0 888 1 6262 52

Aktivitas digital untuk aktivasi brand tidak hanya dapat dipantau melalui insight masing-masing platform media sosial. Pelajari cara gunakan Google Analytics untuk meningkatkan dampak media sosial terhadap pertumbuhan bisnis Anda.

“Jika Anda tidak menggunakan Google Analytics, Anda kehilangan sebagian besar dari apa yang membentuk gambaran lengkap dari strategi inbound marketing Anda”

Apakah Anda bergerak dalam B2B atau B2C, Anda dapat meningkatkan aktivitas di media sosial agar lebih berdampak pada pertumbuhan bisnis Anda.

Google Analytics membantu pemasar ‘menyelam’ lebih dalam dan benar-benar memahami siapa audiens target mereka, di mana dan bagaimana audiens target mereka menemukan situs web, serta perilaku mereka di website.

Cara Gunakan Google Analytics Untuk Manajemen Medsos

Jika Anda tidak menggunakan Google Analytics secara bersamaan dengan metrik media sosial, maka Anda kehilangan sebagian besar dari apa yang membentuk gambaran pemasaran inbound Anda.

Berikut adalah delapan pelaporan Google Analytics yang dapat menunjukkan kepada Anda informasi penting untuk meningkatkan upaya pemasaran media sosial. 

1. Ikhtisar Pemirsa & Demografi

Kuncinya adalah mengetahui audiens Anda dan jangan menganggap audiens Anda tidak akan pernah berubah. Untuk menentukan perubahan apa pun, pastikan untuk memeriksa secara teratur laporan Gambaran Umum Pemirsa dan laporan Tinjauan Demografi.

ringkasan audiens di google analytics

ringkasan audiens di google analytics

Perhatikan braket usia primer, jenis kelamin, lokasi geografis, dan bahasa. Jika bisnis Anda menjual produk atau layanan terkait teknologi, melihat Sistem Teknologi dan laporan Seluler akan sangat berguna. Selain itu, perhatikan rasio pentalan, durasi sesi rata-rata, dan sejumlah pengguna dari bulan ke bulan.

Tujuan pemasaran Anda harus memainkan metrik ini, karena salah satu tujuan utama pemasaran media sosial adalah untuk menarik lebih banyak pengguna ke situs web, meningkatkan durasi sesi, mengurangi rasio pentalan dan mengumpulkan lebih banyak konversi / prospek.

2. Sumber / Media Akuisisi

Sama pentingnya dengan informasi yang disebutkan di atas, Anda perlu tahu dari mana pengunjung situs web Anda berasal.

Laporan ini untuk melihat semua lalu lintas situs untuk mengukur di mana media sosial cocok.

laporan akuisisi di google analytics

laporan akuisisi di google analytics

Apakah ada salah satu platform media sosial Anda salah satu strategi lalu lintas masuk utama Anda? Semoga demikian, dan jika tidak, lihat sumber rujukan lain yang sukses dan coba cari tahu mengapa mereka mendapat lebih banyak klik daripada halaman media sosial Anda.

Periksa apakah ada situs rujukan yang lebih efektif yang tidak disebutkan di pelaporan media sosial Anda?

3. Optimisasi Mesin Pencari

Laporan ini menampilkan istilah pencarian Google yang dulu digunakan orang, menemukan tautan ke situs Anda, dan kemudian mengklik ke situs Anda.

laporan kata kunci google analytcs

laporan kata kunci google analytcs

Gunakan istilah pencarian ini untuk menemukan apa yang dipertanyakan atau diminati orang. Maka Anda harus menggunakan topik ini untuk ide posting di media sosial (dan juga tentunya untuk ide posting di blog.)

4. Perilaku Semua Halaman

Halaman paling populer di situs web Anda adalah halaman yang ingin Anda sebutkan secara berkala di media sosial.

laporan perliaku halaman yang disukai pengunjung

laporan perliaku halaman yang disukai pengunjung

Laporan tersebut mencantumkan halaman paling populer di situs Anda, dan itu juga menampilkan waktu rata-rata di halaman itu, jumlah pintu masuk ke situs di halaman ini dan tingkat bouncing begitu pengunjung situs ada di halaman ini.

Ini semua adalah informasi yang sangat membantu karena mengungkapkan halaman apa yang dianggap berharga oleh kebanyakan orang di situs Anda – dan itu adalah halaman yang ingin Anda pastikan Anda tautkan dalam posting media sosial.

5. Tinjauan Sosial

Ini adalah laporan yang sangat standar yang menunjukkan saluran media sosial mana yang menghasilkan banyak kunjungan situs web selama periode waktu yang Anda pilih.

Halaman tinjauan sosial di google analytics

Halaman tinjauan sosial di google analytics

Halaman ini juga menunjukkan jumlah total sesi situs web yang mana pengunjung tersebut berasal dari media sosial, dan total jumlah konversi media sosial.

Ini membantu Anda melihat situs media sosial mana yang merupakan penyedia lalu lintas utama Anda, mana yang membutuhkan lebih banyak pekerjaan untuk menyediakan lalu lintas masuk dan mana yang menciptakan ROI terbaik.

6. Halaman Arahan Sosial

Lihatlah daftar URL bersama yang paling sering diklik (dari situs web Anda) tentang keberadaan media sosial Anda. Gunakan halaman paling populer untuk posting media sosial di masa depan.

Anda juga akan ingin mempertimbangkan jumlah waktu yang dihabiskan di setiap halaman.

Halaman Arahan Sosial

Halaman Arahan Sosial

Halaman arahan sosial[/caption]

Anda harus mengetahui halaman yang sangat populer tapi orang menghabiskan waktu singkat (seperti 10-20 detik), hanya dengan mengklik tautan tertentu untuk pergi ke halaman lain selama beberapa menit, halaman terakhir inilah yang ingin Anda bagikan di media sosial.

7. Alur Pengguna Sosial

Jika Anda belum pernah menggunakan laporan Alur Pengguna di Google Analytics, Anda kehilangan beberapa data yang sangat keren dan bermanfaat!

Perilaku halaman untuk ketahui halaman mana yang bagus untuk di share ke sosmed

Perilaku halaman untuk ketahui halaman mana yang bagus untuk di share ke sosmed

Ini menggambarkan jalan di mana pengunjung Anda mengambil, mulai dengan situs media sosial, kemudian halaman awal (URL pertama yang mereka klik saat mengunjungi halaman media sosial Anda), dan kemudian mengikuti mereka melalui situs, menunjukkan setiap halaman lain yang mereka klik di.

Informasi ini dapat sangat berguna karena dapat menunjukkan halaman mana yang mendorong pengantaran dan halaman mana yang berhasil memengaruhi orang untuk mengunjungi halaman lain. Ini juga akan menunjukkan berapa banyak orang yang awalnya dari situs media sosial mana yang mengunjungi halaman Hubungi Kami, halaman formulir penangkapan lainnya atau halaman pemesanan produk.

8. Konversi Sosial

Gunakan laporan ini untuk melihat dengan tepat saluran media sosial mana yang menghasilkan konversi.

Ini adalah informasi penting yang diperlukan untuk membentuk ROI pada upaya pemasaran media sosial. Tetapi ingat bahwa itu sepenuhnya mungkin ya dan mungkin tidak terhadap seseorang yang pertama kali mengunjungi situs web Anda setelah melihat informasi Anda di media sosial, dan kemudian kembali lagi nanti untuk membeli atau menghubungi bisnis Anda.

Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki contact form di website (formulir kontak / formulir berlangganan) sehingga Anda dapat mengumpulkan data tentang bagaimana setiap prospek menemukan bisnis Anda dan sampai ke situs web Anda hingga menempatkan order atau prospek untuk Anda.

Ini merupakan salah satu tujuan akhir dari cara gunakan google analytics untuk meningkatkan dampak dari social media marketing Anda.

 

Semua informasi tersebut di atas akan membantu memberi Anda pemahaman yang jauh lebih baik tentang saluran media sosial apa yang paling banyak menghasilkan lalu lintas ke situs web Anda, strategi apa yang berfungsi vs tidak berfungsi, halaman web apa yang paling populer dan halaman web apa yang menyebabkan pengunjung mengonversi.

Sebagai digital marketer, Anda tidak bisa hanya terpaku pada platform media sosial saja. Sejatinya, digital marketing wajib membuat sebuah website untuk perusahaan mereka atau perusahaan yang mereka wakili. Kemudian Anda dapat mulai cara menggunakan google analytics tersebut di atas untuk meningkatkan dampak aktivasi di media sosial.

Itu semua adalah data yang harus Anda pertimbangkan ketika membuat kiriman media sosial dengan harapan dapat membangun lebih banyak lalu lintas dan konversi di situs web.

Hal ini bisa jauh lebih mudah daripada yang Anda pikirkan.

Apakah Anda aktif dalam pemasaran media sosial? Maka Anda mungkin mencari lalu lintas dari media sosial ke blog atau situs web Anda.

Apakah Anda ingin melihat hasilnya dengan cepat? Apakah Anda ingin meningkatkan lalu lintas dan mengembangkan bisnis Anda?

Anda dapat mengikuti proses persis yang kami gunakan untuk meningkatkan lalu lintas kami ke blog baru dari nol menjadi ribuan pengunjung per bulan dalam waktu 1 tahun (standar 1.5 tahun – 2 tahun).

Dan Anda bisa dengan mudah mengikuti petunjuk langkah demi langkah untuk melihat jenis lalu lintas yang sama sukses – semuanya dengan lalu lintas gratis, tanpa biaya iklan yang terlibat.

Pin It on Pinterest

Share This