0 888 1 6262 52

Beberapa waktu belakangan ini, kami menerima beberapa client yang sebelumnya dari penyedia jasa web yang me locked-in para client. Ini artinya, anda sebagai pengguna jasa website tersebut harus selalu bergantung pada vendor tersebut.

Tentu selalu ada pro dan kontra dalam hal ini. Oleh karena itu, baik sebagai pengguna jasa website, atau bagi anda yang baru akan membuat website dan sedang mencari jasa pembuatan web, kami sarankan untuk membaca artikel ini terlebih dahulu sampai selesai.

Disclaimer: Artikel ini bertujuan untuk menyajikan informasi secara berimbang dan memberi manfaat baik untuk pengguna jasa maupun para penyedia jasa website.

Pro dan Kontra Vendor-Locked-In Dalam Jasa Web

Di bidang ekonomi, vendor lock-in, juga dikenal sebagai lock-in atau customer lock-in, membuat pelanggan bergantung pada vendor untuk produk dan layanan, tidak dapat menggunakan vendor lain tanpa biaya switching yang besar. Ini merupakan definisi vendor-locked-in dari wikipedia.

Untuk mempertimbangkan baik atau buruknya, mari kita jabarkan pro dan kontra dalam konteks vendor-locked-in dalam jasa web development.

Pro

Sebetulnya, penyedia jasa pembuatan website yang “mengunci” para pengguna jasa pembuatan website juga menggunakan platform yang sama, yakni WordPress dan beberapa platform opensource lainnya. Hanya saja, mereka sudah modifikasi script.

Modifikasi tersebut mereka lakukan baik untuk efisiensi, optimalisasi, dan keamanan website. Sayangnya, pada kenyataannya tidak ada satu website pun yang kebal 100% dari serangan cyber.

Website anda dapat dibuatkan sesuai keinginan anda, dan anda cukup membayar pada penyedia jasa website tersebut untuk melakukannya. Demikian untuk sistem pencadangan yang biasanya telah diatur dengan baik oleh para penyedia jasa web tersebut.

Saat ini, lebih dari 32% website menggunakan platform CMS WordPress. Meskipun ini luar biasa, itu juga berarti ada ribuan tema design website, plugin, dan teknologi yang berbeda-beda yang semuanya harus hidup bersama.

Untuk pengguna WordPress sehari-hari, ini dapat dengan cepat berubah menjadi mimpi buruk ketika situs mereka mulai macet dan mereka tidak tahu mengapa atau bahkan di mana pemecahan masalah. Ini salah satu keuntungan memakai jasa website yang mengunci beberapa fungsi di website anda.

Terkadang untuk pengguna yang belum familiar dengan platform CMS website seperti WordPress, mereka akan dengan mudahnya memasang plugin. Aktivitas tersebut jika tidak hati-hati dan jeli maka dapat berkemungkinan memberikan dampak buruk pada kinerja website. Hal ini dapat terhindarkan dengan menggunakan jasa web yang mengunci instalasi plugin.

Kontra

Vendor-locked-ini juga berarti bahwa, jika anda ingin melakukan perubahan terhadap website anda, maka harus dilakukan oleh vendor tersebut. Dan biasanya, sistem seperti ini memiliki biaya per bulan, namun belum termasuk jasa modifikasi website.

Otomatis, jika anda memerlukan perubahan atau pengembangan website, maka itu harus dilakukan oleh penyedia tersebut. Dalam pemasaran digital, untuk perimbangan onsite SEO (Search engine optimization), terkadang kita harus re-build website, dan ini sangat diperlukan untuk dalam melakukan pemasaran digital yang efektif, jika tidak bagaimana bisa efektif?

Memang biasanya vendor-locked-in web developer juga menawarkan CMS (Content Management System) untuk mempermudah pengguna. Akan tetapi ini biasanya terbatas, dan dengan platform open source justru lebih fleksibel.

Terkadang, beberapa fungsi atau plugin yang diperlukan tidak dapat kita temui dalam dashboard web. Ini kembali lagi, pada pro di atas, tujuan para vendor jasa web tersebut selain untuk “mengunci” juga untuk efisiensi. Sebetulnya ini dapat di atasi tanpa harus mengunci pelanggan.

Kelemahan berikutnya, jika penyedia jasa website anda tutup bisnisnya, maka anda akan menemui kesulitan dalam memperpanjang domain dan hosting website anda. Tidak ada bisnis yang abadi bukan ?

Solusi Untuk Pengguna dan Penyedia Jasa Web

Saat ini sudah ada beberapa plugin seperti DIVI Builder yang dapat meningkatkan kemudahan, fleksibilitas dan kualitas website. Untuk mempercepat kinerja website baik pada front-end maupun di dashboard, idealnya memang harus menggunakan managed VPS hosting. Dengan demikan, mengunci pelanggan bukanlah solusi ampuh untuk menjaga kinerja website.

Jika telah menggunakan managed VPS hosting, maka yang diperlukan untuk menjaga kinerja website adalah dengan memberikan edukasi kepada para pengguna jawa web secara terus menerus (seperti yang kami lakukan). Anda dapat menyediakan informasi plugin-plugin terbaru untuk dapat di rekomendasikan pada pelanggan website anda.

Bagi para pengguna, anda dapat menggunakan jasa pembuatan web yang tidak mengunci anda. Namun, tetap perhatikan penyedia jasa website tersebut apakah memberikan kemudahan dan informasi yang memadai untuk kebutuhan anda.

Inilah salah satu alasan kenap JakartaUrbanHosting selalu memberikan edukasi dengan artikel-artikel dari waktu ke waktu. Selain untuk mendorong dan meningkatkan aktivitas pemasaran online di Indonesia, kami juga bermaksud untuk meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas bagi para client kami.

Dalam era digital sekarang ini, kecepatan dalam melakukan perubahan dan peningkatan merupakan faktor penentu dalam persaingan bisnis.

Kami tidak mengunci para client dengan teknologi, justru kami membebaskan dan menjaga kebebasan tersebut dengan edukasi yang memadai secara terus menerus. Anda dapat menggunakan jasa web managed service atau jasa lainnya sesuai kebutuhan dan perkembangan bisnis anda.

Dengan membuat website di JakartaUrbanHosting, anda sudah mendapatkan lisensi DIVI senilai Rp. 1  juta lebih, dan backup yang tertata rapih. Kami menggunakan managed VPS hosting dan keamanan selalu kami monitor untuk seluruh website client kami.

Demikian untuk onsite SEO, kami selalu membuat website sesuai dengan praktik terbaik. Dengan DIVI, anda dapat membuat setiap halaman website perusahaan secara unik dan menarik. Kunci SEO hari ini adalah dengan menerbitkan konten yang original dari waktu ke waktu. Hanya dengan cara tersebut anda dapat memenangkan persaingan di hasil pencarian google.

Kesimpulan

Semakin hari, orang selalu menghindari seluruh jasa yang mengunci atau membuat pengguna jasa menjadi selalu bergantung kepada penyedia. 

Vendor-Locked-In tidak selalu memiliki arti negatif. Namun, tidak ada bisnis yang abadi, demikian para vendor jasa website. Keputusan selalu berada pada anda.

Pin It on Pinterest

Share This