Menurut survei yang dilakukan oleh Box Technologies dan Intel di Inggris, sembilan dari sepuluh pembeli menghindari toko dengan antrean panjang. 70% pelanggan yang disurvei juga mengatakan bahwa mereka mungkin tidak akan kembali ke toko yang memiliki antrean panjang. Jika anda pemilik toko retail atau restoran, pelajari cara untuk kurangi antrean ini.

Cara Untuk Kurangi Antrean di Toko Ritel dan Restoran

Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa ketika Amazon memperkenalkan Amazon Go, konsep baru dari toko tanpa kasir, banyak yang menyambutnya sebagai revolusi yang sangat dibutuhkan. Lagi pula, tidak ada checkout = tidak ada antrean yang memakan waktu.

Bahkan jika Anda tidak siap untuk bebas kasir di toko Anda, ada beberapa perubahan yang dapat Anda terapkan untuk memotong waktu antri. Berikut beberapa ide cara untuk kurangi antrean di toko atau restoran anda:

Menggunakan Mobile Point of Sales (POS)

Bukankah lebih nyaman untuk memiliki lebih banyak perangkat POS ?. Terutama saat ramai pengunjung. Dengan cara ini, kita tidak perlu membangun jalur pembayaran lain, atau membayar untuk kemampuan perangkat lunak tambahan.

Hari ini mungkin perangkat lunak Point of Sales (POS) canggih dapat dijalankan di komputer tablet atau ponsel cerdas. Sebagai salah satu cara kurangi antrean di kasir dapat dengan menambahkan perangkat Titik Penjualan (mPOS) seluler saat diperlukan.

Mobile POS memungkinkan staf untuk memindai item dan menerima pembayaran kartu di tempat. Hal ini tentunya dapat mengurangi beban pada bagian kasir. Mobile POS juga dapat digunakan untuk menyediakan layanan, misalnya mencari deskripsi atau ketersediaan item, di mana saja di lantai toko.

Oleh karena itu, mereka merupakan pilihan yang sangat pas untuk toko-toko fashion atau toko-toko khusus yang dicirikan oleh tingkat layanan yang tinggi.

Jika diperlukan, mobile POS tentu saja juga dapat terhubung ke stasiun perangkat keras, menghubungkan mereka ke printer POS, laci uang, dan sebagainya. Namun hal ini memerlukan keamanan jaringan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Menambahkan stasiun khusus untuk proses yang rumit

Penjualan yang mudah biasanya cepat diproses di cash register. Antrean pelanggan yang semuanya hanya membeli barang biasanya mengalir dengan cepat.

Di sisi lain, proses yang lebih kompleks – misalnya pertukaran barang, pesanan khusus atau untuk menangani pelanggan dengan kartu loyalitas, dapat menghabiskan banyak waktu. Proses tersebut dapat memperlambat jalur antrean secara signifikan.

Karena penjualan yang sederhana lebih umum daripada yang rumit, kita dapat mengurangi waktu tunggu rata-rata untuk sebagian besar pelanggan dengan membuat stasiun layanan khusus untuk pembeli yang membutuhkan bantuan tambahan – misalnya, mereka yang membutuhkan pengembalian uang, pertukaran, pesanan khusus, dan banyak lagi.

Menggunakan sistem POS yang intuitif

Jika sistem kasir Anda rumit untuk dipelajari dan tidak masuk akal untuk digunakan, karyawan akan bingung, konsumen frustrasi, dan antrean semakin panjang di toko Anda.

Seperti dijelaskan di atas, 9 dari 10 orang akan menghindari supermarket yang memiliki antrean panjang di kasir. Hal ini harus di hindari untuk memaksimalkan penjualan di toko retail. Sebagai salah satu cara untuk kurangi antrean di supermarket adalah dengan mengenali faktor-faktor apa saja yang dapat memperlambat penanganan di kasir.

Misal berbagai jenis sayuran dapat memakan waktu lama untuk diproses di kasir, karena kasir harus terlebih dahulu mencoba untuk mencari tahu barang apa yang ia tangani dalam kantong plastik. Kemudian harus menemukan kode yang sesuai di buku kecil itu. Dan jika dia salah, mereka harus menelepon seorang manajer.

Dengan memilih sistem Point of Sale yang cepat dan memiliki antarmuka yang user-friendly, kasir dapat lebih cepat melayani pembayaran. Pada saat yang sama, tipe POS ini akan mengurangi waktu pelatihan.

Temukan fitur utama yang harus Anda cari pada sebuah POS dan pilih perangkat lunak yang dapat mendukung bisnis di saat ini dan di masa depan.

Miliki infrastruktur TI yang bebas tanpa gangguan

Mungkin kita sering melihat fenomena ini suatu baris di antrean cash register terlihat bergerak lebih cepat. Sementara Anda terjebak dalam antrean, terjadi masalah pada sistem. Hal ini tentu membuat anda frustrasi bukan ?.

Infrastruktur teknologi informasi sudah menjadi tulang punggung operasional bisnis sehari-hari. Dengan demikian, kelancaran koneksi jaringan, pencadangan perangkat dan server, dan segala hal yang diperlukan harus dapat mendukung operasional.

Saat memilih perangkat lunak baru, carilah sistem yang terkenal karena keandalannya dan memiliki kecepatan tinggi. Anda tidak ingin membuat antrean panjang karena berisiko meninggalkan pelanggan.

Perlambatan teknis merupakan penyebab utama antrean panjang. Karyawan dapat lebih terkena stres karena lambatnya aplikasi karena beban kerja server dan jaringan sudah tidak mendukung lagi.

Untuk mengatasi masalah antrian karena aplikasi POS berjalan semakin lambat, anda dapat menggandeng konsultan teknologi informasi. Terutama, untuk toko retail atau restoran dengan cabang yang banyak. Jasa manajemen IT akan sangat berguna sebagai cara untuk kurangi antrean di setiap outlet anda.

Cara untuk mengurangi antrean lainnya dapat berupa hal-hal yang inovatif, seperti online ordering. Namun, online ordering lebih tepat untuk mengalihkan cara orang belanja. Antrean akan tetap panjang di tempat anda jika pengunjung banyak yang datang.

Antrean panjang mungkin merupakan masalah umum. Bagaimanapun juga, itu berarti toko Anda sangat populer. Namun, bagi pelanggan Anda, antrean panjang berarti layanan yang lambat, kejenuhan, dan sesuatu yang harus di hindari.

Pembeli tidak akan sabar untuk menunggu lebih lama lagi, apalagi jika itu di restoran dimana mereka semakin merasa lapar. Oleh karena itu, segera tingkatkan kecepatan dan kelancaran pada proses antrean di setiap unit bisnis anda.

Anda dapat mengambil langkah ke arah yang benar dengan mengurangi waktu antri dengan menggunakan saran di atas.

Investasi Green Data Center di Indonesia Sedang Meningkat

Beberapa organisasi peneliti pasar telah mengeluarkan laporan yang secara jelas mengindikasikan investasi green data center di Indonesia sedang alami peningkatan. Berkembangnya issue pemanasan global telah membangkitkan kesadaran yang menghasilkan keyakinan untuk...

300.000 Pengguna Toko Online Prestashop Harap Waspada!

Pada 26 Juli 2022 yang lalu, perretas menargetkan 300.000 pengguna toko online prestashop yang mengekploitasi hingga pada sistem pembayaran online. Pelaku peretasan mengeksploitasi celah keamanan yang sebelumnya tidak diketahui di platform e-commerce PrestaShop untuk...

Hybrid Working Menjadi New Normal Setelah Pandemi Selesai

Hybrid working adalah gabungan bekerja dari rumah (WFH) dan bekerja di kantor (WFO). Transformasi digital terbukti dapat membantu banyak orang saat pandemi. Belanja bulanan online, meeting virtual, e-wallet, online collaboration tools seperti Trello dan Monday.Com...

Apa Kegunaan Landing Page? Berikut Penjelasannya!

Apakah anda masih bingung membedakan antara landing page dan homepage? Atau bagaimana sistem kerja landing page dan apa kegunaan website landing page ? Jika iya, anda telah membaca artikel yang tepat! Jadi, silakan simak sampai akhir ya.. Di zaman serba digital saat...

Keamanan Website Untuk Bisnis UKM Semakin Menjadi Penting

Website pebisnis UKM paling sering terkena serangan malware dan penerobosan lainnya. Biasanya mereka tidak memiliki anggaran untuk keamanan website dan sayangnya mereka sering menggunakan tema dan plugin gratisan tanpa berhati-hati. Setelah website mereka tidak dapat...

Cara Meningkatkan Konversi Google Ads Pakai Landing Page

Landing page semakin popular di kalangan pelaku bisnis online, namun bagaimana cara meningkatkan konversi Google Ads dengan landing page merupakan tantangan sendiri. Banyak pelaku bisnis online yang masih berjuang dalam melakukan hal ini. Pada artikel kal ini, kami...

Pin It on Pinterest

Share This