0 888 1 6262 52

Setiap perusahaan yang melakukan transformasi digital akan memerlukan pemasaran digital. Indonesia memiliki pengguna internet yang terus tumbuh hingga ratusan juta pengguna. Sebagian besar dari pengguna internet di Indonesia menggunakan smartphone, sebagian yang lain mengakses internet di tempat kerja dengan menggunakan notebook.

Dari fenomena tersebut, kita dapat bayangkan segmen yang ada. Sasaran utama pemasaran digital adalah menggunakan e-mail. Ini seperti kembali ke 10 tahun yang lalu, akan tetapi ini memiliki dasar. Setiap pengguna smartphone akan membutuhkan e-mail dan akun google untuk dapat mengakses google play, mendaftar sosial media, dan sebagainya.

13 Faktor Penting Dalam Pemasaran Digital

Para praktisi wajib memahami 13 faktor penting dalam pemasaran digital ini. Setelah calon client memiliki website untuk UKM, mereka akan memerlukan pemasaran untuk produk atau jasa yang ditawarkan di website tersebut. Tanpa memahami peta sukses dalam pemasaran digital, tentu akan sulit untuk mendapatkan hasil atau efektivitas dari pemasaran digital.

Berikut 13 faktor penting digital marketing tersebut:

1. Desain Web

Desain website berfungsi untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik di situs Anda. Desain web merupakan kunci sukses dalam pemasaran digital. Situs web Anda adalah merek secara online dan seharusnya tidak hanya memberikan informasi, namun harus menjadi saran untuk kemudahan dalam menjual produk atau mengarahkan pelanggan ke produk Anda.

Anda dapat membuat toko di Facebook atau menjual melalui marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, namun Anda tetap MEMBUTUHKAN situs web agar eksistensi bisnis anda lebih mudah berkembang.

Sebuah situs web tidak harus menghabiskan banyak biaya. Anda bisa mendapatkan domain dan hosting kurang dari Rp. 1 juta per tahun. Perlu kami tegaskan disini bahwa, tidak semua hosting dapat mendukung SEO dan mendukung stabilitas terutama pada platform website toko online.

Pastikan desain situs web Anda mobile-friendly atau responsive. Ada sejumlah besar desainer yang bisa membuat situs web untuk Anda atau Anda dapat membangunnya sendiri tanpa harus berjuang dengan HTML / CSS menggunakan platform WordPress dan Divi Framework.

2. Halaman Landas (Landing Page)

Beberapa studi menemukan bahwa website bisnis dengan banyak halaman landas akan mendapat lebih banyak pengunjung. Praktisi harus fokus untuk mengembangkan halaman landas yang bisa dikonversi, yang berarti harus mencakup:

  • Mudah dan cepat diakses
  • Mobile-friendly
  • Berikan alasan untuk membeli
  • Buat kedekatan
  • Mengajak dengan tombol Call-to-Action
3. Analisis Web

Web analytics berfungsi untuk pengukuran. Efektivitas kinerja pemasaran digital dapat diketahui arahnya dengan memanfaatkan analisis web. Berdasar pengalaman kami, sebuah website yang memiliki jumlah page views per user diatas 3 akan lebih memiliki banyak konversi. Ini dapat kita bandingkan pada website portal berita, yang hanya mendapat page views dibawah 3 halaman per pengunjung, namun jumlah pengunjung sangat tinggi.

Jika website client anda memiliki jumlah pengunjung yang tinggi, katakanlah 2000 pengunjung per hari, namun jumlah halaman yang dilihat per pengunjung dibawah 3 halaman, maka konversi akan lebih kecil. Lain hal nya dengan website yang memiliki page views diatas 3 halaman per pengunjung, ini akan menghasilkan konversi yang lebih banyak.

Salah satu client kami yang menjual baju korea, mendapat jumlah pengunjung di atas 2000 pengunjung per hari dan page views diatas 3 halaman per user, setiap hari website tersebut mendapat puluhan order dengan omset per bulan hampir Rp. 1 milyar.

4. Iklan mobile

Semakin banyak, pelanggan menggunakan perangkat mobile dalam melakukan belanja dan pengambilan keputusan mereka. Pemasaran digital memerlukan iklan mobile atau seputar membuat periklanan digital Anda menjadi mobile friendly. Tapi, yang tidak perlu diperdebatkan adalah bahwa situs web perlu memperhitungkan pembeli dari pengguna perangkat seluler.

Pastikan perancangan beranda website agar tidak hanya beradaptasi dengan mudah ke berbagai ukuran layar ponsel. Pertimbangkan informasi tentang apa yang dicari saat mereka mengakses situs Anda seperti nomor telepon, alamat dan sebagainya.

5. Iklan bergambar

Iklan bergambar dapat lebih cepat menarik minat konsumen dan lebih efektif untuk menanamkan merk atau produk anda di benak pengguna internet. Contohnya seperti iklan timeline Facebook atau Twitter Feed Anda. Iklan jenis ini lumayan efektif karena dapat di targetkan. Pemasaran digital seperti ini lebih tepat untuk dilakukan secara jangka panjang.

Baca Juga: Saluran Digital Marketing Yang Penting Untuk Anda Ketahui

6. Email Marketing

Seperti yang dijelaskan di awal artikel ini, pemasaran melalui e-mail lebih efektif dari sebelumnya. Dan ini kembali seperti 10 tahun yang lalu, namun dengan dasar yang berbeda. E-mail melibatkan 2 strategi terkait; membangun daftar prospek dan menyusun pesan email yang lebih mendatangkan konversi.

Oleh karena itu, untuk kebutuhan pemasaran digital, sebuah website harus memiliki fungsi opt-in e-mail untuk menjaring subscriber. Ini akan membutuhkan sebuah pemasaran konten (content marketing). Dengan sebuah formulir berlangganan, bisnis anda akan mendapatkan list e-mail dari prospek yang berkualitas.

7. Iklan per Klik

Iklan per klik seperti adwords, dapat cocok untuk beberapa bisnis dan tidak bekerja dengan baik untuk orang lain. Terkadang, persaingan di adwords untuk layanan perbankan digital, asuransi atau jasa tertentu sangat tinggi.

Kunci kampanye adwords yang baik adalah:

  • Skor kualitas, yang merupakan fungsi SEO di situs Anda dan fitur iklan yang Anda buat
  • Kata kunci, termasuk jumlah persaingan untuk kata kunci dan jumlah pencarian
8. Optimasi Search Engine (SEO)

Optimalisasi mesin pencari dulu adalah bidang aloritma. Hari ini, SEO lebih merupakan fungsi pemasaran konten, yang akan kita bahas pada point ke-9.

70% klik ke situs web bersifat organik. Itu berarti link situs web muncul di dekat bagian atas dalam pencarian kata kunci pengguna. Setelah Anda melampaui halaman pertama, hanya sedikit pengguna yang akan mengeklik tautan.

Itu berarti Anda perlu meluangkan waktu dan uang untuk memastikan konten Anda muncul di bagian paling atas saat konsumen mencari sesuatu secara online. Ini juga berarti ada beberapa hal yang harus dilakukan dengan benar, termasuk:

  • Memproduksi konten berkualitas secara konsisten
  • Buat judul utama yang menarik perhatian
  • Mengetahui cara menggunakan kata kunci secara efektif
  • Situs Jejaring Sosial 10%
  • Situs Pembanding Harga 22%
  • Situs Review Produk 24%
  • Promosi E-Mail 28%
  • Web Kupon 35%
  • Mesin Pencari 61%

Pencarian online masih menjadi alat utama yang digunakan konsumen saat berbelanja sesuatu secara online.

 

9. Pemasaran Konten (Content Marketing)

Konten merupakan Raja! Begitulah istilah para praktisi di dunia pemasaran digital semenjak Matt Cutts dari Google menjelaskan segudang algoritma baru pada mesin pencari mereka. Oleh karena itu, para praktisi di dunia pemarasan digital harus dapat memproduksi konten baru, original, dan berkualitas secara konsisten bagi para clientnya.

Konten dapat berguna untuk menyebarkan informasi dan menargetkan sesuai ‘buyer persona’. Konten dapat disebar ke beberapa blog atau website pendukung lainnya. Selain itu, konten dapat memberikan backlink ke website client anda.

Dalam hal ini, kami menggunakan puluhan website berkualitas sebagai “content-buzzer” untuk mendukung pekerjaan digital marketing bagi client kami. Ini sangat efektif, 80% pembeli atau pengguna jasa client akan lebih nyaman jika mendapatkan informasi atau rekomendasi dari website lain. Sepanjang penilaian terhadap produk atau jasa client tidak berlebihan, kepercayaan dapat diraih.

10. Video Marketing

12% pemirsa mungkin lebih akan membeli produk setelah menonton video yang menjelaskan. Video ini juga mengurangi panggilan ke layanan pelanggan, mengurangi frustrasi pengguna, mendorong rekomendasi, dan memberikan sejumlah manfaat lainnya.

Anda dapat melihat sebuah website toko permata online yang dilengkapi video pada tiap produk. Ini sangat penting untuk sebuah toko online yang menjual produk. Karena beberapa tahun terakhir semenjak munculnya marketplace, makin banyak pembeli online yang mengeluhkan perbedaan barang ketika diterima.  Website marketplace di Indonesia jarang yang memberikan fasilitas video untuk produk, dan ini akan menjadi ‘tsunami-masalah’ suatu waktu.

Contoh Video Produk untuk Pemasaran Digital:

 

11. Infografis

Jika memang benar bahwa sebuah gambar melukis 1000 kata, maka infografis adalah bintang dunia digital. Mereka tidak hanya berharga bagi pengunjung Anda, namun mereka mendorong lalu lintas 12% lebih banyak ke situs Anda dan menghasilkan tautan balik yang hebat yang dapat membantu SEO Anda.

Terutama untuk bisnis yang menawarkan jasa, infografis sangat diperlukan jika berkaitan dengan teknis dan alur kerja untuk menjelaskan sesuatu.

12. Blogging

Blogging menjadi penting karena merupakan bagian integral dari strategi pemasaran konten Anda. Blogging membuat Anda semakin ahli, membantu pelanggan membuat keputusan dan mempermudah penggunaan produk Anda, dan merupakan elemen utama dalam merek perusahaan Anda.

Terutama untuk para manajer dan C-Level di setiap perusahaan. Dengan blogging, para calon pengguna produk atau jasa anda dapat lebih yakin dengan kemampuan dan keunggulan anda.

13. Pemasaran di Media Sosial

Menciptakan keterlibatan di media sosial merupakan elemen penting dalam menciptakan kesuksesan. Sebagian, itu karena pengguna lebih cenderung mengambil rekomendasi dari teman mengenai suatu produk. Bagian dari itu adalah karena media sosial mengenal merek dengan kepribadian dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh sebuah situs web. Media sosial dapat menguatkan pesan Anda saat orang berbagi, menyukai, dan berkomentar.

Dini sangat penting untuk dipahami oleh para praktisi pemasaran digital bahwa, keterlibatan di media sosial merupakan faktor kunci keberhasilan pemasaran digital melalui media sosial. Anda dapat membuat hal yang memancing interaksi dengan konsumen, dan ini membutuhkan kreativitas serta pemahaman peta influencing. Layanan jasa sosial media kami dapat diandalkan untuk bisnis UKM dan perusahaan.

Oleh karena itu, untuk mendukung pemasaran digital, sebuah website untuk bisnis / perusahaan harus dapat mendukung hal tersebut. Ini dikenal dengan istilah WebDevOps yang artinya sebuah website yang dapat beradaptasi dengan cepat untuk segala kebutuhan. Baik untuk perubahan lay out, penambahan konten berkualitas yang kreatif, e-mail mining, dan sebagainya, merupakan kebutuhan website saat ini.

Selain itu, faktor kestabilan hosting akan menentukan kecepatan loading landing page anda dan ini juga merupakan faktor penilaian SEO oleh Google. Dengan JakartaUrbanHosting, seluruh kebutuhan tersebut dapat terpenuhi. Kami dapat anda andalkan untuk seluruh kebutuhan pemasaran digital perusahaan anda.

Solusi Digital Marketing Lengkap

Kami mengerjakan pembuatan website yang modern, Online dan Offline SEO, pembuatan konten berkualitas, periklanan di sosial media dan mesin pencari.

Pin It on Pinterest

Share This