0 888 1 6262 52

Beberapa tahun belakangan ini, semkain banyak perusahaan di Indonesia yang melakukan proses transformasi digital. Hal ini cukup beralasan, dimana teknologi internet semakin banyak yang dapat mengakses di Indonesia, cara prilaku konsumen juga mulai berubah.

Namun tidak sedikit perusahaan yang mengalami hambatan di tengah proses transformasi digital yang tengah mereka lakukan. Hal ini disebabkan karena banyak faktor. Pada akhirnya, proses transformasi digital tersebut menjadi bertambah mahal biayanya. Bahkan, ada beberapa perusahaan yang tidak sanggup lagi menghadapi persaingan di era digital menjadi terpukul mundur.

Kita dapat ambil contoh kasus pada Food Panda Indonesia, yang akhirnya gulung tikar. Perusahaan ini bukan tidak melakukan proses tranformasi digital, akan tetapi inovasi dan keberlanjutan dari proses transformasi digital kalah cepat oleh perusahaan lain. Saat ini, kondisi bisnis di era digital memang akan bersaing diseputar inovasi.

Apa lagi perusahaan yang tidak melakukan transformasi digital. Di tahun 2017 ini kita sudah banyak melihat beberapa perusahaan retail besar yang gulung tikar. Mereka kalah bersaing dengan pesaing yang telah lebih dulu melakukan transformasi digital dengan e-commerce.

Proses Transformasi Digital Yang Efektif

 

Transformasi digital merupakan proses berkelanjutan. Hal ini akan melibatkan:

  • Pemahaman
  • Keyakinan dan komitmen tingkat eksekutif
  • Komitmen investasi
  • Perencanaan dan Strategi
  • Keberlanjutan inovasi

Kelima pilar tersebut akan menentukan berhasil atau tidaknya proses transformasi digital di suatu perusahaan.

Cloud Managed Services

A managed services across your choice of the world’s leading technologies and cloud platforms.

Pilihan saat ini semakin mengharuskan perusahaan untuk melakukan transformasi digital, tidak ada jalan lain. Perusahaan yang terlalu lambat melakukan transformasi digital akan semakin sulit bersaing.

Berikut beberapa persyaratan dari transformasi digital:

Budaya Yang Diperlukan Untuk Transformasi Digital

Kemampuan bisnis untuk cepat beradaptasi dengan perubahan merupakan salah satu sayarat dasar dari transformasi digital yang efektif. Hal ini dapat memberikan ketahanan dan keunggulan kompetitif bagi perusahaan.

Pola kerja kolaborasi yang meleburkan urusan birokrasi dengan memberikan suatu ekosistem digital yang memunginkan untuk kolaborasi dapat memberikan kecepatan dalam proses transformasi digital.

Kelancaran infrastruktur IT juga merupakan faktor utama dalam era digital sekarang ini. Kemampuan mengelola infrastruktur IT secara efisien sangat dibutuhkan, sehingga tidak memberatkan anggaran perusahaan. Banyak perusahaan yang tidak memahami transformasi digital lantas melakukan investasi besar-besaran. Padahal, apa yang mereka investasikan belum tepat guna untuk dimasa sekarang ini. Dalam hal ini, perusahaan sebaiknya melibatkan konsultan IT yang berpengalaman dengan transformasi digital di beberapa perusahaan.

Disini perlu kita ingat lagi bahwa transformasi digital merupakan suatu proses yang berkelanjutan. Perusahaan perlu secara terus menerus mengukur dan meningkatkan proses transformasi digital.

Strategi Transformasi Digital

Manajemen puncak perlu memberikan kejelasan pandangan mengenai transformasi digital. Ini akan menentukan perencanaan, strategi dan prioritas yang seimbang dengan kondisi bisnis saat ini hingga untuk kedepannya.

Selain itu, transformasi digital akan membutuhkan pemasaran digital sebagai suatu konsekwensi otomatis. Banyak perusahaan yang terlalu besar investasi di awal, akan tetapi tidak mendapatkan respon atau penghasilan sesuai target. Ini dikarenakan ketidak-seimbangan prioritas akibat kurangnya pemahaman transformasi digital secara menyeluruh.

Disinilah mengapa penting untuk melibatkan konsultan IT yang sudah berpengalaman dalam transformasi digital. Sebuah konsultan IT dapat merancang proses transformasi digital untuk bisnis anda secara holistik dan menyeimbangkan dengan kondisi dan kebutuhan bisnis anda saat ini.

Tanpa strategi digital yang tepat dan sesuai dengan kondisi bisnis anda, maka adopsi digital tidak akan pernah benar-benar terealisasi. Ini akan mengakibatkan pemborosan yang sangat besar. Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan setelah anda menemui tujuan dari transformasi digital.

Kemampuan Teknologi Digital

Dalam melakukan transformasi digital, ada beberapa hal teknis yang menjadi dasar dalam perjalanan proses transformasi digital berkelanjutan.

Perusahaan dapat menggunakan layanan cloud untuk mengembangkan infrastruktur IT yang sudah ada. Dengan mengkombinasikan private cloud dan public cloud, perusahaan akan semakin efisien dalam melakukan proses transformasi digital.

Selain itu, sebuah lingkungan kontainer yang dapat mendukung pola kerja DevOps sangat diperlukan. DevOps akan mempermudah dalam melakukan pengujian, sehingga hasil final sebelum disebar tidak akan menyebabkan downtime.

Untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dari waktu ke waktu, bisnis perlu membuka ruang integrasi dengan aplikasi lain. Dengan cara ini, perluasan pemasaran dan kemudahan pelanggan dapat diraih. Orientasi pada layanan pelanggan dalam berbagai cara merupakan tujuan utama dari transformasi digital yang juga merupakan tujuan dari bisnis.

Efektifitas aplikasi dan modul juga perlu selalu di analisa. Dalam era digital sekarang ini, untuk mendapatkan feedback selain dari yang ada aplikasi, perusahaan perlu mendengar para pengguna melalui sosial media.

Sosial media monitoring dapat menjadi bagian pada digital marketing, yang artinya akan berdedikasi pada bagian bisnis anda. DevOps merupakan penggerak dan pengembang pada transformasi digital, namun bagian operasional bisnis merupakan jantung utama. Sampai disini, metode DevOps pada bisnis anda akan bertransformasi menjadi BizDevOps atau lebih dikenal sebagai DevOps 2.0.

Kesimpulan:

Untuk dapat melakukan transformasi digital dengan mulus, perusahaan anda dapat mengikut 5 pilar utama dari transformasi digital seperti yang dijelaskan diatas. Selain bisnis yang gulung tikar karena tidak melakukan transformasi digital, juga ada bisnis yang gagal dalam proses transformasi digital. Ini dikarenakan kurangnya pemahaman transformasi digital sehingga arah proses transformasi digital menjadi tidak jelas.

Selain itu, banyak juga perusahaan yang sudah tepat dalam melakukan proses transformasi digital namun melukan hal lainnya seperti digital marketing yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari transformasi digital. Perusahaan yang melakuan digital marketing dapat lebih efisien dan terarah dalam mengeluarkan biaya pemasaran.

Persaingan bisnis sekarang ini akan seputar pada inovasi digital untuk layanan konsumen dan efisiensi operasional perusahaan dan supply chain / omni channel. Efisiensi, kecepatan dan ketepatan merupakan inti dari manfaat transformasi digital pada seluruh jenis bisnis. Yang membedakan hanyalah implementasinya, karena setiap bisnis adalah unik.

Website di Era Digital

Website untuk bisnis sekarang ini membutuhkan beberapa fungsi untuk dapat mendukung strategi digital bisnis anda.

Sekarang ini, perusahaan yang menunda transformasi digital akan menempatkan bisnis mereka pada pertaruhan yang berisiko tinggi. Oleh karena itu, segeralah melakukan transformasi digital dengan baik dan benar.

Pin It on Pinterest

Share This