0 888 1 6262 52

Indonesia telah mencapai lebih dari 130 juta pengguna internet. Cara orang dalam mencari informasi dan membeli barang juga sudah mulai berubah. Cukup melalui smartphone, pembelian dapat dilakukan sekarang ini. Bisnis online sudah dapat dijadikan sebagai penghasilan utama siapapun yang menginginkannya. Sebuah website toko online diperlukan sebagai cara bisnis online terbaik dan dapat bertahan lama.

Namun, untuk sukses dalam berbisnis online, ada beberapa persepsi yang perlu kita luruskan disini. Sebelumnya, banyak orang berjualan melalui marketplace dan mengatakan bahwa hal tersebut merupakan cara termudah dalam melakukan bisnis online. Tidak sedikit yang berguguran dalam berjualan online karena hanya mengandalkan marketplace. Untuk itu, ada baiknya kita pahami manfaat website untuk bisnis online anda.

Cara Bisnis Online Terbaik

Jika selama ini anda menggunakan situs marketplace sebagai cara bisnis online dan makin lama menemukan kesulitan untuk bertahan, hal ini sangat wajar. Sejatinya, sebuah situs marketplace adalah sebuah saluran pemasaran digital untuk produk anda. Anda memerlukan sebuah dasar sebagai cara bisnis online yang terbaik, yaitu dengan menggunakan website. Cara bisnis online menggunakan website untuk UKM merupakan cara yang terbaik agar bisnis online dapat menjadi sumber penghasilan utama anda.

Dengan memiliki sebuah website sebagai dasar bisnis online anda, maka anda dapat memanfaatkan situs marketplace lebih efektif lagi untuk menyebarkan eksistensi bisnis anda. Namun, jika anda tidak memiliki website sebagai dasar cara bisnis online, maka produk anda lebih mudah tenggelam dalam persaingan dan bisnis anda tidak akan bertahan lama.

Dengan melihat diagram diatas, sangat jelas bahwa website merupakan hal mendasar dalam cara bisnis online di era digital sekarang ini. Sedangkan marketplace, sosial media dan mesin pencari adalah merupakan sarana pemasaran digital. Mungkin hal ini yang banyak kurang dipahami, berhubung persepsi dalam membuat website memerlukan waktu dan pengetahuan. Padahal, saat ini dalam membuat website anda tidak perlu memiliki pengetahuan khusus lagi dan pembuatannya pun sangat cepat.

Cara bisnis online menggunakan sebuah website sudah merupakan suatu keharusan bagi anda yang ingin jadikan bisnis online sebagai pengganti penghasilan utama anda dan keluarga. Berbisnis dengan website toko online memang memerlukan waktu dan komitmen, tidak dalam sekejap produk anda langsung laris manis. Anda hanya perlu menambah dan mengupdate produk, serta rajin-rajin menyebarkan tiap halaman produk ke saluran digital marketing tersebut diatas.

Manfaat Website Untuk Bisnis Online Anda

Sebuah website toko online yang dimiliki sendiri dan hanya anda yang berjualan disitu merupakan cara bisnis online terbaik. Kenapa bisa begitu? berikut beberapa alasan dan manfaat website untuk bisnis online anda.

Lebih Memberikan Keamanan dan Kenyamanan

Tidak Ada Pesaing

Ini artinya, setiap orang yang berkunjung ke website toko online anda, mereka hanya akan memilih produk yang anda miliki. Berbeda dengan berjualan online di situs marketplace dimana calon pembeli dapat memilih produk dari pesaing anda, walaupun anda menang kualitas akan tetapi jika harga anda kalah murah maka anda akan kalah dari pesaing.

Selain itu, sebuah website toko online dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pembeli anda. Anda akan lebih cepat tanggap begitu ada pelanggan yang melakukan order di website anda. Dengan menempatkan alamat bisnis atau alamat rumah anda, serta menampilkan testimonial, maka calon pelanggan dapat lebih yakin dalam melakukan order.

Sebagai Sarana Online Branding

Toko Online Sebagai Sarana Branding

Branding berguna dalam mempengaruhi keputusan pembeli. Misal, setiap mereka ingat produk pakaian muslim maka mereka dapat mengingat nama merk produk atau nama toko online anda. Cara terbaik untuk branding produk adalah dengan sebuah website yang memiliki nama domain yang mewakili nama produk anda. Sehingga, setiap ingat produk busana muslim merk anda, orang akan cari di google nama merk tersebut dan akan masuk ke website anda.

Hal ini akan sulit dilakukan jika anda hanya mengandalkan marketplace untuk berjualan online. Jika orang mencari merk produk anda dan masuk ke marketplace, lagi-lagi ada kemungkinan mereka akan beli produk yang lebih murah dari pesaing anda, walaupun produk anda lebih berkualitas.

Online branding tidak hanya dapat dilakukan oleh perusahaan besar. Sebelumnya, untuk melakukan branding memang membutuhkan dana milyaran rupiah. Namun dengan sarana pemasaran digital, bisnis rumahan pun dapat melakukan online branding mulai dari cara gratis hingga cara berbayar sesuai anggaran.

Meningkatkan Loyalitas

Meningkatkan Loyalitas

Salah satu cara terbaik dalam bisnis online adalah dengan mendapatkan loyalitas pelanggan. Penjualan berulang merupakan satu dari sekian banyak tujuan dari bisnis online. Penjualan berulang dapat menurunkan biaya promosi bisnis online anda. Dengan sebuah website toko online, hal ini lebih mudah dicapai, anda dapat melakukan “nurturing customer” atau merawat pelanggan melalui website anda.

Misal dengan modul pesan otomatis setelah pembelian, memberikan promo atau diskon khusus untuk pelanggan tertentu, dan sebagainya. Hal ini sulit diadakan pada sebuah situs marketplace, karena akan terlalu banyak variable, sebab .. setiap bisnis adalah unik.

Dengan loyalitas yang meningkat, website toko online anda akan direkomendasikan oleh para pelanggan anda. Dan ini merupakan promosi yang sangat efektif.

Alur Transaksi Lebih Mudah

Alur Transaksi Lebih Mudah

Tidak seperti menggunakan situs marketplace, dengan berjualan di beberapa situs marketplace tentu akan sangat menyita waktu anda. Dengan menggunakan website toko online sebagai cara bisnis online, anda dapat masuk dan stand-by di ‘back-office’ atau menerima pemberitahuan via e-mail jika ada pembelian di website toko online anda.

Kecepatan dalam pelayanan merupakan salah satu langkah terpenting dalam berbisnis online. Dengan menggunakan website toko online hal ini lebih dapat memungkinkan untuk dilakukan.

Sebuah website dan konten didalamnya merupakan investasi jangka panjang. Dunia terus berubah dan semakin ke arah digital. Investasi anda dalam menggunakan website toko online sebagai cara bisnis online akan semakin terlihat seiring perkembangan. Oleh karena itu .. segeralah miliki sebuah website toko online yang dapat berfungsi sebagai dasar cara bisnis online anda.

Pin It on Pinterest

Share This