“Pelacakan aset” mengacu pada pemantauan lokasi aset tertentu yang penting bagi bisnis Anda, baik pad aaset bergerak maupun produk atau barang. Dengan sistem pelacakan terbaru seperti IoT Tracker, kini Anda dapat melacak pergerakan aset secara real-time, sehingga Anda dapat mengetahui keberadaannya setiap saat.

Pelacakan aset, juga dikenal sebagai manajemen aset, adalah praktik pelacakan aset fisik saat mereka bergerak di seluruh rantai pasokan untuk memantau operasi dan mencegah kerugian. Secara tradisional, bisnis mengandalkan metode manual untuk melacak item bernilai tinggi, seperti memindai barcode atau melakukan inventaris. Dengan sistem pelacakan aset berbasis IoT, Anda dapat menyederhanakan proses ini dan membuatnya jauh lebih efektif.

Komponen IoT Asset Tracker

Meskipun detailnya bervariasi tergantung pada industri dan kasus penggunaan, semua sistem IoT Tracker harus menyertakan elemen-elemen ini:

  • Perangkat pelacakan. Faktor bentuk bervariasi tergantung pada kasus penggunaan dan objek yang perlu dilacak. Mereka mungkin melayani satu tujuan, seperti tag pelacakan langsung, atau mereka mungkin memiliki kegunaan multifungsi, seperti kamera dasbor kendaraan.
  • Konektivitas. Bagaimana perangkat tersebut terhubung? Anda akan memerlukan akses jaringan yang andal di mana pun perangkat pelacakan Anda dapat digunakan. Banyak aplikasi IoT komersial dan industri memanfaatkan jaringan seluler untuk mencapai hal ini.
  • Platform manajemen. Anda juga memerlukan cara untuk mengelola konektivitas dari jarak jauh, memantau lokasi perangkat, dan mengakses analitik perangkat. Peran ini dilakukan melalui software platform IoT Anda.
  • Penyimpanan. Seluruh data pergerakan dan data lainnya pada sistem pelacakan aset membutuhkan penyimpanan yang aman dan dapat selalu tersedia di akses. Selain itu, pencadangan penyimpanan sangat Anda perlukan.

Penggunaan eSIM Pada IoT Tracker

Sementara eSIM pada akhirnya akan menggantikan SIM standar dalam produk konsumen seperti jam tangan dan telepon, mereka adalah solusi untuk aplikasi M2M/IoT seluler.

Dalam hal koneksi eSIM aktif saat ini, industri otomotif memimpin dalam hal volume dan pendapatan. Karena eSIM dapat bertukar jaringan secara otomatis, ini adalah pilihan ideal untuk penggunaan di mana perangkat harus melewati batas dan zona jangkauan.

Sebagai contoh:

  • Mobil pintar: Manufaktur OEM menggunakan eSIM untuk menambahkan layanan terhubung ke mobil, atau untuk memenuhi persyaratan keselamatan peraturan, seperti mandat Uni Eropa tentang fasilitas eCall.
  • Pelacakan kendaraan: Perusahaan pelacakan kendaraan menggunakan eSIM untuk melacak armada yang melintasi perbatasan dan area luar jangkauan.
  • Kamera dasbor dan perangkat lain: Aksesori mobil ini menambahkan layanan terhubung ke mobil; Classic Tracker menggunakan pelacakan kendaraan dalam melindungi dari kehilangan dan pencurian.

Komponen-komponen ini biasanya memerlukan beberapa tingkat penyesuaian untuk setiap kasus penggunaan. Jika Anda mencari solusi perangkat keras dan perangkat lunak untuk penerapan berikutnya, pastikan hal tersebut cukup fleksibel untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Manfaat IoT Asset Tracking

Bagaimana sistem pelacakan aset IoT yang menggunakan IoT berbeda dari sistem pelacakan aset lainnya?

  • Manajemen aset yang membutuhkan waktu lebih singkat. Proses tipikal bergantung pada beberapa tingkat pekerjaan manual, yang membutuhkan waktu dan membuka pintu untuk kesalahan manusia.
  • Pelacakan aset secara rel-time. Saat sistem Anda terhubung 24 jam, Anda dapat menggunakan platform IoT untuk memeriksa lokasi dan status perangkat secara real-time. Ini sangat penting untuk aplikasi yang sensitif dengan waktu tertentu seperti keamanan pribadi atau misal dalam penanganan kasus pencurian.
  • Proses yang lebih otomatis. Menggunakan sistem pelacakan aset berbasis IoT memungkinkan Anda mengotomatiskan proses terkait di seluruh rantai pasokan.
  • Sebuah rencana pemulihan. Jika terjadi kehilangan karena pencurian, IoT memberi Anda cara untuk menemukan aset yang hilang.

Contoh Penggunaan IoT Tracker

Manajemen aset IoT memiliki banyak bentuk yang berbeda, termasuk namun tidak terbatas pada hal berikut.

IoT Fleet Tracking di Bisnis Transportasi

Perangkat yang melacak data lokasi GPS banyak digunakan dalam manajemen aset transportasi. IoT Tracker memungkinkan pelacakan armada, kendaraan, atau bahkan transportasi mikro yang cerdas seperti e-skuter dan sepeda. Ini dapat mengatasi kebutuhan pemantauan untuk aset yang melintasi perbatasan dan melampau zona jangkauan yang berbeda.

Seperti pada perusahaan kurir dan kargo, alat IoT tidak hanya berguna dalam melacak aset kendaraan atau bukan berfungsi hanya sebatas Fleet Tracking saja. IoT tracker juga dapat mereka gunakan untuk memantau pemakaian BBM, Oli, Ban Mobil, dan suku cadang kendaraan lainnya.

Jadi, IoT Tracker pada bisnis transportasi sangat banyak manfaatnya. Perusahaan atau organisasi dapat mencegah terjadinya pemborosan atau menutup celah korupsi. Terutama untuk di sektor pemerintahan, IoT Fleet Tracker dapat mencegah terjadinya pembelian suku cadang kendaraan yang belum habis masa pakainya.

IoT Pada Industri Kesehatan

Di bidang perawatan kesehatan dan medis, sistem IoT sering digunakan untuk melacak peralatan atau aset bernilai tinggi lainnya. Terkadang aset yang dilacak bukanlah benda fisik, melainkan seseorang. Pelacakan orang dapat dianggap sebagai perpanjangan pelacakan aset, terutama ketika sistem berperan dalam kesehatan atau keselamatan.

Pemantauan pasien jarak jauh merupakan salah satu contoh aplikasi dari IoT Tracker pada bidang kesehatan. Alat ini dapat berupa SmartWatch yang juga dapat memonitor kesehatan para pasien.

Rumah Sakit juga dapat memantau para dokter dalam sebuah antrian. Ini dapat meningkatkan pelayanan kepada pasien di ruang tunggu.

IoT Asset Tracker pada Perusahaan Manufaktur

Di lingkungan manufaktur, pelacakan aset IoT sering digunakan untuk memantau inventaris gudang dan/atau memasok bahan. Itu juga dapat digunakan untuk memantau peralatan Anda dan aset tetap lainnya.

Dalam hal ini, Anda akan menggunakan platform IoT untuk melihat analitik dan pemberitahuan terkait penggunaan, down time, pemeliharaan, dan lainnya.

Terutama mereka yang beroperasi di ruang besar seperti pada industri tekstil. Ini dapat mengurangi jumlah waktu yang mereka habiskan untuk menemukan bahan, peralatan, dan peralatan. Bahkan, dengan sistem geofencing Anda dapat melacak perpindahan barang. 

Dengan IoT Tracker, efisiensi waktu dan produktivitas operasional pabrik dapat lebih terjaga.

Layanan Pelacakan Aset Komersial

Sementara pelacakan aset sering dibahas dalam hal aplikasi industrinya, manajemen aset IoT juga memiliki kegunaan yang menjanjikan untuk produk langsung ke konsumen.

Sebagai contoh, asuransi dapat menekan klaim pencurian mobil dengan memasangkan perangkat IoT Tracker secara gratis pada kendaraan yang di asuransikan. Tentu ini dapat lebih menarik bagi para pencari asuransi kendaraan selain dapat memperkecil risiko klaim asuransi.

Apakah pelacakan aset yang terhubung dengan seluler tepat untuk Anda?

Jika Anda berada di tahap awal penerapan IoT global, Anda harus memutuskan jenis konektivitas Anda sejak dini. Banyak dari kasus penggunaan yang disebutkan di atas dibangun di atas IoT seluler. Kebanyakan menggunakan teknologi jaringan yang sama dengan ponsel cerdas, tetapi ada beberapa subkategori jenis konektivitas seluler. Penting untuk memilih opsi yang sesuai dengan tujuan dan anggaran transmisi data Anda.

Alih-alih kartu SIM standar yang digunakan ponsel, proyek IoT Anda dapat menggunakan kartu SIM M2M, yang memfasilitasi fungsi manajemen jarak jauh komunikasi mesin-ke-mesin.

Setelah Anda menentukan jenis konektivitas seluler mana yang diperlukan, Anda juga harus memilih faktor bentuk SIM IoT agar sesuai dengan perangkat yang Anda lacak.

Terakhir, platform IoT adalah perangkat lunak manajemen yang menyatukan semuanya. Platform Anda akan membantu dalam mengelola konektivitas dari jarak jauh, menerapkan langkah-langkah keamanan pada seluruh penyebaran, melihat status perangkat saat ini, atau menyiapkan portal yang mudah digunakan untuk pelanggan.

Banyak sekali manfaat IoT Tracker untuk menjawab tantangan bisnis hari ini dan kedepan, terutama bagi Anda yang sedang melakukan proses transformasi digital agar dapat meningkatkan efisiensi dan menekan risiko semaksimal mungkin.

Pin It on Pinterest

Share This