0 888 1 6262 52

Banyak para praktisi online marketing belakangan ini yang menganggap bahwa memasang iklan di Facebook dengan target segment dapat mendatangkan keuntungan yang besar. Anggapan ini tentu saja di hembuskan oleh penyedia software analisa iklan Facebook.

Hal tersebut tidak selamanya benar, sebab banyak kasus-kasus yang justru karena terlalu yakin dengan iklan facebook akhirnya menyebabkan usahanya gulung tikar.

Studi Kasus Bencana Pemasang Iklan di Facebook

Sebuah majalah busana di India bernama fetopolis  yang bertujuan mendapat penghasilan dari iklan Google Adsense karena iklan di Facebook jauh lebih murah dari iklan di Google Adwords, dan beranggapan bahwa semakin besar dana yang di keluarkan untuk iklan di FB maka semakin besar penghasilan di Google Adsense. Dana yang di investasikan pada biaya iklan di Facebok tersebut tidak sedikit, jumlahnya mencapai hampir Rp. 8 Milyar (US$ 600.000) dan pada akhirnya anggapan tersebut tidak terbukti, sehingga perusahaan tersebut tutup.

Sebab Iklan Facebook Tidak Efektif

Penyebab Iklan Facebook Tidak Efektif

Berdasar pengalaman kami, iklan di Facebook pada awalnya sangat efektif namun lambat laun menjadi tidak efektif dan kami berusaha mempelajari fenomena ini.

Dengan menganggarkan 1 dolar per iklan, kami mendapatkan 1000 sampai 2000 orang yang melihat iklan tersebut secara tertarget, dan likes yang kami dapat sekitar 10% nya atau antara 100 sampai 200 likes. Sedangkan engagement sangat minim, alias komentar yang terbit kebanyakan komentar yang tidak berkualitas dan tidak berhubungan dengan produk yang kami tawarkan padahal produk tersebut pada masanya merupakan produk yang sedang booming.

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, sebagai berikut:

  • Segementasi kurang tajam, oleh karena itu perlu di pertajam lagi dengan melakukan pengetesan efektifitas terhadap beberapa varian segement.
  • Banyaknya akun facebook palsu, atau akun FB yang dibuat tidak mewakilkan orang yang sesungguhnya. Menurut pihak facebook, akun palsu tersebut jumlahnya tidak banyak hanya 1.4% dari total akun facebook yang ada.

Kami terus melakukan penajaman target hingga saat ini, agar iklan facebook yang dikeluarkan per dolarnya dapat menghasilkan paling tidak 5 dolar. Sehingga jika budget iklan facebook tersebut per bulan 1 juta, paling tidak mendapatkan omset sekurangnya 5jt. Namun ini tidak dapat dicapai secara instan, artinya dengan pasang iklan di Facebook Rp. 1jt maka di bulan yang sama atau 1 bulan setelahnya akan dapat omset 5 jt, sama sekali tidak.

Pemasaran di internet dengan iklan facebook pun merupakan serangkaian proses jangka panjang yang harus dilakukan secara terus menerus, sebab ada perusahaan lainnya melakukan hal yang sama.

Oleh karena itu, siapa yang bertahan secara terus menerus menjalani proses ini dengan hati-hati maka mereka yang akan mendapat porsi konversi lebih tinggi.

Bagi anda yang akan pasang iklan facebok atau sedang ingin mengoptimalkan iklan facebook, silahkan hubungi kami di 0 8 7 8 8 0 0 4 4 0 0 0 untuk konsultasi gratis seputar teknis cara pasang iklan di facebook.

Pin It on Pinterest

Share This

Sebarkan dan viralkan!

Sebarkan artikel ini ke teman-teman anda!