0 888 1 6262 52

Setiap hari, jutaan transaksi e-commerce berlangsung di seluruh dunia. Pembelian barang secara online semakin populer. Dengan demikian, akan ada peningkatan terhadap ancaman maya. Berikut kami sajikan tips singkat untuk meningkatkan keamanan website toko online anda.

Dalam meningkatkan keamanan website toko online, salah satu faktor yang paling penting adalah melindungi data pelanggan. Karena jika pelanggan sudah tidak percaya, maka reputasi bisnis anda juga akan terganggu. Kemudian hal tersebut akan membawa dampak pada penurunan penjualan.

Pentingnya Meningkatkan Keamanan Website Toko Online di Era Digital

Pada 2015, jumlah transaksi diperkirakan 38,5 miliar di seluruh dunia, naik 51 persen dari 25,4 miliar di tahun 2012.

Pada saat yang sama, website toko online merupakan target utama hacker, kecurangan, dan risiko keamanan lainnya. Situs E-niaga merupakan sasaran favorit bagi peretas karena mereka dapat menghasilkan informasi berharga, termasuk nomor kartu kredit dan data pribadi lainnya.

Berita tentang pelanggaran data yang besar di perusahaan besar telah menjadi hal yang biasa, namun bukan hanya perusahaan besar yang menjadi target dan korban. Situs e-commerce dengan ukuran apapun rentan terhadap peretasan, penipuan, dan jenis serangan cyber lainnya.

Sebenarnya, perusahaan kecil mungkin lebih rentan karena sumber daya yang terbatas dan sering dialihkan ke tempat lain atau keahlian keamanan cyber yang dibutuhkan tidak tersedia.

Dalam hal ini, perusahaan kecil dapat menggunakan jasa layanan web managed service kami, sehingga tidak terlalu membebankan biaya anda.

Namun, untuk meningkatkan keamanan website toko online yang tepat merupakan prioritas di dunia digital saat ini. Ada risiko besar untuk tidak berinvestasi dalam meningkatkan keamanan website toko online. Serangan cyber bisa berarti kehilangan pendapatan, penurunan reputasi merek dan kepercayaan konsumen.

Tips Cara Meningkatkan Keamanan Website Toko Online

Mari kita lihat beberapa cara meningkatkan keamanan untuk website toko online anda.

  1. Pastikan Kepatuhan PCI DSS

    Akhir-akhir ini dibutuhkan lompatan bagi konsumen untuk memasukkan nomor kartu kredit tersebut ke situs e-commerce. Setiap kali mereka melakukannya, mereka mempercayakan kerahasaiaan data kepada bisnis Anda agar informasi sensitif mereka tetap aman.

    Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran (PCI DSS) menetapkan persyaratan keamanan untuk semua perusahaan yang menangani transaksi kartu kredit. Dari protokol otentikasi yang kuat hingga enkripsi data sensitif selama transit melalui internet, kepatuhan PCI DSS melindungi perusahaan dan konsumen.

    Pedoman lain termasuk tidak menyimpan informasi kartu kredit di database lebih lama dari yang diperlukan untuk transaksi tertentu.

    Perlu diingat, bahkan ketika penyedia layanan pihak ketiga terbiasa memproses transaksi online, pedagang masih bertanggung jawab untuk memastikan transaksi yang aman. Pengecer harus memantau sistem mereka dari ujung ke ujung untuk memastikan kepatuhan.

    Namun, jika anda tidak memproses pembayaran kartu kredit, tentunya sertifikasi PCI DSS tidak relevan untuk anda. Ikuti syarat untuk meningkatkan keamanan website toko online selanjutnya.

  1. Berinvestasi dalam Aplikasi Web Firewall

    Sebagian besar situs e-commerce memanfaatkan beberapa jenis aplikasi web – keranjang belanja, sistem manajemen konten, dan solusi SaaS lainnya. Firewall jaringan tradisional tidak dapat memfilter dan memeriksa lalu lintas lapisan aplikasi (Layer 7) dengan benar. Solusinya adalah menggunakn aplikasi web firewall (WAF) yang menganalisa dan menerapkan seperangkat aturan yang spesifik untuk interaksi layer aplikasi.

    WAF secara khusus melihat ciri-ciri lalu lintas perilaku, mengidentifikasi pola yang tidak biasa dan mencegah lalu lintas yang berpotensi berbahaya untuk dilewati. Injeksi SQL, scripting lintas situs, pembajakan sesi, parameter atau gangguan URL adalah beberapa ancaman aplikasi web yang dapat di mitigasi oleh WAF.

    Firewall aplikasi web tersedia sebagai solusi perangkat keras, jaringan, atau host. Ada teknologi WAF yang terintegrasi dengan layanan lain yang terkait dengan situs e-commerce, seperti jaringan pengiriman konten atau perlindungan DDoS.

    Dalam memberikan jasa pembuatan website toko online atau website coporate, kami menggunakan beberapa layanan Firewall dan mitigasi DDoS. (Silahkan lihat: feature website).

  1. Lindungi Situs Anda dengan Perlindungan DDoS

    Dalam serangan denial-of-service terdistribusi (DDoS), penyerang mendapatkan akses ke beberapa perangkat dan menggunakannya untuk membanjiri server target, atau jenis infrastruktur web lainnya. Tujuan serangan DDoS adalah untuk memperlambat kinerja situs suatu web bahkan hingga melumpuhkan website. Saat ini, serangan DDoS banyak dikombinasikan dengan penyusupan malware. Untuk meningkatkan keamanan website toko online, terutama bagi yang menerima pembayaran kartu kredit, sebaiknya juga menggunakan mitigasi malware yang dapat mengenali pola perilaku malware.

    Kampanye DDoS bisa bertahan rata-rata 2-6 jam dan menghabiskan ribuan bisnis dengan pendapatan yang hilang. Reputasi merek dan kepercayaan konsumen juga dipertaruhkan.

    Pertimbangkan solusi perlindungan DDoS berbasis cloud seperti CloudFlare. Ini menyediakan mitigasi proaktif, serta isolasi lalu lintas dan penyerapan. Perlindungan DDoS berbasis awan memiliki bandwidth jaringan untuk menangani lonjakan besar lalu lintas serangan DDoS dan menawarkan dukungan layanan 24/7.

  1. Bermitra dengan Secure Hosting Provider

    Penyedia web hosting adalah dasar dari kesuksesan sebuah website toko online. Hosting yang dapat diandalkan adalah yang memiliki kerangka kerja yang menyediakan komponen penting untuk keamanan situs. Pastikan penyedia hosting Anda selalu peduli terhadap keamanan. Lingkungan hosting khusus yang menggunakan enkripsi, melakukan pemantauan jaringan reguler (untuk perangkat lunak perusak, virus, dan sebagainya.) Dan memiliki prosedur yang berlaku jika terjadi pelanggaran data.

    Salah satu syarat keamanan website adalah dengan memiliki backup yang berada di hosting dan juga selalu di download ke external hard drive anda. Tanpa backup yang tersedia, akan menjadi sulit untuk memulihkan website toko online setelah terkena serangan.

  1. Update seluruh elemen website

    Salah satu cara peretas mendapatkan akses ke situs web adalah dengan cara mencari kerentanan yang diketahui, perangkat lunak aplikasi web usang dan mengungkap kata sandi yang lemah atau default. Dengan cara ini, situs e-commerce ukuran kecil dan menengah lebih rentan daripada perusahaan yang lebih besar. Ini adalah buah yang menggantung rendah di dunia hacker.

    Tutup kerentanan ini dengan tetap mengikuti pembaruan dan menginstalnya sesegera mungkin. Ini berlaku untuk server, kode pihak ketiga (WordPress, Java, Prestashop, dan sebagainya.) Juga selalu update plugin atau modul-modul lainnya yang terpasang.

    Dengan menggunakan jasa pembuatan website kami, terutama untuk website perusahaan berbasis wordpress dan toko online berbasis woocommerce, update dapat dilakukan secara otomatis berdasar parameter konfigurasi yang akan anda terapkan.

jasa manajemen web

Tetap Waspada dan Konsisten

Lanskap ancaman cyber ke situs e-commerce terus berubah dan beradaptasi dengan teknologi dan keadaan baru. Ini penting untuk tetap update terhadap trend keamanan cyber dan solusi keamanan terbaru. Tim keamanan perlu mengadopsi keadaan pikiran yang konstan. Ini melibatkan tugas seperti:

  • Lakukan tes rutin di website.
  • Perbaiki masalah segera setelah mereka diidentifikasi.
  • Pantau situs web untuk tetap di atas kerentanan.

Masing-masing langkah yang diuraikan akan membuat Anda berada di jalur yang benar untuk meningkatkan keamanan website toko online.

E-niaga adalah industri yang bergantung pada situs web untuk menghasilkan uang. Oleh karena itu, membuat dan memelihara situs web yang aman sangat penting. Jangan mengabaikan langkah-langkah penting ini untuk melindungi situs Anda.

Pin It on Pinterest

Share This