0 888 1 6262 52
Dalam pemasaran digital, segala sesuatu selalu berubah, berkembang, dan kita di tuntut untuk berinovasi. Seperti yang kita ketahui, pemasaran digital merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari transformasi digital secara keseluruhan.

Perusahaan yang sukses diharapkan dapat melakukan perubahan selama bertahun-tahun dan salah satu evolusi yang paling menarik berkisar seputar digital.

Jika Anda memimpin perubahan digital di perusahaan dan membutuhkan sedikit inspirasi, silahkan simak artikel ini untuk mengetahui bagaimana beberapa brand terbesar mengelola transformasi digital mereka.

Apa yang dimaksud dengan Transformasi Digital?

Secara keseluruhan, transformasi digital adalah melakukan digitalisasi operasional bisnis dan pemasaran. Transformasi digital di dorong oleh perkembangan teknologi informasi dan penetrasi internet yang masif dan telah banyak merubah prilaku konsumen.

Perusahaan yang berharap bisa melakukan pergeseran ke strategi pemasaran berbasis primer (atau bahkan sebagian) berbasis digital menghadapi banyak pilihan keputusan: Di mana Anda menemukan tenaga trampil? Berapa anggaran yang harus dikeluarkan untuk pemasaran digital? Jenis media sosial apa yang Anda fokuskan? Bagaimana kita menjaga audiens sambil tetap menarik yang baru?

Memang, strategi digital jauh lebih dari sekedar membuat situs web yang hebat dan mengumpulkan lebih banyak pengikut Facebook atau Twitter. Ini adalah tingkat keterlibatan baru yang membutuhkan banyak keahlian dan energi baru.

Mengapa Transformasi Digital Sangat Penting?

Semua orang terhubung akhir-akhir ini, dan beberapa perusahaan merasa sulit untuk mengikuti: Menurut Smart Insights, sekitar 49% perusahaan belum menerapkan strategi pemasaran digital yang didefinisikan dengan jelas.

Tapi bukan hanya fakta bahwa orang-orang berbelanja online melalui saluran digital; Saat ini, orang membuat keputusan pembelian secara berbeda. Mereka lebih teliti saat ini, dan (kadang-kadang) memiliki pilihan global tentang di mana menemukan produk yang mereka inginkan.

Singkatnya, konsumen jaman now lebih cenderung mencari produk ideal mereka daripada diyakinkan melalui iklan. Disini kita dapat memanfaatkan content marketing sembari mendorong popularitas di search engine. Baru kemudian konsumen akan belanja online atau mendatangi toko anda.

Konsumen menjadi lebih kritis terhadap setiap keputusan pembelian yang akan mereka buat. Dengan maraknya penggunaan perangkat mobile dan kemunduran kebutuhan akan barang dan jasa lokal, konsumen sekarang mencari apa yang mereka inginkan dan mendapatkannya dengan cepat, daripada pengiklan harus “menunjukkan” produk kepada konsumen agar mereka membelinya.

Bagaimana Transformasi Digital Mengubah Pengalaman Pelanggan?

Satu hal yang mengubah pengalaman pelanggan di ranah digital adalah barang yang dapat dipakai seperti Fitbits yang memungkinkan pelanggan memasukkan informasi saat dalam perjalanan. Perusahaan ini berkembang cukup pesat, yang berarti bahwa perusahaan kebugaran dapat melakukannya dengan baik untuk bermitra dengan gadget seperti ini. Ada juga banyak otomasi yang terjadi akhir-akhir ini yang memunculkan aktivitas ke depan.

Contoh lain bagaimana konsumen memiliki kontrol lebih terhadap iklan adalah pemblok iklan (ad blocker) dan kemampuan untuk “menyembunyikan” iklan di umpan berita media sosial mereka. Karena mereka terus memiliki kontrol yang lebih besar atas apa yang mereka lihat, pengiklan menghadapi tantangan yang semakin banyak. Hal ini meningkatkan kebutuhan untuk mengembangkan dan berbagi konten yang relevan yang benar-benar bermanfaat bagi konsumen.

Jadi, bagi bisnis, pengalaman pelanggan yang berubah berarti lebih dari sekedar membuat situs web seluler atau bermitra dengan perusahaan digital. Mereka benar-benar perlu menyadari bagaimana menciptakan dan mempertahankan loyalitas merek dalam konteks keseluruhan perjalanan pelanggan.

Tren Transformasi Digital

Dalam rangka mempertahankan loyalitas pelanggan dan membangun hubungan, perusahaan harus tetap fokus pada merek dan pada titik ketika sampai pada tren teknologi. Berikut adalah beberapa area yang benar-benar masuk ke garis terdepan di bidang pemasaran digital yang dapat dijadikan pertimbangan.

AI memiliki begitu banyak aplikasi dalam dunia pemasaran digital. Salah satu contoh adalah chatbots yang sudah tertanam dalam banyak sistem pesan sosial dan siap digunakan oleh bisnis fintech dan perbankan untuk layanan nasabag. Tapi di luar itu, mereka memiliki kemampuan untuk menganalisis dan menyimpan sejumlah besar informasi yang dapat menginformasikan strategi pemasaran digital Anda.

Meskipun teknologinya masih dalam tahap awal, ada kemungkinan bahwa kedepannya akan cukup maju untuk membuat keputusan yang lebih kompleks dan sulit. AI sangat berguna untuk mengumpulkan data pelanggan dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya.

Apakah bisnis Anda adalah e-commerce, fotografi, pembersihan lingkungan, perjalanan, atau apa pun di antaranya. Banyak perusahaan yang menemukan penggunaan drone. Karena mereka dapat berdiri lebih dekat dan pribadi, serta menghilangkan kebutuhan akan jenis staf tertentu (misal: untuk pengiriman barang), mereka merupakan teknologi yang paling banyak dilihat oleh bisnis.

UPS sudah memiliki pesawat tak berawak untuk pengiriman yang dibangun dengan stasiun pengisian ulang. Meskipun pesawat tak berawak saat ini memiliki masa pakai baterai yang pendek, rencananya adalah membangun perangkat lain yang bisa membuatnya jaraknya lebih jauh.

Teknologi Blockchain adalah teknologi kriptografi yang menghubungkan data secara aman dan anonim. Blockchain bukan hanya sekedar Bitcoin, blockchain memiliki banyak aplikasi. Misalnya, blokchain dapat membantu memperbaiki keamanan pangan dan juga keamanan transaksi besar seperti yang sering terjadi di industri real estate. Blockchain akan menjadi platform kunci dalam privasi data di bidang kesehatan dan keuangan.

Pemimpin dalam Transformasi Digital

Berikut adalah beberapa studi kasus transformasi digital yang membuktikan bahwa solusi cerdas telah bergerak di hampir semua industri.

Perusahaan yang siap dan mau benar-benar merangkul teknologi digital cenderung memiliki pendekatan dan pandangan bisnis yang sedikit berbeda. Misalnya, mereka berharap bisa berinvestasi lebih banyak daripada yang lain di bidangnya dan lebih berorientasi pada pertumbuhan.

Mereka juga berharap bisa memimpin perolehan penjualan, merek, dan pengalaman pelanggan. Jenis perusahaan ini juga mengambil persediaan penuh dari berbagai pilihan, daripada membatasi diri hanya pada teknologi yang tampaknya “sesuai” atau terjangkau.

Kustomisasi dan Otomasi McDonald’s

McDonald’s telah membuat kemajuan utama dalam hal transformasi digital selama beberapa tahun terakhir. Ini sebagian karena mereka menyewa tim ahli yang dipimpin oleh penasihat teknis Zaki Fasihuddin. Pendekatan mereka benar-benar untuk mengamankan semacam perusahaan mini dari dalam ke luar, sehingga perusahaan ini kemudian bisa menangani semua komponen pemasaran tradisional dan digital dari dalam ke masa depan.

Tujuan keseluruhan mereka adalah berfokus secara khusus pada keterlibatan pelanggan dan pengalaman pelanggan. Jadi, daripada berfokus pada bagaimana makanan cepat tersaji, Mc Donald’s melakukan otomatisasi untuk dapat lebih cepat beradaptasi terhadap faktor eksternal dan memberikan penawaran ke pelanggan.

Kios otomatis sekarang menjadi norma di banyak restoran McDonald’s. Sebuah usaha yang menghasilkan banyak rantai makanan cepat saji lainnya dapat mengikuti cara ini.

Selama Super Bowl 2015, Mc Donald’s menawarkan produk yang bertepatan dengan iklan yang terjadi melalui game secara real time, yang kemudian menghasilkan hal yang viral.

Sebetulnya, cara ini telah dilakukan di Seven Eleven Indonesia, akan tetapi sayangnya perusahaan tersebut “layu sebelum berkembang” lantaran menjual alkohol.

Kebangkitan Lego

LEGO hampir pailit sekitar 13 tahun yang lalu dan terpaksa merestrukturisasi berdasarkan pendekatan baru yang berfokus pada teknologi digital. Lego mulai bergerak ke aplikasi seluler dan meningkatkan marjin keuntungan sebesar 15% dalam 10 tahun ke depan. Salah satu proyek mobile-nya adalah aplikasi permainan. Lego juga membuat film animasi “star wars” yang disukai oleh anak-anak.

Aplikasi Order dan Pembayaran di Starbucks

Starbucks mengambil digitalisasi selangkah lebih maju daripada hanya melakukan aplikasi mobile dengan menciptakan program loyalitas aktual yang memiliki bonus tambahan dari fitur bayar.

Dengan berpikir dalam hal pengalaman pengguna dan kepraktisan umum, mereka berhasil mengatasi dua masalah bagi konsumen: formasi (Anda dapat memesan ke depan) dan melupakan kartu loyalitas mereka. Motivasi mereka Jumlah informasi pelanggan yang jauh lebih cepat, mudah dan lebih besar disalurkan kembali ke perusahaan secara konsisten

Toko pakaian dalam Baltimore Under Under Armor menyajikan sebuah platform kesehatan pribadi yang inovatif. Platform tersebut mereka sebut sebagai “kebugaran terhubung” yang memungkinkan perusahaan menemukan tren kesehatan dan kebugaran tertentu di seluruh dunia.¬†Kemudian perusahaan mengikuti temuan tren tersebut dan menargetkan upaya pemasaran digital di pasar spesifik ini.

Makeup Genius

Pemimpin Kosmetik L’Oreal tidak asing dengan penelitian dan inovasi saat mereka mulai bermitra dengan para startup digital beberapa tahun yang lalu dan meluncurkan perusahaan kecantikan baru. Mereka juga menemukan tenaga ahli digital yang berada di bawah CEO mereka dan mempekerjakan lebih dari 1000 pakar pemasaran digital untuk berkontribusi pada tingkat baru upaya pemasaran. Berbagai upaya kolaborasi yang mereka dorong untuk saat ini adalah kunci untuk melakukan peralihan ke periklanan dan pemasaran digital.

Salah satu kisah suksesnya adalah Makeup Genius yang menawarkan kepada pelanggan kesempatan untuk membuat makeup “mencoba” secara digital sebelum membeli. Ini hanya sekitar satu tahun – dan memiliki sekitar 20 juta unduhan.

Di Industri perhotelan, pemasaran digital juga telah terjadi. Seperti Shangrila yang mengedepankan virtual tour untuk memberikan pengalaman bagi para calon pelanggan. Penjualan dalam bisnis sekarang ini lebih di dorong dari upaya dalam pemasaran di saluran digital.

Kesimpulan

Transformasi digital telah terjadi di banyak perusahaan secara global termasuk di Indonesia. Teknologi berubah dengan cepat dan mengubah perilaku konsumen. Kebanyakan perusahaan telah melakukan pergeseran ke dunia pemasaran digital.

Perusahaan perlu mencari cara baru dan inovatif untuk mengikuti perubahan besar yang terjadi dalam pemasaran digital saat ini.

Peralihan ke pemasaran digital tidak akan selalu mudah, namun dengan menggunakan strategi terpadu, kemauan untuk merekrut talenta baru dan membangun kemitraan baru dengan pakar digital marketing. Pendekatan inovatif dapat membuat lebih dekat dengan pelanggan, hal itu sama sekali mungkin terjadi.

Dengan melakukan transformasi digital terutama dalam hal pemasaran, maka bisnis anda akan memiliki kemampuan daya saing yang lebih kuat.

Transformasi Pemasaran

Kami memberikan layanan pemasaran digital untuk UKM dan Perusahaan Besar. Dikelola oleh profesional berpengalaman dan tersertifikasi oleh Google.

Pin It on Pinterest

Share This