0 888 1 6262 52

Teknologi menjadi musuh manusia hanya merupakan ide pada film fiksi ilmiah. Pada kenyataannya, teknologi malah banyak membantu pekerjaan. Booming E-commerce terbukti sangat menguntungkan para pelaku UKM dan para pemain baru di pasar yang berbalik untuk menggunakan bantuan ponsel dan internet untuk mendorong penjualan mereka. Dan hal tersebut terbukti berhasil serta bekerja sangat baik sehingga sektor ritel mulai menggunakan elemen digital untuk membantu meningkatkan pendapatan mereka. Cara membuat website restoran merupakan faktor paling krusial saat ini, tidak hanya menampilkan menu namun harus memiliki beberapa fitur penting untuk efektifitas keberadaan website tersebut.

cara membuat website restoran yang efektif untuk usaha andaTermasuk pada industri restoran, meskipun tidak secara persis menggunakan situs e-commerce seperti pada sektor lainnya. Keuntungan utama era digitial ini untuk indstri restoran adalah dengan memanfaatkan sisten pesan antar makanan online yang telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir. Sementara banyak jasa pengiriman seperti Go-Jek Food dan GrabFood dapat mendukung aksi tersebut. Pasar pesan antar makanan telah tumbuh secara eksponensial dalam beberapa tahun terakhir. Dengan tingkat saat ini, beberapa studi memperkirakan untuk pesan anar makanan secara global akan mencapai 90 miliar euro pada 2019 (sekitar 1300 Triliun Rupiah).

Tingkat pertumbuhan tersebut tidak dapat dipungkiri, sehingga membuat sistem online pada industri jasa makanan merupakan hal yang sangat penting . Dengan ekspansi tersebut, restoran yang belum menawarkan layanan mereka (atau unsur jasa mereka) secara online beresiko kehilangan banyak pendapatan.

Inilah sebabnya mengapa penting bagi restoran untuk memiliki website, akan tetapi bukan situs web yang hanya sekedar ada dan menampilkan menu, promo dan atau pun lokasi cabang restoran saja. Dengan semakin banyak orang beralih ke pemesanan online, tujuan dari sebuah website restoran harus menyediakan fasilitas untuk melakukan order online. Disinilah istilah “Strong Call to Action” dapat ditambahkan sebagai sebuah fungsi di website anda, untuk mengkonversi pengunjung website restoran anda menjadi pelanggan setia melalui kemudahan pesan makanan secara online. Oleh karena itu sebuah cara membuat website restoran yang efektif perlu diketahui oleh para pemilik restoran.

Ketahui Apa Yang Benar-benar Dibutuhkan pada sebuah Website Restoran

Jika restoran anda belum memiliki website yang efektif, saatnya untuk membuat sekarang juga. Jika tidak, anda harus bertanya pada diri sendiri apakah cukup dengan website yang sekedar ada untuk memenuhi kebutuhan pelanggan anda. Ini berarti website tersebut terdiri hanya beberapa halaman yang merinci jenis makanan, sejarah restoran, dan halaman kontak serta alamat restoran Anda. Sementara halaman website seperti itu dapat membantu, ada beberapa fitur yang teknis yang dapat meningkatkan kemampuan restoran anda untuk mndapatkan pelanggan secara online. Idealnya, sebuah situs restoran yang baik harus memiliki:

1. Tampilan Rapih pada Perangkat Mobile

2015 merupakan tahun pertama pada catatan sejarah, di mana orang dewasa menghabiskan lebih banyak waktu untuk browsing internet menggunakan perangkat mobile mereka daripada di PC. Penelitian yang dilakukan tahun lalu menunjukkan bahwa beberapa orang menghabiskan sekitar 2 jam dan 26 menit per hari menggunakan internet pada perangkat mobile mereka, yaitu 13 menit lebih lama dari yang mereka lakukan di komputer.

Setiap bisnis yang memanfaatkan statistik tersebut harus lebih fokus pada membuat situs web seluler (mobile friendly website / responsive design), dan ini sangat penting bagi industri restoran. Hal ini cukup beralasan bahwa peningkatan pasar yang pesat untuk pemesanan makanan secara online dan peningkatan jumlah pengguna mobile web berarti bahwa banyak pecinta makanan yang membuat pemesanan mealui perangkat mobile mereka.

Bahkan, sebuah penelitian dua tahun lalu menunjukkan bahwa 36% dari semua pengunjung web untuk situs restoran datang dari perangkat mobile. Ini menunjukkan bahwa pengguna mobile cenderung jauh lebih tinggi saat ini.

Perhatikan ketiga website restoran dibawah ini,

cara membuat website restoran yang responsif

Bakmi GM dan Waroeng Sunda memiliki design website yang responsive yang memenuhi kriteria website restoran dengan praktik terbaik. Khusus untuk Bakmi GM tentunya dengan di dukung manajemen sistem informasi restoran yang handal, bukanlah suatu masalah besar untuk membuat online ordering.

Anda dapat menguji coba website anda mobile friendly atau tidak disini dan bisa juga dengan Google Mobile Friendly Test.

Perusahan restoran yang mengabaikan aspek mobile-friendly di situsnya dapat menyebabkan kehilangan pangsa pasar secara signifikan. Jika membuat situs web yang responsif tertolak dengan alasan apapun, setidaknya situs mobile khusus atau aplikasi harus dibuat untuk memanfaatkan pangsa pasar pengguna perangkat seluler di luar sana.

2. Pemesanan online

Dengan beralihnya pecinta makanan mencari makanan melalui internet, pemesanan makanan secara online adalah suatu keharusan untuk setiap situs web restoran. Ini adalah cara terbaik untuk mempermudah proses pemesanan dan mendorong pihak yang tertarik untuk menjadi pelanggan langsung. Tapi, selain dari menawarkan pelanggan proses pemesanan yang lebih mudah, pemesanan secara online dapat sangat menguntungkan restoran. Diantara manfaat dari pemesanan online adalah sebagai berikut:

• Memperlancar Proses Pemesanan

Ini berlaku untuk pelanggan, ya, tetapi juga berlaku untuk restoran. Sebagai aktifitas beberapa anggota staf restoran untuk menerima pemesanan dan menuliskan dalam buku reservasi (suatu proses yang memunkinkan terjadinaya kesalahan pesanan dan over-booking, jika restoran sedang ramai), pemesanan online memberikan solusi melalui pemesanan yang tercatat secara elektronik. Pemesanan online memungkinkan calon pelanggan untuk melihat ketersediaan tanpa harus khawatir terjadi kesalahan untuk memastikan pesan mereka, membuat pemesanan online yang cepat, handal, dan efektif.

• Memudahkan Karyawan Saat Restoran Ramai

Seperti disebutkan, disaat restoran ramai, para karyawan memiliki sedikit waktu untuk melayani pesan antar via telepon, sedangkan dibagian dapur bisa saja anda tambahkan karyawan untuk melayani pesan antar makanan. Disini suatu teknik cara membuat website restoran yang efektif dapat membantu anda dalam mengatasi masalah tersebut dengan sistem pesan makanan online.

• Memberikan Informasi Pemasaran

Ini adalah salah satu faktor yang paling berharga untuk mendapatkan manfaat bisnis yang berulang. Ketika mengambil pemesanan melalui telepon, banyak restoran cukup puas dengan nama dan mungkin nomor kontak. Pemesanan secara online, di sisi lain, menyajikan kesempatan unik untuk memperoleh informasi seperti nama pelanggan, alamat email, alamat fisik, dan berbagai nomor telepon. Digunakan secara etis, informasi ini dapat sangat berguna untuk pemasaran di masa depan dengan maksud untuk mengubah pengunjung pertama kali menjadi pelanggan tetap.

3. Elemen Website yang Mudah di Kustomisasi

Sebuah restoran adalah permadani yang selalu berubah. Ada sering penambahan menu dan pengurangan, menu spesial hari ini, acara khusus, dan perubahan lainnya – in merupakan informasi yang sangat berguna bagi pelanggan restoran. Perubahan ini membantu menjaga pelanggan setia tertarik melalui berbagai varisi menu dan penawaran, membantu menciptakan pelanggan kembali memesan, dan membantu mendatangkan pelanggan baru. Pada dasarnya, sebuah restoran yang terus-menerus memperbaharui bagian websitenya mendapat penilaian tetap relevan di mata pelanggan.

Dengan demikian cukup beralasan bahwa cara membuat website restoran harus dapat beradaptasi denga mudah yang mewakili perubahan fisik secara online. Sebuah acara atau menu khusus kemungkinan akan datang dan pergi pada saat website statis diperbarui, jika terlalu lama diperbarui maka para pelanggan setia akan mulai hilang kepercayaannya terhadap informasi yang anda berikan.

Oleh karena itu penting untuk bagi restoran untuk menjaga situs Web mereka dengan kemudahan update situs. Saat perubahan terjadi, manajemen restoran harus menginformasikan pada pengelola website agar segera ada perubahan baik penambahan maupun pengurangan. Hal ini tidak hanya membantu mempublikasikan perubahan ke banyak pengunjung restoran secara online, tetapi dapat meningkatkan kredibilitas usaha anda serta citra di publik.

4. Pemasaran Otomatis

Pepatah lama yang menyatakan “lebih mudah dan lebih murah untuk mempertahankan klien saat ini daripada mencari yang baru” terdengar sangat benar untuk semua bisnis, namun hal ini sulit diterapkan pada bisnis restoran. Dimana hal ini ditujukan untuk meningkatkan kunjungan kembali bagi pelangan tetap yang memberikan kesabilan penghasilan bulanan. Tapi, mempertahankan kontak dengan pelanggan dalam rangka membangun basis klien secara umum adalah penting.

Ketika pelanggan melakukan pemesanan secara online, mereka harus mampu untuk memberikan kontak rincin mereka, sebagaimana dimaksud dalam poin ke-2 diatas. Informasi pemasaran seperti ini sangat berharga, tetapi hanya jika digunakan dengan benar. Bukalan ide yang baik untuk menghubungi pelanggan terlalu sering (harian, misalnya), karena hal ini dapat dengan cepat menjadi keberatan dan memberikan kesan negatif pada restoran anda. Sebaliknya, menjaga informasi ini dalam database, dan tidak pernah menggunakannya, akan menjadi hal yang tidak berguna. Jadi, yang terbaik adalah untuk menghindari perangkap pemasaran dengan memberikan email promosi secara berkala yang dilakukan secara otomatis.

Sebuah website dapat mudah diprogram untuk mengirim tanggapan otomatis setelah menerima formulir kontak. Dalam kasus sebuah restoran, cara membuat website restoran seperti ini dapat digunakan untuk mengkonfirmasi pemesanan dan memberikan informasi lebih lanjut tentang lokasi restoran, seperti pentunjuk arah terperinci dengan memanfaatkan google maps. E-mail otomatis juga dapat digunakan untuk mengetahui pengalaman pelanggan anda terhadap pemesanan mereka. Akhirnya, perubahan menu dan pengadaan acara atau event yang disebutkan dalam point ke-3 diatas dapat menjadi dasar otomatisasi pengiriman e-mail.

Hanya karena ada sesuatu yang otomatis tidak berarti bahwa hal tersebut memiliki kekurangan sentuhan pribadi. E-mail yang dikirim keluar tidak perlu menjadi dingin atau kaku, anda sebagai pemilik restoran dapat menulis e-mail dan menjadwalkan pengiriman e-mail pada saat yang optimal.

5. Pemantauan Media Sosial

Masyarakat digital dapat cukup berpengaruh pada reputasi restoran secara online. Banyak orang mencari saran dari pengunjung lain pada media sosial online seperti forum dan jaringan sosial. Kritik negatif jika dibiarkan begitu saja tanpa tanggapan, bisa sangat merusak tingkat kunjungan restoran. Dengan demikian cara membuat website restoran harus mencakup fasilitas untuk komentar agar berhasil mengelola reputasinya.

Langkah pertama menuju manajemen reputasi onlne yang sukses adalah melalui penggunaan bagian komentar yang tersedia di situs itu sendiri. Pemantauan komentar ini dapat dilakukan dengan mudah melalui pemberitahuan otomatis, berarti anda tidak perlu menghabiskan sepanjang hari menatap bagian komentas di situs anda.
Berterimakasih pada pengguna yang memberikan komentar positif dan memastikan mereka bahwa anda berharap untuk dapat melihat mereka kembali memesan secara online atau mengunjungi salah satu cabang restoran anda. Untuk komentar negatif, katakanlah anda menyesal dan meminta pengguna menjelaskan mengapa mereka tidak puas dengan pengalaman mereka (baik itu sebagai akibat dari makanan, layanan, suasana, dll). Dalam kasus komentar negatif, pelanggan tersebut menginginkan bahwa anda menanggapi komentar mereka secara serius dan akan melakukan segala upaya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan sebagai hasilnya.

Komentar mungkin merupakan bagian penting dalam sebuah situs restoran, tapi ini tidak berarti bahwa komentar di tempat lain selain di web dapat anda abaikan. Hal ini diperlukan untuk mengidentifikasi dan mengatasi komentar yang dibuat di forum lain dan platform sosial sehingga untuk memastikan reputasi anda tidak sedang ternoda tanpa sepengetahuan Anda. Sekali lagi, ini bisa memakan waktu jika mencoba secara manual. Untungnya, ada banyak program monitoring sosial dan aplikasi yang tersedia untuk membuat tugas ini lebih mudah.

Mungkin tidak selalu diperlukan untuk mengatasi salah satu atau semua komentar negatif yang dibuat pada platform ini, tapi merupakan ide yang baik untuk berbagi komentar positif di media sosial anda sendiri, yang membawa anda ke titik berikutnya.

6. Integrasi Media Sosial

Dengan ratusan juta pengguna global, media sosial merupakan cara terbaik untuk menjangkau pelanggan baru secara online. Selain itu, kemampuan untuk menargetkan pengguna berdasar minat dan kepentingan tertentu membuat platform sosial sebagai alat pemasaran yang sangat berguna. Banyak perusahaan menyadari hal ini, dan memiliki halaman di media sosial. Namun, memiliki halaman di media sosial harus dapat meng-ekspolrasi kemampuan sejati media sosial.

Restoran seharusnya tidak hanya memiliki halaman media sosial, tetapi mengintegrasikan mereka ke situs Web mereka. Cara mebuat website restoran seperti ini memberikan sebuah jembatan digital yang antara situs webiste dan halaman sosial. Memiliki hubungan sosial pada halaman situs Web Anda akan memungkinkan pelanggan untuk berbagi berita mengenai update menu, menu spesial, dan peristiwa penting. Penyebaran sosial media berarti eksposur, yang dapat membawa banyak pengunjung website anda dan berbicara tentang hal itu di media publik.

Integrasi sosial media juga bekerja dengan cara lain, yang berarti bahwa anda dapat mengisolasi kritik positif para pelanggan di halaman sosial dan mencegah untuk tampil di situs web restoran Anda. Dengan cara ini, ketika pengunjung tertarik untuk masuk ke halaman anda, mereka akan disambut dengan segudang ulasan positif para pelanggan, sekali lagi.. hal ini bisa sangat berpengaruh.

7. Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Search Engine Optimization, atau SEO, adalah proses dimana halaman individu dari sebuah situs web yang dibuat atau diubah menjadi mudah di indeks oleh crawler mesin pencari. Crawler dasarnya robot yang membaca website untuk mesin pencari dan menyaring mana yang paling relevan dan asli (bukan hasil copas). Halaman yang dianggap berguna bagi pencari informasi dan relevan kemudian ditempatkan lebih tinggi dalam indeks hasil pencarian. Halaman restoran untuk Rumah Makan Warung Sundah mungkin dianggap relevan untuk pencarian ‘restoran sunda di Jakarta’, misalnya, maka akan mengisi bagian urutan atas hasil pencarian.

Ada banyak faktor yang menjadi pertimbangan crawler mesin pencari ketika meneliti halaman web, tapi salah satu yang paling penting adalah konten yang ditulis. Sebuah frase dalam konten tertulis yang memiliki kecocokan identik terhadap permintaan pencarian akan jauh memiliki peringkat halaman konten yang tinggi dalam hasil pencarian.

Masalahnya di sini adalah, bahwa banyak restoran tidak merasa perlu menjelaskan mengenai makanan mereka, budaya mereka, dan suasana mereka untuk calon pengunjung – mereka hanya ingin menunjukkan kepada mereka secara visul.

Sayangnya, crawler mesin pencari hanya membaca teks, sehingga visualisasi atau foto tidak dapat dibaca. Namun, ada cara untuk meminimalkan jumlah teks yang terlihat pada situs web anda untuk mendukung foto dan masih dapat memperoleh peringkat efektif di halaman hasil mesin pencari. Hal ini dapat dilakukan melalui pemberian judul deskriptif dan optimasi gambar (alt text, title, description, dan sebagainya).

Dan memang sebaiknya untuk optimasi website, anda sebaiknya menggunakan jasa SEO karena ini merupakan pekerjaan yang perlu dikerahkan setiap hari paling kurang selama 3 bulan untuk awalnya dan perlu dilakukan secara terus menerus tanpa henti. Sebab, diluar sana banyak juga bisnis restoran yang melakukan usaha yang sama dengan anda, mereka hanya menunggu anda lengah dalam cara SEO, dan website mereka akan menempati posisi lebih atas dari website restoran anda di hasil pencarian.

Cara Membuat Website Restoran Yang Bagus dan Efektif

Dari penjelasan diataa, kita mengetahui bagian dan fitur apa saja yagn wajib ada dalam cara membuat website restoran yang bagus. Fitur tersebut diperlukan untuk menarik pelanggan secara online, menawarkan mereka pengalaman pemesanan “bebas kerumita”, menjamin kepuasan mereka, dan menggunakannya untuk promosi restoran anda di kemudian hari.

Pertanyaan selanjutnya adalah: bagaimana cara membuat website restoran yang dapat membawa seluruh elemen yang diperlukan untuk kepentingan usaha restoran anda ?
Walaupun mungkin tampak agak rumit, namun sebetulnya teknologi dapat membantu anda terhadap semua tugas-tugas tersebut. Sehingga anda dan para karyawan dapat memiliki waktu lebih dari cukup untuk mencurahkan perhatian terhadap operasional restoran anda.

Berikut ini adalah beberapa cara praktis dan mudah untuk menambahkan beberapa fitur tersebut sebagai praktek terbaik dalam cara membuat website restoran:

1. Pemesanan Online

Melengkapi website anda dengan kemampuan pemesanan secara online merupakan faktor terpenting. Dengan menolak keberadaan fitur ini diwebsite anda mungkin dapat menyebabkan anda kehilangan banyak kesempatan yang tidak pernah anda coba cari tahu terlebih dahulu.

Ada basis online yang menggunakan metode lain untuk menemukan restoran dan booking tempat. Mendaftar di situs eksternal mungkin memerlukan sedikit biaya tambahan.

Baiklah, jika anda belum menginginkan restoran anda dapat menerima orderan, berikut adalah beberapa alternatif untuk mendapatkan pemesanan online:

  • GrabFood dari GrabBike
  • GoFood dari Go-Jek
  • FoodPanda.co.id
  • Klik-Eat.com
  • Raja-Makan.co.id
  • Zomato, dll.

Namun alangkah lebih baiknya, setelah itu anda membuat sistem order online sendiri diwebsite anda, sebab cara membuat website restoran yang berfungsi dan efektif adalah dengan ada fitus online ordering.

2. Otomatisasi Email Marketing

Tindak lanjut marketing adalah cara terbaik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan memastikan kestabilan pendapatan bulanan. Namun, sebagai pemilik restoran atau manajer Anda mungkin tidak punya waktu untuk sering kirim email kepada semua pelanggan Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui otomatisasi.

Sebagai cara membuat website restoran yang memilki fitur otomatisasi e-mail, terdapat banyak layanan seperti HubSpot, Contactually, dan Agile CRM, untuk di integrasikan dengan website anda. Ini merupakan cara terbaik untuk memastikan bisnis anda mendapat manfaat penuh dari marketing pro-aktif tanpa harus banyak menghabiskan waktu anda.

Cara ini dapat digunakan untuk menjadwalkan email tanggapan otomatis kepada pelanggan yang memesan tempat, pesan antar makanan, dan tangapan lainnya. Hal ini ditujukan untuk memerikan pengalaman yang menyenangkan pada restoran anda. Selain itu, hal ini dapat memberikan informasi kepada pelanggan jika ada menu spesial yang akan datang.

3. Pemantauan Sosial

Pemantauan forum secara manual terlalu memakan waktu dan bukan merupakan cara yang dapat diterpakan. Namun, penting bahwa anda tetap harus mengetahu ulasan pelanggan di forum dan media sosial. Untungnya, ada program yang membuat ini mudah.

Program, seperti Mention, Viralheat, dan WhosTalkin, memungkinkan pemantauan media – yaitu, mengirimkan alert setiap kali seseorang berbicara tentang salah satu kata kunci (terkait bisnis restoran anda). Ini adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah orang berbicara tentang restoran anda secara online.

Setelah mendapat informasi seputar percakapan mengenai restoran anda, maka anda akan dapat berbagi ulasan positif dan mencoba untuk meyakinkan pemberi komentar negatif untuk mencoba lagi restoran anda, dengan demikian anda dapat menunjukkan komitmen terhadap layanan pelanggan yang baik.

Menarik Pengunjung Online ke Restoran Anda

Tujuan dari menerapkan cara membuat website restoran yang berfungsi adalah untuk membawa pengunjung online ke pintu restoran anda dan mengubah mereka menjadi pelanggan setia. Semua fitur yang disebutkan diatas adalah penting karena mereka secara terpadu memiliki tujuan tertentu untuk mencapai tujuan akhir ini. Seluruh pengalaman online haruslah meberikan suatu proses yang mudah sehingga pengguna dapat segera langsung hadir di restoran anda. Ini adalah inti dari cara membuat website restoran yang bagus dan berdampak positif.

Jasa Pembuatan Website Restoran

Setelah anda memahami pentingnya untuk menyediakan layanan order online untuk restoran anda, setidaknya anda dapat terlebih dahulu membuat website restoran anda. JakartaUrbanHosting memberikan jasa pembuatan website restoran yang dapat mendukung reservasi online. Silahkan hubungi kami.

Pin It on Pinterest

Share This