0 888 1 6262 52

Jika Anda sudah berkecimpung dalam bisnis e-commerce, Anda akan mulai berpikir bagaimana dapat membuat produk Anda lebih menonjol dari yang lain di pasar. Kuncinya adalah dengan menulis deskripsi produk yang efektif. Lantas, bagaimana cara menulis penjelasan produk yang efektif untuk SEO?.

SEO atau Optimasi di mesin pencari merupakan salah satu teknik dalam pemasaran digital. Mungkin Anda telah hadir di berbagai sosial media dan marketplace, namun ketika orang mendapatkan informasi Anda, mereka tidak langsung membeli.

84% pengguna internet akan mencari informasi tambahan untuk produk yang akan mereka beli. Dan ini artinya, mereka menggunakan mesin pencari bukan?.

Cara Menulis Deskripsi Produk untuk SEO

Pada 2018, industri e-commerce dilaporkan menghasilkan pemasukan USD 504,6 miliar di Amerika Serikat. Dengan pemasukan sebesar itu, Anda mungkin ingin mulai menjual produk dan masuk ke industri e-commerce. Untuk itu Anda akan memerlukan cara menulis penjelasan produk agar dapat memenangkan persaingan.

Cara menulis penjelasan produk sepertinya mudah sekali. Yang harus Anda lakukan adalah merangkai beberapa kata untuk mengatakan sesuatu tentang produk dan kemudian tekan publish, bukan?. Bahkan lebih baik, cukup salin spesifikasi langsung dari pabrikan.

Tapi pikirkan lagi. Penjelasan produk dapat membuat perbedaan dalam penjualan Anda. Salinan harus ditulis dengan cara yang meyakinkan dan persuasif. Terlebih lagi, secara SEO, konten tulisan Anda harus original alias harus berbeda dengan yang lain.

Ini berarti, salinan Anda harus dioptimalkan untuk mesin pencari sehingga orang dapat dengan mudah halaman produk Anda di mesin pencari.

Sebagai cara menulis penjelasan produk, berikut adalah beberapa prinsip yang dapat Anda terapkan secara universal ke berbagai jenis produk sehingga Anda dapat meningkatkan peringkat pencarian Anda:

Gunakan kata kunci target

Hal terpenting dalam e-commerce adalah SEO. Jika orang mencari sesuatu, Anda ingin produk Anda berada di halaman pertama hasil pencarian.

Fokus pada kata kunci yang sudah digunakan orang atau secara teratur mencari kata kunci baru yang trending.

Anda dapat menggunakan alat seperti Perencana Kata Kunci Google yang merupakan alat gratis yang menunjukkan analitik pencarian kata kunci di mesin pencari Google. Selama Anda memiliki akun Gmail yang terhubung ke akun Google Ads, Anda dapat mulai menggunakan alat ini.

Perencana Kata Kunci Google memungkinkan Anda mencari kata kunci baru yang terkait dengan layanan atau produk Anda dan memberi Anda data penting seperti:

  • Volume pencarian
  • Tingkat persaingan (seberapa sulit untuk menentukan peringkat kata kunci pada pencarian Google)
  • Perkiraan biaya per kata kunci
  • Taksiran tayangan, klik, dan biaya setiap iklan.

Perencana Kata Kunci hanyalah 1 alat SEO. Anda harus miliki beberapa alat SEO efektif lainnya untuk berbagai keperluan.

Temukan Kata Kunci Potensial

Jika Anda mengklik ‘Temukan kata kunci baru’ pada Perencana Kata Kunci Google, Anda dapat memasukkan URL situs web Anda, halaman web spesifik Anda, atau kata kunci atau frasa terkait lainnya tentang produk Anda dan alat akan secara otomatis menyarankan kata kunci baru yang relevan untuk Anda.

Ini akan menjadi praktik terbaik untuk memiliki variasi kata kunci persaingan tinggi, sedang, dan rendah.

Jika Anda mengklik ‘Dapatkan volume pencarian dan perkiraan’, Anda harus memasukkan kata kunci pilihan Anda dan alat akan secara otomatis menganalisis kinerjanya di masa mendatang dengan memperkirakan kemungkinan klik, tayangan, dan biaya per kata kunci.

Setelah Anda mendapatkan semua kata kunci, lantas di mana Anda dapat menempatkannya dalam deskripsi produk Anda?. Berikut adalah daftar tempat Anda harus menempatkan kata kunci produk secara ideal:

  • URL
  • Judul produk
  • Dalam deskripsi produk
  • Teks alternatif gambar

Gunakan kata kunci Anda dengan hemat dan hindari pengulangan kata kunci terlalu banyak, terutama dalam deskripsi karena Anda dapat dikenakan sanksi oleh mesin pencari.

Optimalkan kata kunci transaksional

Kata kunci transaksional adalah kata kunci yang sudah memiliki niat beli. Pelanggan sudah pada tahap pembelian atau mereka sudah tahu apa yang harus dibeli.

Kata kunci tersebut adalah “beli” “terbaik” “terjangkau” “murah” “cadangan” “diskon” “di mana untuk membeli” “izin” “untuk dijual” “cadangan” misalnya.

Kata kunci transaksional Anda dapat terdiri dari dua cara:

Kata kunci transaksional + [Model merek atau nama Layanan] produk untuk konsumen yang sudah mengetahui produk spesifik yang mereka cari.

Kata kunci transaksional + [Istilah umum untuk menggambarkan produk] untuk konsumen yang belum memiliki gagasan yang jelas tentang merek atau perusahaan tertentu yang mereka inginkan.

Jadi, jika Anda menjual produk parfum laundry, kata kunci Anda mungkin sebagai berikut:

  • Tempat membeli tikar yoga USA
  • Parfum laundry murah
  • Beli parfum laundry [Wangi X]
  • Jual [Model X]
  • Harga [Model X]

Selain dari deskripsi produk, kata kunci ini juga dapat dimasukkan ke dalam deskripsi meta di halaman web.

Sebutkan manfaatnya

Menurut Psychology Today, perjalanan pembelian pelanggan sebagian besar dipengaruhi oleh emosinya. Jadi, ketika harus membuat keputusan, prosesnya biasanya didorong oleh representasi mental dari produk.

Anda dapat memberikan dampak lebih tinggi kepada pembeli potensial jika Anda membuat cerita di balik apa yang Anda jual.

Anda tidak cukup hanya menuliskan fitur yang mungkin mirip dengan ratusan produk yang tersedia secara online karena fitur cenderung impersonal dan digeneralisasi.

Contoh fitur adalah ukuran, warna, atau jenis bahan produk sementara manfaat produk memberi tahu Anda bagaimana produk dapat membuat Anda terlihat lebih baik daripada wanita lain yang menggunakan Merek X.

Katakanlah Anda menjual sepatu platform. Jika saya ingin mengatakan sesuatu tentang fitur-fiturnya, itu akan seperti ini: “sandal bertali Strappy, bagian atas Sintetis, bagian dalam Sintetis, sol karet, kaki terbuka, tali silang”

Namun dengan menggunakan pengetahuan ini, Anda dapat memutar fitur menjadi manfaat yang akan terdengar lebih menarik bagi pembeli. Secara pribadi, saya lebih suka memilih produk yang ditulis seperti ini karena saya tahu bagaimana itu akan berguna bagi saya:

  • Sepatu platform yang memiliki tali silang untuk mengamankan kaki Anda dengan nyaman
  • Bahan sintetis dirancang agar ringan, Anda dapat bergerak dengan mudah dan bergaya
  • Sepatu ini tidak mudah tergelincir berkat sol karetnya yang berkualitas.

Alih-alih berfokus pada fitur-fitur produk, tekankan manfaat yang dapat diberikannya kepada pelanggan.

Dalam menuliskan manfaat, ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Pengalaman atau emosi apa yang Anda inginkan dari pelanggan dari penggunaan produk?
  • Bagaimana produk ini membantu kebutuhan pelanggan?
  • Bagaimana produk ini akan meningkatkan kehidupan pelanggan?
  • Apa yang dicari pelanggan?

Ini adalah contoh yang baik dari deskripsi yang mencantumkan manfaat produk.

Perhatikan bagaimana deskripsi produk menggunakan frasa seperti :

  • “dibuat di Indonesia” (sudah menjadi otoritas yang mapan dalam hal ketahanan produk dibanding produk impor dari China);
  • “Membuat setiap hidangan menjadi kenangan” (menyiratkan bahwa itu dapat digunakan untuk acara keluarga apa pun).

Menggunakan poin utama, copywriter juga dapat menenun cerita di sekitar manfaat daripada berfokus pada spesifikasi yang terlalu teknis untuk dipahami. Ini bercerita tentang sejarah merek, bagaimana produk dapat dimanfaatkan untuk menciptakan pengalaman baru, keserbagunaannya dalam setiap kesempatan, dan fungsionalitasnya yang efektif.

Pastikan deskripsi Anda juga unik, menarik, dan bagus. Jangan menduplikasi konten dari pesaing lain.

Jika deskripsi Anda sendiri membantu pengguna menemukan produk Anda dengan mudah, peringkat Anda juga akan naik.

Deskripsi yang dapat mudah dipahami

Hadapi saja, tidak semua orang membaca seluruh salinan produk. Jadikan pengalaman pengguna yang baik untuk pelanggan potensial Anda. Jika mereka dapat melihat apa yang mereka butuhkan dalam produk dengan mudah, mereka dapat membeli produk lebih cepat.

Pastikan deskripsi produk Anda tidak terlalu panjang dan sorot hanya bagian-bagian penting agar salinannya mudah dipindai.

Berikut adalah beberapa prinsip yang harus diikuti:

  • Manfaatkan poin atau daftar poin
  • Memiliki tajuk atau gagasan utama
  • Pisahkan menjadi beberapa paragraf jika salinannya terlalu panjang.

Untuk produk teknis atau produk dengan spesifikasi “rumit”, ada baiknya memisahkan deskripsi menjadi dua bagian – satu untuk ringkasan dan satu untuk lembar spesifikasi teknis pabrikan.

Dengan sebuah website yang bagus (menggunakan teknologi website terbaru), Anda dapat mempersingkat penjelasan produk dengan bentuk tab seperti yang Anda lihat pada halaman artikel cara menulis penjelasan produk ini. 

Singkatnya, bagaimana Anda menulis penjelasan produk dalam SEO?

Kumpulkan kata kunci target Anda terlebih dahulu. Menggunakan perencana kata kunci seperti Perencana Kata Kunci Google, Anda akan dapat mengatur kata kunci yang memiliki beberapa tingkat volume pencarian. Anda juga dapat melihat tren dan perkiraan kinerja kata kunci tersebut di masa mendatang.

Manfaatkan penggunaan kata kunci transaksional karena orang yang menggunakannya mungkin sudah dalam tahap pertimbangan atau memiliki niat beli.

Tekankan manfaatnya daripada fitur dan cobalah untuk merangkai sebuah cerita jika memungkinkan. Ingat bahwa pelanggan terutama mendasarkan pembelian mereka pada emosi, jadi pastikan penjelasan produk mengenai emosi mereka.

Beri tahu mereka sejarah produk, bagaimana hal itu akan membuat hidup mereka lebih baik, untuk apa produk itu dan mengapa produk itu baik untuk mereka.

Terakhir, jangan membanjiri pelanggan Anda dengan tulisan penjelasan produk yang sangat panjang. Semakin cepat mereka menerima pesan Anda, semakin cepat mereka akan checkout. Gunakan poin-poin, bagilah paragraf Anda, tambahkan tajuk jika perlu, dan pertahankan singkat.

Di samping menulis penjelasan produk dengan baik, Anda juga harus memikirkan pencarian suara untuk strategi SEO yang telah menjadi semakin populer.

Terapkan prinsip-prinsip utama ini dan Anda akan melihat perbedaan dalam tingkat konversi Anda.

Dapatkan tenaga ahli profesional dan berpengalaman dalam memberikan jasa pemasaran konten untuk meningkatkan kehadiran merk dan perusahaan Anda di mesin pencari. Saat ini, Brand Anda harus hadir di mesin pencari.. jangan sampai terjadi anomali yang sebabkan penjualan Anda terus menurun.

Pin It on Pinterest

Share This