Fitrah Islamic World Academic (FIWA) adalah sebuah pesantren atau boarding school yang menggunakan tiga bahasa: Indonesia, Inggris dan Arab. Pesantren ini terletak di Jalan Haji Miing, Kecamatan Ciseeng, Bogor.

Ya, kini di Kota Bogor bertambah lagi sebuah pesantren modern bertaraf internasional dan mungkin ini yang terbaik di Asia Tenggara.

Sekilas Mengenai FIWA Boarding School, Bogor

FIWA mengusung konsep Agama, Kepemimpinan, Entrepreneurship dan Teknologi. Sekolah SMP dan SMA yang tersedia di FIWA memiliki lab komputer yang sudah sangat menunjang untuk ilmu design grafis hingga video editing.

Pesantren ini tergolong memiliki infrastruktur dan fasilitas yang cukup ‘redundant’ untuk proses belajar mengajar. Dengan keamanan CCTV yang sangat banyak, peralatan kebersihan yang modern, dan teknologi yang juga selalu beradaptasi dengan perkembangan.

FIWA bertujuan selain mendidik pemuda (pelajar SMP dan SMA) dalam bidang ilmu Agama juga dalam bidang Entrepreneurship dan menjadi tech-savvy. Alangkah baiknya jika anak-anak SMP dan SMA di Indonesia sudah dapat mandiri dengan mendapatkan penghasilan disela waktu belajar.

Selain itu, boarding school di Bogor ini memiliki fasilitas olah raga seperti lapangan basket, kolam renang, dan sebagainya. Ini dapat membentuk fisik para pelajar menjadi tegap dan kuat.

FIWA berada di area perbukitan dengan suasana yang cukup sejuk, hal ini memberikan kenyamanan dan konsentrasi dalam proses belajar mengajar.

Segudang Prestasi Minim Publikasi

Fitrah Islamic World Academy ini telah mengumpulkan segudang prestasi, namun publikasi masih sangat minim. FIWA telah memiliki beberapa penghargaan termasuk Guinness Book of The Record.

Segudang prestasi pesantren dan siswa di FIWA memang masih minim publikasinya, oleh karena itu JakartaUrbanHosting telah diminta untuk melakukan amplifikasi publikasi untuk seluruh kegiatan di salah satu International Boarding School terbaik di Asia Tenggara ini.

Apa yang dapat dilakukan?

Tentunya ini merupakan pertanyaan yang bermuatan tantangan. Sebagai digital marketing consultant, Jakarta Urban Hosting akan melakukan analisa dan menempatkan rencana program untuk kehadiran di saluran digital.

Ini akan termasuk pada content marketing, press release, dan serangkaian teknik digital marketing lainnya yang ter-orkestrasi pada sebuah inbound program.

Pertama yang perlu dilakukan adalah awareness mengenai keberadaan pesantren internasionlal di Bogor ini. Ini termasuk kegiatan dan prestasi siswa dan sekolah. Seluruh hal tersebut sangat perlu dipublikasikan secara 360 pada saluran digital, dan harus memiliki pengukuran digital marketing yang tepat untuk dapat menentukan sudah sampai mana upaya digital yang dilakukan.

Selanjutnya, website harus di revamp dan ditingkatkan menjadi banyak manfaat. Seperti dapat untuk memeriksa kehadiran siswa, nilai dan sebagainya. Website ini juga sebagai digital hub yang artinya seluruh kegiatan digital akan bermuara pada website agar bisa mendapatkan pengukuran yang lebih akurat.

Transformasi Digital di FIWA juga akan dilakukan, dengan memberdayakan fasilitas, admin, pengajar dan para siswa. Seluruh elemen harus ikut serta dalam upaya transformasi digital ini. Website FIWA dapat ditambah dengan koperasi digital, crowd funding dan e-market place. Ini juga dapat mendukung program entrepreneurship pada siswa dan pengajar.

Entrepreneurship dan Dakwah

Sebagai misi pesantren untuk dapat membentuk para siswa dengan kepemimpinan dan entrepreneurship di era digital, pesantren di Bogor ini telah memiliki berbagai program untuk mendukung hal tersebut. Khusus untuk bidang Entrepreneurship dan Digital Thing, kami akan menerapkan beberapa program sebagai berikut:

  • Meningkatkan keahlian yang dapat dijual sebagai jasa, seperti bidang design grafis, video dan audio editing, digital advertising, digital branding, dan sebagainya.
  • Memberikan tantangan kepada para siswa, mulai dari kelas 9 untuk dapat memiliki penghasilan sendiri.
  • Menggunakan marketplace untuk menjual produk-produk halal yang didukung oleh beberapa brand seperti Frozen Food Halal MUI, BPOM dari Petra Group dan sebagainya.
  • Memahami pentingnya kolaborasi dan digital workspace.
  • Mempelajari teknik distribusi informasi secara strategis di jalur digital, baik untuk kepentingan dakwah maupun entrepreneurship.

Program tersebut kemungkinan akan bertambah, dengan harapan para lulusan kelas 12 yang akan menempuh ke universitas dapat lebih mandiri dan bermanfaat untuk masyarakat luas.

¬†Biaya masuk pesantren FIWA ini memang tergolong untuk kalangan menengah atas, akan tetapi pesantren ini memiliki jalur masuk kuliah ke Arab Saudi dengan Bea Siswa. Sehingga, biaya masuk dan sekolah dari SMP dan SMA dapat “terbayarkan”.

 Untuk informasi selanjutnya mengenai pesantren internasional Fitrah Islamic World Academy ini, silahkan klik di sini.

Pin It on Pinterest

Share This