0 888 1 6262 52

Dalam melakukan optimasi website secara onsite, alat google webmaster banyak menyediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk analisa lebih tepat sehingga dapat menentukan langkah implementasi SEO selanjutnya dan menghemat waktu.

Banyak konsultan SEO bahkan di negara tetanggapun yang jarang membagi teknik dasar seperti ini. Apapun motivasinya, kami – JakartaUrbanHosting.Com mempercayai suatu nilai manfaat akan mendatangkan manfaat.

Berikut panduan penerapan onsite SEO dan pemeliharaan SEO dengan menggunakan data dari google webmaster tools.

Optimasi Website, Lokal SEO

Berdasar pengalaman kami, waktu yang dibutuhkan untuk dapat terindeks google cukup cepat, namun untuk dapat masuk di halaman pertama hasil pencarian google adalah sekitar 2 sampai 3 bulan.

Untuk awalnya silahkan masuk ke google search console atau webmaster tools disini.

Verifikasi Situs di Google Search Console

  1. Klik tombol berwarna merah yang ada tulisan “Tambah Properti” akan tampil seperti dibawah ini:tambah website ke google untuk optimasi website
  2. Masukan nama website anda dengan format : http://namawebsiteanda.com dan klik tombol “Tambah”
  3. Verifikasikan domain anda dengan mengikuti langkah dibawah ini : verifikasi domain ke google search engine untuk optimasi website
  4. Unduh file verifikasi dan upload ke public html
  5. Klik tombol Verifikasi dan jika berhasil akan ada notifikasi hijau di layar anda bahwa anda telah berhasil memverifikasikan website ke google search console.

Penentuan URL dengan atau tanpa www

Tujuannya adalah untuk memberitahu crawler search engine google apakah website kita akan ditampilkan dengan www atau tanpa www. Misal www.namawebsite.com atau namawebsite.com, dan ini sekaligus mencegah crawler untuk melakukan pekerjaan yang sama terhadap variasi kedua URL tersebut atau mencegah konten duplikat. Ini merupakan salah satu teknik optimasi website yang paling penting.

Sebelum dapat melakukan hal tersebut, verifikasikan domain anda di google webmaster baik untuk www.namadomain.com dan juga namadomain.com dan setelah itu ikuti cara dibawah ini :

cegah konten duplikat dengan penentual 1 url

  1. Klik Site Settings
  2. Pilih Display URL yang www atau non www dan lakukan hal ini di kedua properti situs di google webmaster anda (situs www dan non www)

Penentuan URL ini sebaiknya dilakuan sebelum anda mengirim peta situs (sitemap) sehingga anda tidak perlu kerja dua kali.

Target Negara

Pemilihan target negara pada google webmaster, merupakan salah satu cara local SEO yang disediakan oleh pihak Google secara resmi. Oleh karena itu sebaiknya anda memanfaatkan fasilitas ini.

pilih target negara untuk optimasi website anda

  1. klik Search Traffic dan pilih International Targeting
  2. Pilih negara dan klik Save

Cara ini bertujuan untuk memberitahu mesin pencari google, di negara mana website anda akan di prioritaskan. Ada pengecualian untuk hal ini, jika anda memakai domain .ID, .Co.ID, dan sejenisnya, maka target negara hanya satu yakni Indonesia.

Mengirim Peta Situs

Peta situs seprti di wordpress : sitemap.xml dan sebaginya, merupakan ringkasan website anda versi text dalam format RSS. Hal ini sangat dibutuhkan oleh crawler search engine google agar mereka dapat mengetahui jika ada halaman atau konten terbaru yang ditambahkan diwebsite anda. Kemudian Google akan melakukan “fetch” dan “Indexing” untuk halaman website anda tersebut.

Pertama kali, anda harus mencari tahui alamat peta situs di website anda. Biasanya sitemap tersebut bervariasi namanya seperti berikut,

  • namadomainanda.com/sitemap.xml (untuk website berbasis wordpress)
  • namadomainanda.com/sitemap_index.xml (untuk basis wordpres)
  • namadomain/1_index_sitemap.xml (untuk website berbasis prestashop e-commerce)

Kemudian ikuti langkah berikut untuk mengirim sitemap web anda ke Google:

kirim peta situs ke google untuk optimasi website

  1. klik Crawler dan pilih “Sitemaps”
  2. klik “Add/Test Sitemap”
  3. ketika sitemap anda
  4. klik test jika anda ingin uji coba, atau klik submit jika anda yakin sudah tidak ada kesalahan pada sitemap di website anda.

Uji Coba Robots.txt

Menguji folder robots.txt di website anda (namdomainanda.com/robots.txt) adalah untuk mengetahui apakah crawler google di blok oleh website anda atau tidak. Hal ini menjadi penting jika anda akan optimasi website, karena jika ada yang di blok maka google tidak akan crawl website anda.

Sementara pembahasan ini sampai disini, selanjutnya adalah :

Pemeliharaan dan Peningkatan SEO

Tampilan Mobile

Analisa Backlink

Mengatasi Konten Duplikat

Cara SEO Tercepat dengan Fasilitas “Ambil Sebagai Google”

Fetch as Google, artinya kita meminta sistem search engine google agar mengambil halaman website kita. Fasilitas google webmaster tools ini dapat kita gunakan untuk menguji halaman website kita terhadap apa yang di render oleh google crawler. Kita dapat mengetahui bagaimana google “membaca” halaman website kita tersebut. Ini merupakan salah satu cara SEO tercepat agar halaman terindeks di halaman pertama google. Berdasarkan pengalaman kami, jika isi konten halaman website anda berkualitas, maka dalam hitungan detik halman website anda masuk di halaman pertama google. Tapi ini akan terus berubah, karena orang lain pun juga terus menambah halaman website. Oleh karena itu, saran kami untuk mengatasi hal ini adalah dengan terus meng-update halaman website anda tersebut secara berkala (seperti yang kami lakukan di postingan tutorial SEO ini).

Berikut tutorial optimasi SEO untuk fetch as google.

Silahkan masuk ke google webmaster anda. Pilih perayapan dan klik “Ambil sebagai Google” atau “Fetch as Google”.

pilih perayapan dan ambil sebagai google.

Selanjutnya perhatikan gambar dibawah ini,

cara SEO melalui fetch as google di webmaster tools

  1. Masukkan halaman website anda yang akan di ambil dan di render, seperti pada contoh diatas.
  2. Ada 4 pilihan dan lakukan satu persatu. Pilihan tersebut agar google mulai mengambil halaman website anda untuk platform desktop, smartphone, dan platform seluler lainnya.
  3. Untuk Desktop dan Smartphone, klik Ambil dan Render. Untuk kedua platform Seluler lainnya hanya akan ada pilihan fetch.

Yang kami sering lakukan adalah untuk mengambil pada kedua platform seluler lainnya, baru kemudian desktop dan smartphone. Setelah itu, kirimkan hasil fetch dan render tersebut ke indeks google, seperti gambar dibawah ini.

cara SEO tercepat dengan mengirimkan halaman website pada google indeksIkuti langkan 1 dan 2 pada gambar tersebut diatas secara berurutan. Ada dua pilihan sebelum tombol kirim, “Rayapi URL ini saja” maka google hanya akan mengambil halaman tersebut, jatah untuk 500x per bulan. Pilihan kedua “Rayapi URL ini dan tautan langsungnya” artinya jika di halaman website anda ada link ke halaman lain atau ke website lain (kecuali link dengan relasi “nofollow”) google juga akan merayapi link yang ada di halaman website anda.

Setelah anda berhasil melakukan pengambilan perayapan untuk ke 4 platform (Desktop, Smartphone, dan Seluler lainnya), sebaiknya anda cek langsung di google search engine. Dalam contoh tersebut diatas kami menggunakan untuk “Cara Mengatasi Piutang Tak Tertagih“. Dan hasilnya dapat anda lihat bahwa halaman tersebut sudah ada di halaman pertama google, namun di urutan ke 8 atau 2 dari bawah.

Untuk meningkatkan agar sampai di top of google search result, tentunya konten halaman harus terus di tingkatkan. Silahkan baca juga mengenai: cara menulis konten berkualitas sesuai dengan praktik terbaik.

Periksa Parameter URL

Analisa Hasil Pencarian

Menentukan Langkah Selanjutnya

Search Analytics

Strategi Pembuatan Konten Segar dan Unik

Mendaftarkan Website pada Google Business, Place, Maps

Membuat Social Profile untuk Meningkatkan Authority

Pin It on Pinterest

Share This