0 888 1 6262 52

Sebuah Tantangan di Era Transformasi Digital

Mengenal Karakteristik Saluran Digital Marketing

Digital marketing secara harfiah artinya adalah sebuah pemasaran digital. Dalam hal ini, kita perlu memahami saluran digital marketing sebagai sarana pemasaran di internet. Dengan menyeleksi saluran penyebaran informasi atau promosi yang tersedia maka aksi digital marketing dapat berjalan efektif.

Pengguna internet di Indonesia telah melampaui 130 juta orang atau setengah populasi penduduk. Dalam era transformasi digital sekarang ini, kecepatan dan ketepatan penyampaian informasi semakin penting. Digital marketing harus terukur agar dapat dilakukan penyesuaian sehingga perusahaan mendapatkan suatu set kampanye digital marketing yang efektif.

Digital Marketing Lebih Terukur dan Tertarget

Perusahaan dapat lebih berdasar dalam menerapkan anggaran promosi atau branding produk secara online. Seluruh hal dalam dunia digital dapat terlacak. Demikian kampanye promosi anda di saluran digital marketing, serba dapat terukur.

Pada saluran yang tersedia, kampanye digital marketing dapat di sesuaikan targetnya. Misal berdasar demografi, kebiasaan atau minat dan sebagainya. Para praktisi di dunia marketing dapat melakukan split testing. Misal, dengan menerapkan 4 target tertentu untuk kampanye iklan digital. Hasil dari target tersebut dapat di analisa efektifitasnya dan dicari dasar alasannya. Sehingga, pada akhirnya tim pemasaran anda dapat memiliki sebuah set target untuk kampanye iklan yang efektif. Inilah salah satu kelebihan digital marketing, lebih terukur dan tertarget.

Suatu iklan yang di tempatkan pada saluran yang dapat terukur, tentunya akan memberikan dasar yang jelas dalam penganggaran biaya iklan perusahaan anda. Kini sudah semakin tidak relevan untuk menempatkan iklan pada saluran yang tidak memiliki ukuran pasti atau ukuran tersebut berdasar hasil survey saja.

Dengan digital marketing, anda dapat menyelamatkan banyak biaya perusahaan dari pemborosan iklan yang terlalu sulit untuk di ukur efektifitasnya.

Mengenal Karakteristik Saluran Digital Marketing

Sosial media, Youtube, dan Search Engine merupakan beberapa saluran penyebaran promosi yang biasa di gunakan dalam proses digital marketing. Hal lain seperti e-mail campaign akan lebih efektif, namun tetap harus dikelola secara matang agar bisa mendapatkan ‘qualified leads’. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami karakteristik masing-masing saluran digital marketing tersebut.

Facebook

FB menempati peringkat teratas penggunaan sosial media di Indonesia dan dunia. Mulai dari anak sekolah dasar hingga usia lanjut menggunakan facebook. Iklan facebook dapat terintegrasi dengan instagram. Sebetulnya, Facebook lebih cocok untuk pemasaran horisontal atau untuk barang retail. Akan tetapi melalui menu penargetan iklan, FB ads dapat juga di gunakan untuk pasar vertikal (B2B). Apalagi di Indonesia, dimana para pekerja perkantoran masih lebih banyak yang mengakses FB ketimbang LinkedIn.

Pengalaman kami dalam mengelola iklan Facebook :

Untuk retail, FB ads cukup efektif namun tetap memerlukan split testing terhadap setiap ragam penargetan yang dibuat. Sedangkan untuk pasar B2B, iklan FB memerlukan split testing yang lebih mendalam, sehingga reach lebih sedikit akan teapi berpotensi membawa qualified leads yang kemudian dapat di follow up. Salah satu teknik terbaik untuk pasar vertikal adalah dengan mengiklankan artikel berkualitas seperti white paper atau special report, namun untuk dapat mengakses artikel tersebut pengguna diwajibkan memberikan e-mail, nama, perusahaan dan nomor telepon agar perusahaan bisa mendapatkan quantified leads.

Untuk pasar vertikal memang tidak cukup hanya sampai di FB Ads, karena quantified leads tersebut perlu di sortir kembali dengan teknik tertentu agar mendapatkan qualified leads.

Google Search Engine

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan pada saluran digital marketing yang satu ini. Optimasi website (SEO) dan penempatan iklan Google Adwords merupakan salah satu cara yang paling umum digunakan. Namun, ada kesalahan persepsi yang beredar seperti anggapan website tidak perlu di optimasi. Pengalaman kami menyatakan lain, website client yang di optimasi terlebih dahulu membutuhkan biaya yang lebih sedikit dalam penempatan iklan google. Sedangkan website yang tidak di optimasi akan selalu bergantung pada iklan adwords.

Iklan adwords memang dapat sangat membantu meningkatkan ranking hasil penelusuran di mesin pencari google. Oleh karena itu, sebaiknya website perusahaan anda di optimasi terlebih dahulu agar mudah di pahami oleh google crawler. Google crawler adalah alat dari mesin pencari google dalam memahami konten website anda.

Sepanjang pengalaman kami dalam mengelola kebutuhan client pada saluran digital marketing yang satu ini cukup baik. Kuncinya adalah pengetahuan terupdate mengenai algoritma mesin pencari, dan kemudian membuat sebuah konten berkualitas mealui landing page ataupun sebuah artikel. Terkadang, saluran ini disebut sebagai Search Engine Marketing (SEM) yang sejatinya adalah salah satu saluran digital marketing.

YouTube

Iklan di youtube sangat efektif untuk presentasi produk atau jasa perusahaan anda. Saluran digital marketing ini dapat lebih jelas dalam menyampaikan produk anda. Banyak perusahaan besar yang memakai youtube untuk kampanye iklan produk mereka. Melalui video, youtube merupakan alternatif saluran pemasaran disamping televisi. Bedanya, youtube dapat memberikan anlisa kinerja seperti jumlah pemirsa, dan jumlah tindakan (seperti iklan FB). Hanya saja, anda harus mempersiapkan anggaran lebih banyak untuk kampanye iklan di youtube.

Baik youtube maupun google search engine, sama sama memiliki jenis pemirsa yang lebih umum, tidak terbatas usia dan minat. Sayangnya, penargetan di Youtube ataupun di google search engine lebih kepada keyword, bukan kepada minat. Namun, hal ini memberikan keuntungan tersendiri, sepanjang kita mampun menganalisa kata kunci yang paling efektif untuk kebutuhan promosi anda.

LinkedIn

Merupakan situs jejaring sosial para profesional. Saluran ini lebih tepat digunakan untuk pemasaran B2B atau untuk industri vertikal. Penargetan dapat dilakukan pada fitur yang bernama ‘Sales Navigator’ dan juga iklan LinkedIn.

Berdasar pengalaman kami, linkedin cukup menarik untuk mendapatkan orang-orang yang perlu di follow up oleh tim sales anda. Dalam hal digital marketing, tentu sebelum memfollow up secara langsung perlu dilakukan pendahuluan untuk mensortir quantified leads menjadi qualified leads. Ini dapat lebih efektif dan lebih hemat waktu dan biaya dalam melakukan follow up.

Twitter

Twitter merupakan jejaring sosial yang bersifat open publik. Artinya, status atau konten anda di twitter lebih berpotensi di temukan oleh seluruh pengguna di manapun mereka berada. Oleh karena itu, twitter lebih tepat untuk memasarkan produk atau jasa yang bersifat global. Misal, untuk perusahaan yang sedang mencari client atau pembeli di luar negeri.

Pengguna twitter di Indonesia tergolong pengguna internet yang lebih canggih. Artinya, mereka memahami fungsi hashtag di twitter dan bagaimana menggunakan twitter. Tidak seperti facebook, penggunaan twitter perlu edukasi lebih lanjut. Meskipun begitu, twitter cukup efektif untuk branding produk anda melalui topic trending.

Banyak pengembang yang menawarkan aplikasi untuk kebutuhan digital marketing di twitter. Twitter memberikan API yang cukup banyak untuk para pengembang. Kami menggunakan beberapa aplikasi untuk mencari leads melalui saluran digital marketing twitter.

E-Mail Campaign

Pada akhirnya, semua akan kembali ke e-mail untuk interaksi urusan internal para audience sehari-hari. Saluran e-mail lebih tepat untuk pasar vertikal ketimbang horisontal. Jika dipakai untuk retail, maka kita perlu mengirim ratusan juta e-mail dimana selain butuh biaya besar, sulit dilakukan dan dapat berpotensi buruk pada brand produk retail anda.

Beda halnya jika untuk pasar vertikal. Leads e-mail bisa di dapat melalui iklan FB Ads dan LinkedIn seperti dijelaskan di atas. E-mail campaign memerlkan sebuah software yang dapat mendukung split testing dan sortir leads. Sehingga, pada akhirnya anda akan mendapatkan qualified leads yang perlu di follow up oleh tim penjualan anda.

Kami berpengalaman dalam mengelola serangkaian proses digital marketing untuk mendapatkan qualified leads dengan menggabungkan iklan FB Ads dan e-mail campaign.

Saluran digital marketing diatas merupakan saluran yang paling banyak penggunanya. Sebetulnya masih banyak lagi saluran digital marketing yang tersedia.

Transformasi Digital dan Digital Marketing

Terutama untuk anda yang sedang bertransformasi digital. Digital marketing merupakan suatu bagian yang tidak terpisahkan dari transformasi digital secara keseluruhan. Misal, sebuah perusahaan perbankan yang sedang meningkatkan layanan digital melalui aplikasi Fintech, otomatis mereka akan melakukan iklan kepada pengguna internet. Iklan tersebut akan di tempatkan pada saluran digital marketing.

Kita bisa bandingkan, jika anda menempatkan iklan di televisi yang memiliki jutaan pemirsa sekalipun, perlu kita ingat bahwa pengguna internet di Indonesia masih jauh dari 90% populasi penduduk. Pengguna internet di Indonesia baru berkisar 50% dari populasi penduduk. Artinya, jika anda memasarkan aplikasi fintech melalui televisi maka hanya 50% pemirsa yang berpotensi untuk dapat melakukan merespon iklan anda. Persentase tindakan tersebut tentunya akan lebih besar jika anda mengiklankan aplikasi fintech tersebut pada saluran dimana pengguna internet berada.

Oleh karena itu, perubahan penempatan iklan pada saluran yang tepat perlu dipertimbangkan oleh para praktisi di dunia komunikasi dan pemasaran. Digital marketing semakin dibutuhkan oleh seluruh jenis bisnis yang bertransformasi digital. Transformasi digital dapat meningkatkan jumlah penjualan yang di tahun 2016 tercatat transaksi online sebesar Rp. 81.8 Triliun (Sumber: Majalah SWA) dan ini akan terus meningkat mengingat level stand out Indonesia pada indeks evolusi digital (Sumber: Harvard Business Review).

Sebelum melakukan digital marketing, ada baiknya perusahaan memiliki sebuah sarana seperti website yang dapat menampung order dari para pemirsa. Sebuah website sangat diperlukan untuk mendorong konversi dari aksi digital marketing anda. Website dengan fungsi dapat menerima order dan pertanyaan calon pelanggan akan berpotensi mendapatkan lebih banyak leads.

Website Yang Ideal Untuk Mendukung Digital Marketing Anda

Website dapat dikatakan sebagai saluran digital marketing yang paling utama. Dengan mengarahkan seluruh saluran digital marketing ke website anda, maka secara periodik website anda akan lebih kuat dalam fungsi digital marketing. Ini artinya, biaya yang anda keluarkan untuk digital marketing dapat mengandung nilai investasi jangka panjang.

Transformasi digital selalu berkaitan dengan kecepatan dan kelancaran akses. Kualitas transformasi digital selalu di lihat pada kedua faktor tersebut. Untuk dapat lebih unggul dalam transformasi digital, website perusahaan juga harus mendukung fungsi-fungsi yang dibutuhkan untuk digital marketing dan untuk menampung hasilnya.

Fungsi yang dibutuhkan pada website perusahaan berbeda-beda, tergantung kebutuhan masing-masing perusahaan. Misal untuk sebuah retail, maka fungsi yang diperlukan adalah untuk menampung pesanan dan memberikan dukungan pelanggan. Untuk website perusahaan jasa, biasanya hanya di perlukan sebuah contact form, dan ini dapat dikembangkan lagi dengan menggunakan subscriber form pada artikel-artikel yang ada di website perusahaan anda.

Data e-mail subscriber dapat digolongkan sebagai quantified leads. Data e-mail yang di dapat melalui contact form dapat digolongkan sebagai qualified leads. Quantified leads perlu di proses agar bisa mendapatkan qualified leads dari quantified leads tersebut.

Dengan adanya pesanan atau qualified leads dari pelanggan atau calon pengguna jasa, disini konversi dapat terjadi untuk menambah pemasukan perusahaan anda.

Terimakasih, telah meluangkan waktu anda yang berharga untuk membaca artikel yang cukup panjang. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar jasa digital marketing untuk kebutuhan perusahaan anda dengan mengisi contact form dibawah ini.

Dan kami akan sangat senang berdiskusi dengan para praktisi pemasaran digital melalui kolom reply comment dibawah.

6 + 10 =

Pin It on Pinterest

Share This