0 888 1 6262 52

Digital Activation yang merupakan istilah favorite para praktisi marketing dan agency, sering menjadi bumerang pada kinerja penjualan. Apa sebabnya?. Salah satu penyebab pemasaran media sosial Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya adalah karena tidak memperhatikan pesaing Anda.

Adalah Sebuah kesalahpahaman yang cukup fatal jika Anda melupakan kemungkinan bahwa pesaing produk/brand/perusahaan Anda tidak melakukan pemasaran media sosial seperti yang Anda lakukan. Dan ini bertambah parah jika ternyata para pesaing bisnis selalu mengamati pemasaran media sosial yang Anda lakukan.

Pemasaran Media Sosial

Ada banyak platform media sosial di internet; Namun, hanya ada beberapa platform media sosial yang layak untuk waktu dan uang Anda. Beberapa platform media sosial yang populer adalah Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, Instagram dan sebagainya.

Statistik terakhir menunjukkan bahwa sudah ada lebih dari 2,46 miliar pengguna media sosial aktif dari seluruh dunia. Para ahli memperkirakan bahwa ini tidak. akan melampaui 2,7 miliar di tahun 2019.

Selain itu, orang-orang menghabiskan banyak waktu di berbagai platform media sosial populer. Banyak bisnis yang sudah hadir di berbagai platform media sosial, namun masih banyak bisnis yang belum memiliki kehadiran sosial.

Dengan tips dan bantuan pemasaran media sosial ini, Anda akan dapat mengungguli pesaing Anda!

Facebook baru-baru ini mengumumkan bahwa ia memiliki lebih dari 5 juta pengiklan di platformnya, dan ini masih terus berkembang. Dengan itu, tidak semua pengiklan di Facebook mendapatkan tingkat pengembalian investasi yang diinginkan.

Beberapa pengiklan mendapatkan laba besar atas investasi; beberapa pengiklan mendapatkan laba atas investasi (ROI) yang moderat sementara ada juga banyak pengiklan yang mengalami kerugian.

Sekarang, pertanyaannya adalah bagaimana mendapatkan pengembalian investasi yang layak dari kampanye pemasaran media sosial meskipun ada persaingan ketat di platform media sosial?. Jawaban atas pertanyaan ini adalah strategi media sosial yang efektif.

Namun, itu bukan tugas yang mudah untuk hadir dengan strategi pemasaran media sosial yang efektif tanpa mengawasi apa yang dilakukan pesaing. Artikel ini akan membahas bagaimana Anda dapat membuat strategi pemasaran media sosial yang efektif yang dapat mengalahkan pesaing Anda.

10 Tips Pemasaran Media Sosial untuk Mengungguli Pesaing Anda

Ada ratusan tips yang dipromosikan di internet yang menjamin kesuksesan dan keuntungan besar. Sayangnya, kebanyakan dari mereka tidak berhasil. Orang sering memberi nasihat gratis, tetapi belum tentu bermanfaat.

Agar berhasil dengan kampanye pemasaran media sosial Anda, penting untuk menonjol di tengah-tengah para pesaing. Mari kita periksa 10 tips teratas yang dapat membantu Anda untuk lebih unggul dari para pesaing dan membantu Anda mencapai tingkat pengembalian yang diinginkan dari kampanye pemasaran media sosial. 

Audit posisi Bisnis/Brand Anda

Sebelum menjalankan kampanye pemasaran media sosial, penting bagi Anda untuk mengetahui posisi Anda di berbagai platform media sosial. Ini akan membantu Anda membuat rencana pemasaran media sosial yang efektif.

Dan, Anda harus mencari tahu di mana Brand/Bisnis Anda berdiri di antara pesaing Anda.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda membuat rencana pemasaran media sosial adalah:

  • Kondisi akun media sosial Anda, halaman, dan situs web Anda
  • Frekuensi posting yang Anda terbitkan
  • Lalu lintas rujukan yang diterima situs atau halaman Anda
  • Platform paling terbaik untuk perusahaan / bisnis / brand / produk Anda
  • Jenis posting yang berkinerja baik

Menyadari posisi Anda dapat membantu dalam membuat kompetisi yang inovatif yang dapat membantu perusahaan Anda menjadi berbeda.

Pelajari pesaing Anda

“Jaga temanmu lebih dekat dan musuhmu lebih dekat lagi”, Saya yakin sebagian besar dari Anda sudah sering mendengar kutipan ini. Saat Anda menjalankan bisnis, Anda seperti menjalankan negara kecil. Sebagian besar pesaing Anda ingin Anda keluar dari bisnis.

Untuk mengalahkan pesaing Anda, Anda harus melacak apa yang dilakukan pesaing Anda. Anda tidak dapat mengungguli pesaing Anda jika Anda tidak mengenal mereka.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  • Sifat konten yang mereka terbitkan
  • Strategi yang mereka gunakan untuk melibatkan pelanggan
  • Efektivitas layanan pelanggan mereka
  • Daftar alasan pelanggan melakukan bisnis dengan mereka.

Jika Anda berhasil memahami pesaing Anda, Anda dapat membandingkan mereka. Ini akan memberi Anda kesempatan lebih besar untuk mengalahkan mereka. Selain itu, Anda juga harus mencari celahnya, celah pasar, dan sebagainya untuk memanfaatkannya.

Pahami target pelanggan/pemirsa

Setelah selesai memahami posisi dan pesaing Anda, Anda harus mencoba memahami target pelanggan Anda.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui:

  • Produk yang mereka beli
  • Jenis produk dan layanan apa yang memuaskan mereka?

Namun, Anda juga harus ingat bahwa rasa dan preferensi sering berubah seiring waktu. Dan, perilaku konsumen mungkin berbeda dari satu tempat ke tempat lain. Ini adalah pilihan cerdas untuk mensegmentasi pelanggan Anda dan selalu mempelajarinya.

Saat Anda memperluas wawasan dan mempelajari pelanggan, Anda dapat menjalankan kampanye pemasaran media sosial yang menarik.

Kembangkan rencana untuk setiap platform media sosial

Banyak bisnis menggunakan strategi yang sama untuk setiap saluran media sosial. Ini sebuah kesalahan. Setiap platform media sosial berbeda karakteristiknya.

Misalnya:

  • Facebook lebih dari platform media sosial umum;
  • LinkedIn adalah platform media sosial yang menghubungkan para profesional;
  • Instagram adalah platform media sosial berbasis gambar, dan sebagainya.

Jika Anda ingin berkinerja baik di berbagai platform media sosial dan untuk dapat mengungguli pesaing Anda di media sosial, sangat penting bagi Anda menentukan rencana pemasaran.

Anda dapat melangkah lebih jauh dengan mengembangkan rencana mini untuk setiap platform media sosial yang akan digunakan. Sebagai contoh, bisnis fashion dapat memilih untuk menghabiskan lebih banyak waktu di Instagram, daripada Facebook.

Buat konten yang menarik

Konten adalah raja dan akan selalu ada di dunia internet. Membuat konten yang menarik adalah tulang punggung pada setiap bisnis online yang terkenal. Cobalah untuk membuat konten yang meyakinkan dan kuat.

Potongan-potongan konten yang tidak dapat ditolak dapat mendatangkan pelanggan potensial Anda untuk mengambil tindakan. Platform, seperti BuzzSumo akan membantu Anda mengetahui jenis konten apa yang menjadi viral. Ini akan memberi Anda gambaran tentang jenis konten apa yang harus Anda buat.

Anda juga dapat melakukan survei, wawancara, kontes, dan lainnya untuk mengetahui jenis konten apa yang disukai audiens target Anda. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah melihat jenis konten yang paling banyak mendapat like, reply dan jenis keterlibatan lainnya.

 

Konsisten

Sebagian besar halaman media sosial brand di Indonesia tidak terlalu konsisten dalam menerbitkan konten baru. Konsistensi dapat membantu Anda tetap di depan pesaing Anda.

Anda setidaknya harus menerbitkan satu posting sehari di berbagai platform media sosial yang Anda ikuti.

Jika Anda tidak aktif di platform media sosial, pengikut Anda akan mulai mengikuti halaman lain yang menerbitkan konten yang sama seperti milik Anda.

Selalu uji strategi Anda

Hanya karena Anda membuat rencana terperinci tidak berarti bahwa semua yang disebutkan dalam rencana itu akan berhasil untuk Anda. Selalu disarankan agar Anda secara konsisten menguji strategi Anda.

Pengujian A / B adalah kunci keberhasilan. Banyak bisnis membuat banyak asumsi tanpa pengujian.

Jadilah berbeda dari pesaing Anda: jadikan pengujian sebagai bagian dari budaya dan strategi Anda dan Anda akan mengungguli pesaing Anda dalam waktu singkat.

Ada begitu banyak alat analisis yang dapat Anda gunakan secara gratis. Selalu gunakan dan lihat bagaimana kinerja posting Anda.

Setelah selesai menganalisis kinerja, Anda harus memodifikasi strategi jika perlu. Dan, lebih baik fokus pada apa yang berfungsi. Anda juga dapat memanfaatkan umpan balik untuk membuat strategi yang lebih baik yang dapat membantu Anda tampil lebih baik di platform media sosial.

Layanan pelanggan yang lebih baik

Menurut survei, 7 dari 10 orang bersedia mengeluarkan lebih banyak uang untuk layanan pelanggan yang lebih baik. Sebagian besar merek sering gagal memberikan pengalaman pasca-pembelian yang memuaskan. Platform media sosial dapat menjadi media yang sangat efektif untuk memberikan layanan pelanggan yang memuaskan.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan Twitter, Facebook dan Instagram untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan Anda.

Buat lingkungan yang menguntungkan bagi pengikut Anda untuk berinteraksi dengan merek Anda melalui platform media sosial. Dan, Anda juga harus menanggapi pertanyaan secepat mungkin untuk membuat mereka merasa berharga.

Jika Anda berhasil memberikan layanan pelanggan yang lebih baik, mereka akan kembali lagi dan lagi.

Miliki sebuah website atau landing page

Informasi yang Anda sampaikan di media sosial akan tenggelam dengan postingan di timeline pengikut Anda. Oleh karena itu, sertakan sebuah link website atau laman landing page agar dapat ‘menangkap’ pemirsa setelah Anda berhasil mengepung mereka.

Jika sebuah website dengan biaya belasan jutaan rupiah masih terlalu mahal untuk bisnis Anda, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website landing page dengan satu halaman namun dapat terus bertambah sesuai kebutuhan.

 

Buat koneksi dengan influencer

Tips terakhir adalah untuk membuat koneksi dan terlibat dengan influencer. Sama seperti, komentar, dan bagikan posting mereka secara konsisten. Ini akan membantu Anda mendapatkan perhatian mereka dalam jangka panjang. Dan, konten Anda mungkin dibagikan oleh mereka, yang dapat memaparkan bisnis Anda kepada pengikut mereka.

Pemasaran influencer sangat besar dan dapat memberi Anda paparan dan visibilitas yang luar biasa. Jika salah satu influencer yang Anda tag membagikan ulang pos Anda, itu dapat memiliki efek positif yang besar pada merek Anda.

Mulailah terhubung dengan influencer hari ini untuk mengungguli pesaing Anda!

Jadi, bagaimana mengungguli pesaing Anda di media sosial?

Menurut statistik, sudah ada lebih dari 1,3 miliar situs web yang dihosting di internet. Ada banyak bisnis yang sudah ada di ceruk pasar Anda. Jika Anda ingin bisnis Anda berjalan baik di internet, Anda harus memiliki strategi yang luar biasa. Namun, jika Anda sama sekali tidak memiliki strategi, alias hanya menjadi sekedar hadir, maka selain membuang-buang sumber daya perusahaan, bisnis Anda juga berpotensi kalah bersaing.

Sangat penting bagi Anda untuk menghabiskan waktu dan energi untuk mengembangkan strategi pemasaran internet untuk mendapatkan pengembalian investasi yang layak. Kiat yang telah disebutkan di atas akan membantu Anda mengembangkan strategi media sosial yang efektif yang dapat membantu Anda menonjol di tengah-tengah para pesaing.

Ada kemungkinan Anda mungkin kekurangan waktu untuk melakukan pemasaran media sosial untuk bisnis Anda. Dalam hal ini, selalu ada opsi untuk melakukan outsourcing tugas ini ke agen atau freelancer. Namun, Anda harus memastikan bahwa mereka cukup berpengetahuan untuk melakukan tugas untuk Anda. Dan, bagikan artikel ini dengan mereka juga.

Kami hadir dengan jasa instagram marketing untuk membantu Bisnis Anda agar dapat menjangkau lebih banyak pemirsa tertarget. Dengan jasa pemasaran instagram kami, Anda dapat selangkah lebih maju dalam persaingan Branding di Internet.

Pin It on Pinterest

Share This