0 888 1 6262 52

Private Blog Network (PBN) merupakan teknik yang di tujukan untuk menyebarkan informasi suatu produk atau jasa perusahaan dengan meningkatkan Popularitas Pada Pencarian di Search Engine. Sehingga pada kata kunci pencarian tertentu diharapkan website perusahaan dapat masuk di halaman pertama dan di ikuti dengan 2 website PBN serta 4 Blog Pendukung PBN (Sub PBN) di halaman 1 sampai 5 hasil pencarian di search engine.

Dengan demikian jumlah pengunjung ke website target dapat bertambah, dan juga informasi tersebar ke belasan social media. Idealnya jasa ini untuk 1 fokus kata kunci per minggu, selama 12 minggu, sehingga semantic keyword juga dapat tercakup.

Tujuan Utama dari Teknik PBN

Teknik ini tidak sekedar mencari popularitas dan jumlah pengunjung ke website target, akan tetapi lebih untuk memberikan manfaat bagi para pengguna internet, terutama yang berkaitan dengan pencarian di search enginse seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex, dan lainnya.

Memang pada kenyataannya teknik ini banyak di pakai sebagai salah satu cara teknik offsite SEO, akan tetapi teknik PBN ini bersifat tidak instan dan tidak permanen, artinya tidak dapat segera masuk di halaman pertama google pada pencarian keyword tertentu, dan jika sudah masuk di halaman pertama mesin pencari google pun dapat berubah posisinya ke halaman selanjutnya.

Sehingga teknik ini harus dikelola secara terus menerus dari waktu ke waktu, siapa yang bertahan dalam teknik ini maka mereka yang dapat memberikan manfaat pada pengguna mesin pencari dan ini yang lebih di prioritaskan pada algoritma mesin pencari karena berkaitan dengan bisnis para mesin pencari tersebut, yaitu ke akuratan dan manfaat.

Teknik PBN ini agar dapat lebih cepat masuk halaman pertama pencarian serta dapat bertahan lebih lama di halaman pertama wajib di dukung dengan iklan Google Adwords (semisal di Google Search Engine).

Yang di iklankan di Google Adwords adalah semuanya, termasuk website target, PBN, dan Sub PBN sebagai landing page yang memiliki informasi serta kekuatan untuk langsung mengajak para pengunjung membeli produk atau menggunakan jasa web target tersebut.

Sehingga pemasangan iklan Google Adwords dapat lebih optimal, efisien dari segi biaya dan di harapkan dapat lebih efektif dari segi konversi. Karena pada umumnya penyedia periklanan online, mereka hanya dapat menjamin dari sisi jumlah pemirsa dan pengunjung website saja.

Dengan Private Blog Network tentunya dalam jangka panjang, dapat menghemat anggaran biaya periklanan di search engine maupun di sosial media. Karena informasi usaha dan jasa yang ada pada website PBN dan SUB PBN tersebut akan tetap ada selama penyedia website tersebut masih ada.

Oleh karena itu dalam hal mencari jasa private blog network perlu kita ketahui sudah berapa lama website PBN tersebut berdiri, caranya sangat mudah cukup masuk ke website archive.org dan lihat datanya paling lama di tahun berapa.

Diagram Struktur PBN

Diagram Struktur PBN (Private Blog Network) sebagai teknik SEO

Sumber pengunjung ke website target berasal dari PBN 1 dan PBN 2, Ini hanya sebagian struktur dari PBN.

Efektifitas Private Blog Network

Selain umur website, yang perlu di ketahui untuk mengukur efektifitas Private Blog Network adalah :

  • Nilai rata-rata posisi kata kunci di Google.
  • Berapa total impresi dari search engine per bulannya
  • Berapa jumlah pengunjung per bulan
  • Page Rank, Domain Authority, Page Authority, Spam Score, SEO Score, Trust Flow Score
  • Kategori khusus untuk produk dan jasa yang sesuai dengan website target, jika tidak ada apakah PBN tersebut bersedia membatkan kategorinya turut menentukan efektifitas.
  • Isi artikel atau landing page harus informatif, menarik dan mudah dibaca. Informatif artinya lengkap, diberikan grafis yang memudahkan pemahaman, dan terstruktur sehingga mudah di baca yang juga sebagai salah satu syarat praktek Content SEO terbaik.

Tentunya banyak yang menawarkan jasa backlink blog dengan harga mulai dari ratusan ribu rupiah saja, akan tetapi banyak juga di temui setelah beberapa lama blog tersebut hilang dan sudah tidak ada, ini dapat diakibatkan karena Spam Score terlalu tinggi, dan hanya mencari uang cepat saja sehingga tidak dapat bertahan untuk biaya sewa domain dan biaya sewa hosting sehingga akhirnya website PBN tersebut tutup, dan backlink website target menjadi hilang atau menjadi broken link yang turut mempengaruhi penilaian pada indeks mesin pencari.

Search engine marketing merupakan bagian tujuan dari PBN ini, sehingga para pengusaha tidak terlalu boros dalam menggelontorkan biaya iklan, terutama untuk pengusaha skala kecil sampai menengah. Dengan ditambah share ke puluhan social media teratas untuk web PBN dan Sub PBN, tentunya informasi produk dan jasa dapat lebih menjangkau banyak orang.

Teknik PBN ini mau tidak mau harus di terapkan bagi usaha dan perusahaan yang sedang melakukan online branding dalam menghadapi persaingan dengan usaha sejenis. Saat ini ada 80 juta lebih pengguna internet di Indonesia (sumber: menkominfo) sehingga beriklan secara online kini merupakan pilihan yang paling di utamakan oleh para pengusaha.

Demikian untuk beriklan di facebook, twitter dan linked in, jika tidak memahami segement dan tekniknya, maka dapat berakibat pemborosan yang bahkan menimbulkan bencana keuangan bagi usaha anda. Silahkan baca juga : Penyebab Iklan di Facebook Menjadi Tidak Efektif

Untuk pembuatan PBN ini memerlukan waktu setengah hari kerja paling cepat, dan paling lama 1 hari kerja, dengan publikasi penjadwalan per PBN jeda 2 hari, per SUB PBN juga jeda 2 hari, sehingga dalam waktu 2 minggu semua baru dapat terpublikasi, jika satu hari semua di publikasikan tentunya dapat mengurangi efektifitas teknik PBN ini.

Untuk para perusahaan yang telah menyadari perubahan, bahwa 80% penjualan online berasal dari referensi blog/website lainnya, silahkan hubungi kami melalui form dibawah ini.

[pirate_forms]

Pin It on Pinterest

Share This

Sebarkan dan viralkan!

Sebarkan artikel ini ke teman-teman anda!