0 888 1 6262 52
Cara Bisnis Online Untuk Pemula Sesuai Praktik Terbaik

Kemarin kami di undang makan sembari bicara santai soal rencana client untuk membuat toko baju online. Kami jabarkan apa yang diperlukan dan jelaskan bagaimana langkah cara bisnis online untuk pemula sesuai pengalaman kami dalam menangani beberapa client toko baju online hingga mendapat omset ratusan juta hingga milyaran per bulan.

Tentunya, untuk mendapatkan hasil yang besar .. anda akan memerlukan perencanaan yang kuat dan matang. Sebab, jika ini tidak dilakukan di awal, maka akan terlalu sulit untuk mengimbangi setiap perubahan pada tahapan bisnis yang ada.

Kali ini, kami tidak membahas bagaimana cara bisnis online tanpa modal, akan tetapi cara bisnis online yang lebih serius untuk para pemula.

Tujuannya adalah untuk memberikan petunjuk sesuai praktik terbaik agar bisnis online para pemula dapat terus berkembang. Cara ini untuk anda yang berniat untuk serius terjun ke bisnis online.

Cara Bisnis Online Untuk Pemula

Pertama kali yang perlu dipikirkan adalah ketertarikan kita sebagai pelaku bisnis. Ketertarikan kita pada suatu bidang dapat memudahkan penyesuaian dalam perkembangan bisnis online.

Semua pekerjaan besar dimulai dari hal kecil. Berdasarkan pengalaman kami dalam memberikan jasa web managed service dan pemasaran online untuk client toko online, kebanyakan mereka tidak siap ketika order datang seperti gelombang tsunami. Ini mengakibatkan adanya upaya yang putus di tengah jalan .. dan akhirnya tenggelam tergulung ombak.

Untuk itu, kami berikan diagram cara bisnis online untuk pemula untuk gambaran secara keseluruhan dengan moto:

“Think Big, Start Small”

Bisnis harus memiliki tujuan yang besar dan dilakukan dengan modal dan upaya yang paling efisien dan efektif. Dengan pendekatan progressive, jika bisnis baru anda tidak berjalan dengan baik maka modal tidak tergerus banyak. Namun, jika bisnis online anda tersebut mendapat respon positive di pasar dan tren nya terus naik, anda dapat terus bergerak secara serempak.
Diagram Alur "Cara Bisnis Online" Untuk Pemula

Berikut penjelasan tentang diagram alur ‘Cara Bisnis Online’ tersebut:

  1. Tentukan Produk Yang Akan Dijual

    Sesuaikan produk yang akan anda jadikan andalan bisnis anda dengan hasrat atau ketertarikan yang anda miliki. Misal, anda suka dengan dunia fashion dan anda berpendapat bahwa selera busana anda cukup bagus atau malahan terbaik, maka anda dapat menjual produk baju dan produk turunannya seperti aksesoris, sepatu, dan sebagainya.

  2. Pilih Supplier Terbaik

    Selanjutnya, seperti yang pernah saya tulis dalam buku “Strategi Sukses Jualan Online” adalah menentukan supplier. Ini merupakan faktor penting, terutama jika melibatkan permodalan. Tanpa dukungan pemasok, aktivitas bisnis anda dapat terhenti. Disini sangat penting untuk memiliki “daftar pemasok” dan dapat diberikan penilaian untuk masing-masing pemasok.

    Pemasok atau sumber barang, merupakan faktor penentu awal. Jika anda menemukan supplier yang bagus, baik dari sisi produk, kualitas, harga dan pelayanan, maka peta kesuksesan sudah dapat terlihat. Untuk menemukan pemasok dengan kriteria seperti itu, memang harus ada pengalaman berinteraksi dengan mereka. Pilihlah supplier yang sudah lama di bidang yang anda pilih.

  3. Buatlah Merk Bisnis Anda

    Brand atau merk, akan menjadi sebuah “tanda pengenal” untuk jenis produk yang anda jual. Brand akan menjadi sebuah pengingat, misal “Ingat Baju Kerja, Ingat Toko Online Nicole”. Anda dapat sisipkan logo dan nama brand anda pada setiap gambar produk yang di tampilkan baik di website, marketplace, maupun di media sosial.

    Brand akan menjadi nilai pembeda anda. Oleh karena itu, design lah logo bisnis anda oleh para profesional design grafis. Ceritakan tentang bisnis apa yang akan anda jalankan, segmen pasar apa yang anda bidik, produk apa saja yang akan anda jual.

  4. Mulai Lakukan Pembelian

    Perlu kita ingat, yang kita bahas disini adalah berbeda dengan cara bisnis online tanpa modal stock alias drop-ship. Anda harus memiliki stock barang untuk benar-benar serius berjualan online. Anda dapat membeli barang sedikit untuk lakukan uji pasar terlebih dahulu.

    Pilih produk yang lebih mudah untuk dijual dan coba lakukan pembelian dari beberapa supplier. Pastikan dengan supplier anda untuk masalah ketersediaan stock.

  5. Lakukan Uji Coba Pasar

    Disini anda dapat mulai menjual stok barang dagangan anda dengan memasarkan pada situs-situs marketplace. Situs marketplace lebih tepat untuk uji coba pasar ketimbang media sosial. Media sosial berisi pertemanan, sehingga kurang akurat untuk test pasar secara umum.

    Jika produk kurang mendapat respon dari pasar, maka anda dapat mencari produk lain yang lebih tepat untuk dipasarkan. Jika produk mendapatkan respon positif di pasar, maka anda dapat mulai membuat website toko online dan merencanakan strategi sosial media.

  6. Membuat Website Toko Online

    Dalam ilmu pemasaran digital, website merupakan fondasi dari digital marketing. Ini berlaku untuk seluruh jenis dan skala bisnis. Seluruh upaya marketing yang anda kerahkan baik di marketplace, media sosial dan search engine marketing akan menjadi investasi jangka panjang jika anda memiliki website. Sebaliknya, jika tidak ada website: upaya, waktu dan tenaga hanya memiliki manfaat jangka pendek saja.

    Milikilah sebuah website toko online yang berfungsi mulai dari display produk hingga transaksi penjualan. Dengan cara ini, bisnis anda dapat lebih dikenal sebagai bisnis yang bertanggung jawab. Akhirnya, kepercayaan dapat anda kumpulkan dari waktu ke waktu.

  7. Pekerjaan Kreatif

    Ini sangat penting untuk branding. Misal, membuat foto produk yang bagus dan diberikan label logo brand anda. Dengan cara ini, bisnis anda dapat lebih bernilai dan memiliki pembeda. Anda dapat membuat konten grafis mengenai produk anda yang kemudian di sebar di IG, Facebok, dan saluran digital lainnya.

  8. Aktivasi Media Sosial

    Social media activation merupakan hal penting untuk bisnis di era digital. Anda dapat lebih dekat dengan pelanggan, sehingga lebih mudah untuk mendorong konsumen mengambil keputusan. Disamping itu, media sosial dapat digunakan untuk ajang promosi produk anda.

    Dalam hal ini, jika anda telah memiliki website, maka anda dapat arahkan para pemirsa di media sosial untuk melihat informasi selengkapnya di website anda. Perlu diketahui, secara digital marketing, baik media sosial maupun marketplace merupakan earned media, sedangkan website toko online anda adalah owned media.

    Sebagai praktik terbaik, anda harus mengalihkan seluruh upaya di earned media ke owned media. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan efisiensi biaya pemasaran. Selain itu, jika produk anda banyak diminati, akan lebih mudah jika mengelolanya melalui sebuah website toko online.

  9. Digital Marketing

    Ini jika bisnis anda telah siap secara keseluruhan. Jika seluruh faktor tersebut diatas sudah terpenuhi dan teruji, maka Digital Marketing adalah langkah selanjutnya.

    Digital marketing akan melibatkan strategi, perencanaan, dan taktik untuk mendapatkan tujuan bisnis yang lebih besar lagi. Dan ini tentu akan melibatkan biaya konsultan digital marketing dan biaya iklan.

    Konsultan digital marketing akan menganalisa strategi yang dijalankan dari waktu-ke-waktu dan melakukan improvisasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Oleh karena itu, digital marketing harus dilakukan secara terus menerus.

Anda dapat mulai membuat anggaran dan studi kelayakan untuk bisnis baru anda dengan mengikuti langkah pada diagram “Cara Bisnis Online” tersebut di atas. Dengan demikian, apa yang anda lakukan dapat lebih terukur. Jika terjadi perubahan baik positif maupun negatif, anda sudah paham apa yang harus dilakukan.

Ingatlah, waktu terus berjalan. Jadi, ini bukan hanya bagaimana cara anda melakukan bisnis online saja, namun bagaimana anda mengatur waktu. Semakin cepat dilakukan, tentu pengalaman bisnis online anda akan cepat bertambah juga.

Persaingan akan selalu ada, namun dengan bermitra bersama konsultan website dan pemasaran online, persaingan dapat menjadi hal yang seru!

Selalu lakukan analisa bisnis, sehingga anda dapat mengetahui cara untuk mengembangkan bisnis online tersebut. Pelajari produk apa yang paling banyak mendatangkan penjualan dan laba. Juga sangat penting untuk mengetahui perilaku pengunjung website dan efektivitas iklan online atau Digital Marketing.

Delegasikan pekerjaan untuk melepas beban kerja anda, dan lakukanlah hal-hal besar berikutnya. Mulailah sekarang juga… Selamat mencoba dan semoga sukses untuk bisnis online anda.. 

Ingin Segera Mulai Bisnis Online ?

Jika anda telah memiliki rencana dan anggaran, kami dapat membantu memperjelas hal tersebut untuk anda dan merealisasikannya secepat mungkin!

Strategi Digital Marketing Yang Efektif untuk B2B dan B2C

Tahun 2017 merupakan era transformasi digital di Indonesia. Kita dapat melihat pergeseran ad placement (penempatan iklan) dari media offline ke media online. Namun menurut pemantauan kami, di Indonesia masih sedikit yang menggunakan taktik strategi digital marketing....

Berapa Biaya Iklan di Facebook untuk Branding Online Produk?

Sangat penting untuk mengetahui berapa biaya iklan di Facebook yang dibutuhkan untuk branding online Produk agar dapat menganggarkan secara tepat. Kesalahan dalam penganggaran biaya iklan di Facebook dapat mengurangi efisiensi atau bisa juga mengurangi efektivitas...

Tips Meningkatkan Kualitas Konten Marketing untuk B2B

Ada manfaat untuk memahami pendekatan kuantitas dan kualitas konten marketing. Namun, sebelum memahami kualitas konten marketing, ada baiknya menyegarkan ingatan kita tentang apa itu konten marketing sebenarnya. Konten marketing adalah pendekatan pemasaran strategis...

Pin It on Pinterest

Share This