yang dianggap hasil penelusuran relevan saat pengguna memasukkan kueri yang tidak pernah dilihat sebelumnya atau yang tidak biasa (dan belajar dari tindakan konsekuen pengguna) – sesuatu yang Google telah temukan sulit untuk ditafsirkan di masa lalu.

Jasa Manajemen Website

Kami memberikan jasa manajemen website, termasuk untuk optimasi di search engine (SEO). Didukung oleh personal yang telah berpengalaman lebih dari 15 tahun dan tetap update. Percayakan urusan SEO dan digital marketing Anda bersama kami.

Tidak hanya itu, terus-meneruslah mempelajari cara terbaik untuk melayani pengunjung dengan hasil yang paling relevan, berwibawa, dan dapat dipercaya – minus pembaruan perubahan algoritma yang telah diterima di masa lalu.

Penerapan SEO di Google akan semakin sulit, namun Anda lebih baik memusatkan perhatian pada penerbitan konten yang benar-benar bagus. Sesuaikan konten tersebut untuk target pemirsa anda, dan distribusikan konten tersebut ke seluruh saluran sosial media. Ini dapat memberi nilai unggul, oleh karena itu Anda harus memproduksi konten berkualitas sebanyak mungkin di tahun 2018. Kami mendukung pembuatan konten yang mengacu pada strategi inbound untuk mendapatkan konversi bagi bisnis Anda!.

Ini sudah terjadi sekarang dan kita semua telah melatihnya, tapi RankBrain benar-benar melanjutkan “zaman keemasan” dan seni gelap SEO di Google benar-benar telah mati.

Search Engine Optimization di Google berkembang lebih cepat dari sebelumnya dan Anda harus menggeser strategi SEO Anda untuk mengakomodasi kecerdasan mesin yang mencari integritas.

Pin It on Pinterest

Share This