0 888 1 6262 52

Memilih dan Membandingkan Penyedia Layanan IaaSBagi pengguna jasa managed cloud hosting seperti VPS dan dedicated hosting tentunya sudah banyak menemui kendala jika ingin menurunkan spesifikasi layanan yang digunakan dengan alasan akan menyebabkan ketidak stabilan sehingga biaya yang dikeluarkan dapat jauh melebihi kebutuhan. Era pembiayaan tersebut sebetulnya sudah selesai dengan adanya penyedia layanan IaaS – Infrastructure as a Service.

Berbeda dengan managed cloud hosting yang tidak peduli jika diluar jam kantor anda pakai atau tidak layanannya tetap tagihan berjalan sesuai kontrak, namun managed cloud hosting memiliki kelebihan dalam layanan trouble shooting (support).

Dibalik seluruh layanan IaaS terdapat vendor dan fasilitas data center yang handal untuk mendukung layanan tersebut, salah satu layanan data center Indonesia yang dapat dijadikan sebagai platform IaaS adalah Elitery Data Center.

Memilih Penyedia Layanan IaaS

Penyedia layanan IaaS memberikan pilihan pemakaian sesuai kebutuhan kapasitas, spesifikasi, dan waktu pemakaian. Semisal aktifitas online anda dan pelanggan hanya pada jam kantor, maka anda dapat memilih layanan IaaS yang menyala hanya di saat jam kerja kantor sehingga diluar jam dan hari kerja anda tidak terkena biaya.

Sistem dan infrastruktur IaaS memungkinkan optimalisasi tiap perangkat IT secara maksimal, dengan sistem bagi pakai berdasar kapastias yang tersedia dan juga waktu yang tersedia. Semisal satu block server hanya digunakan dari jam 9 WIB sampai 17 WIB maka penyedia layanan IaaS dapat memberikan block server tersebut pada jam 18 sampai jam 8 WIB.

Ketika meng-evaluasi penyedia layanan IaaS, sangat penting untuk melihat berbagai layanan cloud yang mereka tawarkan dan juga mempertimbangkan fungsi pengelolaan, alat monitoring, manajemen identitas, perjanjian tingkat layanan (SLA) dan dukungan pelanggan.

Contoh Perbandingan Penyedia Layanan IaaS

Meskipun ini bukan daftar lengkap namun dapat mewakili sampel dari para penyedia layanan IaaS saat ini. Berikut ringkasan perbandingan penyedia layanan IaaS,

  1. Microsoft Windows Azure

    Bagi para pengguna platform Microsoft tentu akan menemukan kelebihan kemudahan dalam pengintegrasian dengan penyedia layanan IaaS Azure. Kelebihan layanan Microsoft Windows Azure ini antara lain dapat digunakan sebagai Platform as a Service (PaaS) selain kemudahan dalam administrasi dilingkungan Windows. Biaya layanan IaaS Windows Azure ini dibanderol mulai dari Rp. 275/jam sampai Rp. 22.000 per jam, untuk penyimpanan (storage) per 1 GB mulai dari Rp. 950/bulan sampai Rp. 1.750/bulan.

  2. IBM SmartCloud Enterprise

    Menawarkan sistem infrastruktur IT dan layanan penyimpanan dengan 5 tingkatan yang tentunya menggunakan perangkat IBM dan software dari pihak lain. Penyedia layanan IaaS IBM ideal untuk perusahaan besar dengan banyak pengembang aplikasi yang melakukan eksperimen dalam penambahan mesin virtual (VM) dan untuk pengalokasian penyimpanan se-efisien mungkin. Layanan ini memberikan fasilitas untuk pengelolaan administrator dan kebijakan pengguna, menetapkan batas pemakaian per user dan memberikan laporan per pengguna.
    Layanan IaaS IBM ini merupakan kombinasi terbaik untuk manajemen, software dan keamanan untuk para administrator cloud, khususnya untuk perusahaan yang merupakan pelanggan atau pemakai produk IBM.

  3. Amazon Web Service

    Menawarkan berbagai sistem komputasi dan layanan penyimpanan on demand seperti SSD storage yang memiliki kinerja tinggi dan Elastic Block Storage. Selain itu AWS menawarkan layanan infrastruktur seperti : alur kerja, messaging, penyimpanan arsip, layanan caching, layanan pencarian, dan database. AWS merupakan penyedia layanan IaaS yang banyak memberikan fitur-fitur bagi pengguna.
    Layanan AWS sangat cocok untuk anda yang sudah mengalami alur kerja yang kompleks dan membutuhkan layanan yang dapat diprediksi sesuai anggaran. AWS dapat memberikan estimasi layanan IaaS secara bulanan. Layanan AWS dibanderol mulai dari Rp. 1.550/jam sampai Rp. 95.000/jam dan untuk penyimpanan per 1 GB mulai dari Rp. 1.300/bulan sampai Rp. 1.700/bulan.

  4. Google Compute Engine

    Layanan IaaS ini sangat ideal untuk Big Data, data warehousing, komputasi berkinerja tinggi, dan untuk berbagai aplikasi analitik. Layanan ini juga terintegrasi dengan beberapa layanan lainnya dari google seperti Google Cloud Storage, Google BigQuery dan Google Cloud SQL. Dengan infrastruktur Google dibelakang semua ini, layanan IaaS ini sangat mendukung kebutuhan skalabilitas bisnis anda. Salah satu keterbatasan yang dimiliki adalah hal administrasi yang kurang memadai pada layanan IaaS mereka. Layanan IaaS Google ini dibanderol Rp. 250/jam sampai Rp. 22.5jt/jam dan untuk penyimpanan per 1 GB Rp. 550/bulan sampai Rp. 1.700/bulan.

  5. Rackspace Open Cloud

    Menawarkan layanan komputasi awan yang leboh berfokus pada layanan pelanggan. Rackspace merupakan salah satu co-founders dari OpenStack yang mana infrastruktur cloud dapat berjalan pada platform yang sama jika anda ingin berpindah dari private ke hybrid cloud.
    Rackspace memiliki kelebihan dalam control panel yang mudah digunakan, terutama untuk pengguna dengan tingkatan dibawah sistem administrator. Penyedia layanan IaaS ini membandrol harga mulai dari Rp. 550/jam sampai Rp. 75.000 per jam, penyimpanan per 1 GB mulai dari Rp. 1.360/bulan sampai Rp. 1.650/bulan.

Saat ini banyak para penyedia public cloud yang menawarkan lebih dari sekesdr layanan IaaS. Dalam banyak kasus, segudang aplikasi yang ditawarkan dalam model SaaS (Software as a Service) sangat mendorong dunia IT di Indonesia untuk meng-evaluasi dalam membandingkan dan memilih layanan IaaS yang tepat sesuai kebutuhan agar tujuan efisiensi dapat tercapai, sebab bila salah pilih maka ini seperti kerja dua kali dan bayar dua kali juga tentunya. Selamat mempertimbangakan layanan Penyedia IaaS.

Pin It on Pinterest

Share This

Sebarkan dan viralkan!

Sebarkan artikel ini ke teman-teman anda!