0 888 1 6262 52

Seperti yang telah kita ketahui, di era digital sekarang ini telah terjadi pergeseran cara orang mendapatkan informasi. Dari iklan di Yellow Pages, Iklan di Koran dan Iklan di TV ke iklan di saluran digital. Pemasaran konten merupakan salah satu teknik dari strategi digital marketing yang sering disebut sebagai “Inbound Marketing”.

Mengapa Pemasaran Konten Menjadi Sebuah Investasi?

Konten website masih menjadi “Raja” dalam pemasaran digital, terutama pada Search Engine Marketing. Dengan memiliki konten berkualitas yang selalu update secara konsisten, website dapat lebih mendominasi hasil pencarian di search engine.

Pada praktiknya, pemasaran konten memerlukan kolaborasi. Sebagai cara yang efektif dalam membuat sebuah konten yang berkualitas akan memerlukan bagian marketing, teknis dan lainnya. The Content Marketing Institute melaporkan bahwa hampir dua pertiga pemasar paling efektif bertemu dengan tim konten mereka secara teratur. Membangun strategi yang mencakup lebih banyak keahlian dan pengalaman dari dalam organisasi Anda dapat membantu hal ini.

Selain itu, pemasaran konten sangat berguna dalam memberikan dorongan kepercayaan dan keyakinan dalam proses pengambilan keputusan. Terutama untuk perusahaan B2B yang memiliki target pemirsa website yang umumnya terdiri dari para profesional.

Dengan content marketing yang baik, perusahaan anda dapat menarik minat dan akhirnya mendapatkan prospek atau “leads” yang berkualitas. 

Tips dan Manfaat Berinvestasi Pada Content Marketing

Ide kreatif terbaik dapat datang dari siapa saja dari departemen penelitian dan pengembangan Anda ke perwakilan layanan pelanggan. Menampilkan staf Anda dalam konten, seperti wawancara video dengan CEO Anda, dapat membantu membangun hubungan pelanggan dengan perusahaan anda. Memberdayakan karyawan dengan alat untuk membagikan konten Anda melalui praktik terbaik “Advokasi Karyawan” dapat membantu memperluas jangkauan content.

Pertimbangkan manfaat ini untuk membuat pemasaran konten menjadi investasi di perusahaan.

Salah satu cara utama bisnis yang sukses di pemasaran konten adalah ide yang bagus melalui brainstorming. Melibatkan tim di luar pemasaran dalam proses brainstorming untuk konten adalah penting karena:

  • Mereka berbicara dengan pelanggan yang tidak dapat diakses oleh tim pemasaran Anda.

    Kebutuhan, keluhan, dan prioritas pelanggan Anda dapat diungkapkan oleh karyawan seperti staf penjualan, perwakilan layanan pelanggan, pengunjung pameran dagang, dan lainnya. Karyawan di lapangan mungkin memiliki wawasan yang tidak dimiliki tim pemasaran Anda.

  • Pemasaran konten yang sukses membantu karyawan melakukan pekerjaannya dengan lebih baik.

    Anda dapat menggunakan pemasaran konten untuk secara proaktif menjawab pertanyaan pelanggan sering atau memberikan informasi bermanfaat yang meningkatkan prospek atau penjualan. Tim dapat memiliki ide untuk potongan konten bintang yang dapat dibagikan dan yang meningkatkan operasi bisnis.

  • Mereka mungkin memiliki ide yang terinspirasi dari pesaing.

    Karyawan lain yang melakukan riset pesaing atau membaca berita tentang industri mungkin dapat membagikan apa yang berhasil untuk kompetisi dan mengidentifikasi kesenjangan tempat pemasaran konten Anda dapat bersinar.

Permudah tim lain untuk berkontribusi pada ide pemasaran konten yang ditargetkan dengan menyediakan:

  • Contoh konten yang menangkap suara ideal Anda
  • Kata kunci yang ingin Anda fokuskan
  • Kepribadian pelanggan yang ingin Anda targetkan

Aplikasi komunikasi karyawan seperti red booth memungkinkan anggota tim lain untuk menambahkan ide segera setelah mereka terinspirasi. Akses ke pusat konten internal juga dapat meningkatkan pengetahuan karyawan, yang dapat menghasilkan lebih banyak inspirasi konten.

Setiap orang di perusahaan Anda adalah ahli dalam topik yang berhubungan dengan operasi bisnis Anda. Alih-alih meminta tim konten Anda untuk meneliti, menulis dan mengedit konten di area yang mungkin tidak mereka kenal, menggunakan karyawan sebagai sumber atau bahkan sebagai pembuat konten dapat membantu meningkatkan kualitas konten dan efisiensi yang dihasilkannya. Ini merupakan faktor paling signifikan untuk meningkatkan kesuksesan dengan pemasaran konten.

Beberapa cara untuk melibatkan lebih banyak anggota tim untuk membuat konten berkualitas tinggi:

  • Buat posting tamu bagian dari kalender konten Anda.

    Dapatkan persetujuan manajer untuk membuat postingan tamu dari berbagai departemen berupa konten reguler, dan unggah dokumen ke google drive untuk meningkatkan transparansi.

    Dengan merencanakan konten terlebih dahulu dan memperbarui kalender dengan apa yang telah diterbitkan, departemen lain dapat mengklaim ide yang akan mereka hasilkan dan mulai mengerjakan konten sebelumnya.

    Manajer dapat menetapkan tugas konten kepada karyawan yang tertarik dan lebih mampu menghasilkan konten. Karyawan dapat menambahkan konten yang mereka buat ke profil LinkedIn mereka dan berbagi di seluruh jejaring sosial mereka.

  • Mintalah tim konten Anda mewawancarai karyawan atau orang lain menulis konten mereka.

    Untuk departemen atau karyawan yang kekurangan waktu atau yang tidak suka menulis atau membuat, mintalah tim konten Anda untuk bertemu dengan mereka guna mendapatkan ide atau membuat konten atas nama mereka.Wawancara karyawan dapat digunakan untuk menambahkan kutipan dan kredibilitas ke konten, atau wawancara video atau audio dapat menjadi konten itu sendiri melalui podcast atau format unggah video.Wawancara biasa dengan staf dapat berubah menjadi ide baru untuk tim konten Anda yang dapat digunakan di konten berikutnya.

  • Langsung libatkan para CEO dan pimpinan kunci.

    CEO dan kepemimpinan senior dipandang sebagai sumber yang lebih dapat dipercaya, menurut Environics Communications CanTrust Index.

    Karyawan dalam posisi ini juga merupakan orang-orang yang dipandang sebagai sumber kredibel untuk wartawan dan blogger yang tertarik meliput berita dalam industri Anda atau yang ingin mengutip perusahaan Anda dalam sebuah artikel.

    Mewawancarai C-Suite (CEO, CIO, CTO, COO, dan sebagainya) dapat menghasilkan sebuah konten yang sangat berkualitas. Semakin Anda dapat melibatkan pimpinan teratas di perusahaan dalam pemasaran konten, semakin kredibilitas konten dapat membangun kepercayaan dengan para pemirsa.

Karena karyawan Anda semakin terlibat dengan proses pembuatan, mereka juga akan lebih mungkin membagikan konten mereka sendiri dengan jaringan mereka. Ini membantu Anda mencapai sasaran pemasaran konten Anda, termasuk peningkatan tampilan halaman, hasil pencarian yang lebih tinggi dan lebih banyak prospek dan penjualan.

Pemasaran konten harus menjadi komponen kunci dalam program Advokasi Karyawan Anda, yang pada gilirannya menciptakan keterlibatan karyawan yang lebih tinggi. Ketika karyawan Anda bangga dalam membantu membangun program pemasaran konten dengan ide mereka yang sebenarnya, kesetiaan mereka untuk bisnis akan meningkat, dan begitu juga retensi.

Bandingkan jangkauan jaringan sosial perusahaan Anda dengan jangkauan semua jaringan sosial profesional karyawan Anda, termasuk LinkedIn, Twitter, dan jaringan berbasis diskusi seperti Reddit.

Penyebaran merek memiliki jangkauan lebih dari 500 persen ketika karyawan membagikannya, jika dibandingkan dengan pesan yang dibagikan oleh saluran bisnis resmi Anda, menurut Content Marketing Institute.

Gunakan ide-ide ini untuk mendorong lebih banyak pembagian oleh karyawan Anda:

  • Berikan kemudahan untuk membagikan konten di website anda

    Alat seperti Monarch memungkinkan kemudahan dalam membagikan konten anda ke beberapa platform sosial media. Jika ada hambatan bagi karyawan dalam menyebarkan konten perusahaan anda, anda dapat melakukan otomatisasi pada akun sosial media mereka. Saat ada konten terbaru, akun sosial media para karyawan secara serentak menyebarkan konten tersebut.

  • Ajarkan dasar-dasar media sosial

    Karyawan Anda mungkin tidak membagikan konten karena mereka tidak yakin tentang cara mengirimkannya secara efektif. Sembari makan siang anda dapat memberikan edukasi kiat-kiat dasar untuk berbagi di media sosial. Untuk yang tidak hadir, anda dapat mengunggah presentasi yang dapat mereka akses kapan saja.Buat buku pegangan media sosial. Ketika Anda membuat dan memperbarui panduan untuk sosial untuk tim pemasaran Anda, kompilasi mereka dalam buku panduan yang juga dapat diakses oleh karyawan yang ingin bergabung dalam berbagi kesenangan.

  • Beri imbalan kepada karyawan yang berbagi dengan memberikan pengakuan

    Departemen pemasaran Anda dapat menciptakan sorotan karyawan digital yang memberikan rasa syukur untuk bagian bintang, atau membagikan penghargaan di rapat tim. Seperti yang kita ketahui dalam manajemen personalia, pengakuan adalah kunci untuk mendorong kinerja karyawan. Pastikan untuk memainkan kekuatan karyawan dalam proses ideasi, kreasi, dan berbagi dalam upaya pemasaran konten.

  • Buat Loop Umpan Balik untuk Terus Meningkatkan Kualitas Konten.

    Semakin banyak karyawan yang bergabung dalam upaya pemasaran konten perusahaan Anda, pastikan untuk selalu meminta umpan balik sehingga Anda dapat mengoptimalkan waktu dan pekerjaan departemen di pemasaran Anda. Tanyakan bagaimana Anda dapat mempermudah mereka untuk berkontribusi dan berbagi, dan terbuka untuk komentar tentang pekerjaan pemasaran konten Anda.Seperti halnya Anda menghargai apa yang pelanggan Anda katakan tentang pemasaran konten Anda, menghormati para ahli materi dalam perusahaan Anda sendiri dapat membantu menyaring upaya pemasaran konten Anda.

Pada dasarnya, website dan seluruh isi konten di dalamnya merupakan aset perusahaan. Dalam hal ini, sering bagian akunting melewatkan penilaian terhadap perkembangan ini. Selama ini, seluruh biaya dari pembuatan website, hosting, domain dan lainnya dimasukkan dalam kategori biaya.

Prinsip dari biaya adalah penerimaan manfaat yang habis pada jangka pendek. Sedangkan website dan dan isi konten di dalamnya dapat terus ada selama perusahaan masih memperpanjang layanan tersebut.

Kami dapat membantu perusahaan anda untuk membuat strategi pemasaran konten dengan melibatkan para karyawan anda tanpa harus terlalu menuntut waktu dan usaha mereka. Dapatkan konten premium berkualitas dengan tampilan yang menarik, mudah dibaca, tertarget, dan SEO friendly.

Content Marketing Services

Pin It on Pinterest

Share This