Anda mengharapkan tampilan yang wah pada sosial media dan youtube, namun Anda tidak bisa menjawab dengan baik ketika CEO Anda menanyakan pengukuran kinerja dan dampak pada bisnis. Ini bisa jadi karena kesalahpahaman dengan menganggap creative agency sebagai konsultan digital marketing Anda.

Pemasaran digital adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan berbagai bentuk pemasaran yang dilakukan secara online.

Ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada, Desain dan Pengembangan Web, optimisasi mesin pencari (juga dikenal sebagai SEO), dan Media Berbayar seperti Google Adwords, iklan Facebook / Instagram, dan iklan video (YouTube).

Untuk mencegah blunder yang terus berlanjut, Kami memandang perlu untuk menjelaskan definisi konsultan digital marketing dan bedanya dengan creative agency.

Definisi Konsultan Digital Marketing

Pemasaran digital mencakup semua upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet. Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

Apa yang dilakukan konsultan pemasaran digital adalah bekerja dengan bisnis – dari perusahaan startup hingga perusahaan besar – untuk menentukan cara terbaik untuk melibatkan klien yang sudah ada dan calon pelanggan.

Definisi dasar dari seorang konsultan digital marketing adalah seseorang profesional yang sangat terampil dengan pelatihan spesial dalam pemasaran online. Maksudnya, tahu bagaimana menargetkan konsumen dengan cara yang tepat untuk mencapai hasil yang dibutuhkan bisnis.

Ada kesalahpahaman umum dalam hal apa yang dilakukan konsultan pemasaran digital. Banyak orang menganggap bahwa mereka berurusan dengan konsultan digital marketing, padahal mereka berurusan dengan creative agency. Ini dapat mengakibatkan pemasaran di sosial media tidak berjalan dengan semestinya. Hasilnya, dengan konten grafis dan video yang mewah, namun minim dampaknya pada pertumbuhan bisnis.

Sangat penting bagi para pemilik bisnis untuk dapat memutuskan antara bermitra dengan konsultan digital marketing atau dengan agensi digital. Kenapa hal ini sangat penting? Jawabannya terletak pada perbedaan antara cara kerja agensi dan bagaimana konsultan digital beroperasi.

Apa peran konsultan pemasaran digital?

Jika Anda sudah memiliki ide untuk pemasaran Anda, maka Anda akan menghubungi agen periklanan atau creative agency untuk membuat ide-ide itu menjadi kenyataan.

Seorang konsultan pemasaran digital mempelajari model bisnis perusahaan Anda untuk mempertimbangkan potensi pasar yang ada. Kemudian mereka akan merumuskan strategi pemasaran yang harus berhasil untuk merek tersebut, yang memungkinkan untuk mencapai tujuan client digital marketing mereka.

Fokus konsultan pemasaran digital, itu tergantung pada bidang bisnis client dan kebutuhannya.

Berikut adalah beberapa tanggung jawab yang lebih khas yang dapat dilakukan oleh konsultan digital marketing:

  • Menemukan peluang baru bagi bisnis untuk terlibat dengan pelanggan yang sudah ada dan menarik calon pelanggan baru.
  • Melakukan evaluasi pemasaran yang ada, seperti media sosial, SEO, dan email marketing. Kemudian semua itu digunakan untuk menciptakan metode pemasaran yang lebih efektif.
  • Meningkatkan branding perusahaan sehingga beresonansi lebih baik dengan pelanggan dan calon pelanggan.
  • Meningkatkan keterlibatan dan komunikasi klien, alat yang hebat untuk ini adalah kampanye media sosial yang dapat melibatkan berbagai platform media sosial. (berbayar dan organik).
  • Mengkoordinasikan platform untuk konten, seperti halaman arahan blog dan situs web, menggunakan SEO untuk memastikan bahwa semua konten tampil di halaman pertama hasil pencarian Google dan mesin pencari lainnya.
  • Mengelola kampanye pemasaran yang dijalankan melalui email, media sosial, pemasaran seluler, dan pemasaran lokal.
  • Menggunakan analitik untuk memantau kinerja dan memastikan bahwa hasil optimal tercapai. Minimal, ini akan mencakup Google Analytics, dan konsol pencarian Google.

Peran konsultan pemasaran digital sebetulnya cukup beragam. Ini karena mereka menawarkan jasa dalam berbagai bidang pemasaran dan bisnis. Mereka menyarankan, merencanakan, dan meneliti, untuk memastikan bahwa bisnis memanfaatkan pemasaran online untuk menjangkau pelanggan / prospek terbaik mereka di platform yang tepat.

Perbedaan Antara Konsultan Digital Marketing dengan Agen Kreatif

Perbedaan terbesar antara konsultan digital dan agensi adalah strategi. Walaupun ada banyak kesamaan antara konsultan digital dan agensi, perbedaan utama adalah bahwa strategi dan rekomendasi strategis secara tradisional dikaitkan dengan konsultan digital sedangkan implementasi rekomendasi milik agensi.

Seorang konsultan digital marketing menyelidiki sementara sebuah agen mengeksekusi.

Untuk mempermudah pemahaman, berikut beberapa perbedaan mendasar antara konsultan digital marketing dan creative agency ataupun agen periklanan digital:

  • Konsultan melihat suatu kebutuhan sementara agensi mengisi suatu kebutuhan.
  • Perusahaan konsultan adalah tentang strategi, tentang pemikiran jangka panjang. Agensi adalah tentang apa yang perlu dilakukan hari ini.
  • Buku pelajaran mengatakan bahwa sebuah perusahaan konsultan sering disewa untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah. Sebuah agen disewa untuk mengimplementasikan brief atau rencana.

Perbedaan penting lainnya adalah bahwa konsultan digital bekerja dalam kerangka klien sementara agen bertindak atas nama klien mereka untuk melaksanakan rencana proyek.

Keahlian dasar untuk menjadi konsultan digital marketing

Seperti halnya dalam setiap peran, untuk menjadi sukses, ada hal-hal tertentu yang harus dimiliki oleh konsultan pemasaran digital. Menjadi konsultan pemasaran digital berarti memahami bagaimana internet adalah alat pemasaran yang penting dan bagaimana menggunakannya secara efektif untuk memasarkan merek.

Selain itu, konsultan digital marketing harus memahami pola perilaku konsumen dari waktu ke waktu. Konsumen online berbeda dengan konsumen offline, pemahaman ini sangat penting untuk merumuskan strategi digital marketing terbaik untuk setiap bisnis client.

Ini tentang mengetahui bagaimana setiap platform media sosial dan saluran digital terhubung satu sama lain dan bagaimana dapat digunakan untuk memasarkan bisnis secara efektif. Dengan mengingat hal itu, pertanyaannya tetap ada – keterampilan khusus apa yang dibutuhkan seorang konsultan digital marketing?.

Bagian penting dari menjadi konsultan pemasaran digital adalah dapat menganalisis data dan menggunakan analitik untuk menentukan seberapa baik pemasaran perusahaan berjalan dan membuat rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti.

Penting juga bagi konsultan pemasaran digital untuk fokus pada tujuan. Ini berarti mengetahui tidak hanya bagaimana menetapkan tujuan yang dapat dicapai, tetapi juga bagaimana mengukur keberhasilan dengan sukses dalam mencapai tujuan yang realistis.

Jika konsultan pemasaran menetapkan tujuan yang tidak realistis, mereka tidak akan dapat mencapainya, yang akan membuat klien mereka tidak puas dengan layanan yang mereka terima.

Kreativitas penting, tapi tanpa strategi dampaknya bagaimana?

Strategi adalah rencana tindakan untuk mencapai suatu tujuan, sedangkan taktik adalah tindakan spesifik yang merupakan bagian dari strategi.

Berikan seseorang buku mewarnai dan mereka bisa mewarnai garisnya (taktik).

Tetapi tanpa garis (strategi), itu hanya kekacauan besar (pemborosan anggaran).

Pemasaran seperti permainan catur.

Untuk menjadi konsultan pemasaran yang baik, memahami ini sangat penting. Taktik dapat diserahkan pekerjaannya pada creative agency.

Untuk menjadi konsultan pemasaran digital, penting untuk dapat mendengar dengan baik. Ini karena untuk mendapatkan wawasan yang tepat tentang bisnis, kebutuhannya, dan masalah apa pun yang ada; sangat penting untuk dapat mendengarkan apa yang dikatakan di luar kata-kata. Konsultan pemasaran yang baik tahu bahwa mendengarkan dan berempati dengan masalah bisnis adalah keterampilan yang vital.

Bagian penting dari peran konsultan pemasaran digital adalah mengumpulkan data, mengatur data itu, menarik wawasan, dan menghasilkan rekomendasi untuk perusahaan yang menyeimbangkan disetiap bidang pemasaran dan memprioritaskan aspek yang paling penting.

Terakhir, untuk menjadi seorang konsultan pemasaran digital, perlu memiliki keterampilan kepemimpinan dan bersikap profesional dalam cara mereka bekerja. Ketika seorang konsultan pemasaran digital dipekerjakan, perusahaan mengharapkan mereka untuk percaya diri dan profesional dalam cara mereka melakukan pekerjaan mereka.

Tidak ada yang ingin bekerja dengan konsultan pemasaran digital yang tidak mendekati pekerjaan mereka secara profesional dan percaya diri, karena ini menunjukkan bahwa mereka memiliki kurangnya pengetahuan dan pengalaman yang memadai untuk pekerjaan itu.

Kenapa Anda memerlukan konsultan pemasaran digital?

Tidak ada keraguan tentang itu, konsultan pemasaran digital dapat sangat berguna bagi perusahaan tertentu, tetapi pertanyaannya adalah bagaimana Anda tahu kapan Anda membutuhkan bantuan mereka dan mengapa?

Mari kita mulai dengan yang membutuhkan bantuan konsultan pemasaran. Ini adalah sesuatu yang telah kita bahas di atas – orang-orang yang memerlukan bantuan konsultan pemasaran adalah pemilik bisnis. Konsultan pemasaran dapat membantu bisnis dari segala bentuk dan ukuran. Mulai dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar; konsultan digital marketing akan menemukan strategi dan taktik yang tepat untuk kebutuhan masing-masing bisnis.

Bisnis yang dapat mengambil manfaat dari bekerja dengan konsultan pemasaran adalah perusahaan yang…

  • Ingin memperluas dan menumbuhkan basis pelanggan mereka.
  • Perlu menetapkan tujuan pemasaran online yang kuat dan terdefinisi dengan baik.
  • Ingin rencana pemasaran yang kuat yang berfokus pada tujuan jangka pendek dan jangka panjang.
  • Perlu bantuan untuk mengukur analitik utama untuk meningkatkan peluang keberhasilan.
  • Ingin meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan.
  • Ingin berekspansi ke pasar baru untuk terhubung dengan pelanggan baru.
  • Ingin memahami bagaimana pesaing mereka melakukan pemasaran online sehubungan dengan posisi mereka sendiri (Analisa Kompetitif).

Untuk bisnis, bantuan konsultan pemasaran digital dapat memungkinkan mereka untuk memperluas bisnis mereka dan pindah ke pasar yang baru, meningkatkan kesuksesan mereka dan meningkatkan pendapatan mereka.

Untuk bisnis yang tidak memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk menangani kebutuhan pemasaran digital mereka sendiri, bekerja dengan konsultan digital marketing dapat membantu mereka untuk memastikan bahwa mereka memiliki strategi yang kuat dengan tujuan yang dapat dicapai untuk memenuhi dan akan membantu kemajuan mereka dalam hal memenuhi tujuan jangka panjang mereka.

Kesimpulan:

Pemilik bisnis dan pimpinan perusahaan harus mulai memahami perbedaan konsultan pemasaran digital dengan agensi periklanan ataupun dengan creative agency.

Internet adalah alat pemasaran yang sangat penting di dunia yang berfokus pada teknologi saat ini. Itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi bisnis untuk memahami bagaimana konsultan pemasaran digital dapat membantu mereka mencapai tujuan mereka dan membawa bisnis mereka ke tempat yang mereka inginkan.

Panduan ini bertujuan untuk memahami apa yang dilakukan konsultan pemasaran digital dan bagaimana mereka dapat membantu bisnis untuk mencapai tujuan.

Dalam dunia yang terobsesi oleh internet saat ini, pemasaran online telah menjadi alat penting untuk bisnis. Itulah sebabnya peran konsultan pemasaran digital semakin penting. Dengan banyak pemilik bisnis yang belum paham cara menangani kebutuhan pemasaran digital mereka secara efektif, konsultasi pemasaran digital merupakan alternative yang sangat penting.

Pemasaran digital dapat memungkinkan bisnis untuk terlibat secara lebih efektif dengan pelanggan mereka, serta menjangkau calon pelanggan baru dengan lebih mudah, menjadikannya pilihan pemasaran yang tepat bagi perusahaan dari segala bentuk dan ukuran.

Seorang konsultan pemasaran digital menghabiskan banyak waktu untuk mengembangkan keahlian mereka sehingga Anda dapat fokus pada apa yang Anda butuhkan dan hebat dalam melakukannya.

Anda Mencari Konsultan Digital Marketing?

Kami merupakan certified digital marketing profesional dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dalam pemasaran online untuk bisnis retail dan B2B.

Pin It on Pinterest

Share This